Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Foto (ki-ka): Chanel Sales and Marketing Manager Linksys Indonesia Ivona Radita Ariningtyas, Sales Manager Linksys Indonesia Veroniaty Chang, Technical Sales Specialist Teguh Prasetyo Mulyo, saat media review produk Linksys di Jakarta, Rabu (11/9). (Foto: Emanuel Kure/ID)

Foto (ki-ka): Chanel Sales and Marketing Manager Linksys Indonesia Ivona Radita Ariningtyas, Sales Manager Linksys Indonesia Veroniaty Chang, Technical Sales Specialist Teguh Prasetyo Mulyo, saat media review produk Linksys di Jakarta, Rabu (11/9). (Foto: Emanuel Kure/ID)

Linksys Kuasai 20% Pasar Router Indonesia

Emanuel Kure, Kamis, 12 September 2019 | 08:00 WIB

JAKARTA, investor.id - Linksys, perusahaan penyedia solusi jaringan, mengklaim, produk router besutannya menguasai 10-20% pangsa pasar (market share) di Indonesia. Segmen yang digarap menyasar pasar kelas atas (high end) yang cenderung lebih menggunakan produk Linksys dibandingkan dengan kompetitor.

Sales Manager Linksys Indonesia Veroniaty Chang mengatakan, produk Linksys menyasar kelas high end, sehingga harga produknya dikenal mahal. Tapi, hal tersebut sesuai dengan produk yang memiliki kualitas terbaik di kelasnya.

“Linksys berada pada posisi dengan harga produk yang high end. Di Indonesia, untuk kelas high end itu sekitar 10-20%, dan Linksys menyediakan produk yang memang memiliki kualitas dan memberikan solusi untuk kebutuhan tersebut,” ujar Veroniaty di Jakarta, Rabu (11/9).

Menurut dia, produk-produk router besutan Linksys pada umumnya mendukung perangkat (device) yang levelnya juga kelas high end. Karena itu, para pengguna yang memiliki device, atau smartphone kelas high end juga cenderung menggunakan Linksys untuk mendukung aktivitas internetnya.

“Jadi, sekarang ini kan, banyak device yang memiliki spesifikasi yang luar biasa tinggi. Kalau device-nya sudah bagus, tetapi koneksi internetnya ngadat, kan sayang. Jadi, kami berusaha untuk men-support device tersebut dengan koneksi internet yang mumpuni, sehingga experience pengguna dengan menggunakan device yang high end memiliki kepuasan,” jelasnya.

Dia melanjutkan, Linksys tidak memiliki target yang muluk dalam penjualan karena pangsa pasar high end di Indonesia relatif kecil. Karena itu, strategi perusahaan adalah mengedepankan kualitas produk, sehingga pengguna menemukan pengalaman yang bagus.

“Targetnya tidak banyak, karena ini memang untuk high end. Tetapi, memang, pasti akan ada user yang cari karena kualitasnya bagus,” tambah Veroniaty, yakin.

Dia juga menyampaikan, secara umum, pasar router di Indonesia pada semester I-2019 turun. Hal itu terjadi karena dinamika politik dan ekonomi di Tanah Air pada periode tersebut terjadi konstraksi. Misalnya, karena adanya momen pilkada, pileg, dan pilpres. Bahkan, hingga akhir tahun ini, pasar router diprediksi tidak terjadi pertumbuhan yang tinggi.

“Karena, pada periode tersebut, perusahaan swasta dan pemerintahan cenderung hold (menahan diri). Mereka tidak mengeluarkan investasi besar untuk project dan lainnya. Mereka masih mencermati situasi tersebut, sehingga pasar cenderung stagnan,” ungkapnya.

Namun, tahun 2020, dia memperkirakan ada perbaikan, terutama pada semester I. Tetapi, tidak akan ada pertumbuhan signifikan. Selanjutnya, pada semester II-2020, pasar diperkirakan mulai tumbuh dan akan lebih banyak permintaan.

“Tahun depan, akan ada perbaikan. Mudah-mudahan, dengan kondisi ekonomi yang lebih bagus, pasar router juga akan tumbuh lebih tinggi lagi,” ujar Veroniaty.

Di sisi lain, dia juga melihat, permintaan akan terus tumbuh tahun depan karena permintaan dari pasar perangkat pintar rumah tangga (smart home) terhadap perangkat-perangkat router untuk koneksi perangkat dalam rumah juga akan meningkat.

“Memang, smart home sesuatu yang baru. Tetapi, Indonesia sudah mulai ke sana. Apalagi, segmen rumah tanggga high end. Semua perangkat mereka juga mulai terkoneksi internet, sehingga ini menjadi peluang bagi kami,” pungkas dia.

Pada kesempatan tersebut, Linksys merilis Linksys MR8300 sebagai teknologi High Performance Tri-Band yang memiliki semua kelebihan teknologi intelligent mesh. Perangkat ini untuk memenuhi kebutuhan para pengguna internet yang masih menyukai router dalam tradisional form yang dilengkapi lebih banyak ports untuk koneksi kabel.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA