Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Fetra Syahbana, Country Manager Nutanix

Fetra Syahbana, Country Manager Nutanix

Nutanix Rilis Platform Manajemen Data Canggih untuk Lingkungan Hybrid dan Multicloud

Jumat, 9 Oktober 2020 | 22:39 WIB
Imam Suhartadi (imam.suhartadi@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Nutanix , perusahaan yang bergerak dalam komputasi hybrid dan multicloud  mengumumkan peluncuran solusi manajemen multi-database pertama yang bersifat cloud agnostic (bisa beroperasi di cloud manapun).

Dinamai Era 2.0, solusi baru ini memperluas jangkauan solusi manajemen database Nutanix menjadi lintas cloud dan cluster sehingga menyederhanakan operasional melalui peningkatan skala dan pengurangan biaya untuk tim IT dan database.

Selain itu, Nutanix juga mengumumkan dukungan yang semakin besar untuk Postgres dan SAP HANA serta sebuah solusi bersama dengan HCL, perusahaan teknologi global terkemuka, yang memanfaatkan kekuatan Era 2.0.

Dengan Era, tim IT dapat menyediakan database sebagai layanan (Database as a Service) yang memberikan kemudahan dengan satu klik tombol dan operasional yang tak terlihat dalam penyediaan dan lifecycle managament database. Ini adalah solusi multi-database yang didukung Oracle, Microsoft SQL Server, MySQL, dan MariaDB, selain Postgres dan SAP HANA.

“Strategi hybrid dan multicloud akan mendukung pemulihan Indonesia di realitas pasca-pandemi. Perusahaan-perusahaan akan melakukan optimalisasi lisensi database mereka serta mencari fleksibilitas, mobilitas aplikasi, serta inovasi – yang belum pernah kita jumpai dalam di bidang manajemen database multicloud sebelumnya,” kata Fetra Syahbana, Country Manager Indonesia, Nutanix dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (9/10).

Nutanix, kata dia, ingin menjembatani kesenjangan ini dengan menghadirkan solusi-solusi manajemen multi-database untuk digunakan cloud manapun yang akan menyederhanakan operasional dan mengurangi biaya, sehingga dapat mamaksimalkan manfaat hybrid dan multicloud di masa depan.”

“Di HCL, kami membantu para pelanggan mempercepat proses modernisasi data dan infrastruktur dengan solusi database as a service yang aman, skalabel dan cloud-ready. Perusahaan kami mengakui bahwa layanan yang didukung oleh Nutanix Era dan platform HCL akan memberikan platform database kelas dunia yang terotomatisasi untuk berbagai perusahaan,” ungkap Kalyan Kumar, Corporate Vice President and CTO, IT Services, HCL Technologies

Kumar mengatakan, pihaknya ingin memiliki hubungan jangka panjang dengan Nutanix, dan dengan Skale DB, sehingga akan maju membantu para pelanggan mengoptimalkan sumber data dan mendorong inisiatif digital mereka.

Era menyediakan manajemen database yang lebih sederhana dengan menggabungkan skalabilitas dan kinerja software HCI Nutanix, dengan fleksibilitas layanan database yang cloud-ready. Dengan pengumuman ini, perusahaan menyediakan:

Manajemen Database Sederhana

Nutanix Era 2.0 memungkinkan pelanggan menyediakan dan mengelola database di berbagai cloud dengan tools, standar dan kebijakan keamanan yang konsisten sehingga mereka memiliki fleksibilitas dalam memilih cloud yang tepat untuk setiap database guna meningkatkan kelincahan dan meminimalisir biaya.

Era 2.0 juga menyederhanakan operasional di berbagai cluster dan data center yang terdistribusi, sehingga skalabilitasnya menjadi sangat signifikan. Di samping itu, proses penyediaan, cloning dan patching dapat dilakukan dengan 1 klik saja.

Selain menyederhanakan operasial dan meminimalisir biaya dengan mobilitas data yang mulus di cloud, Era 2.0 juga dapat diterapkan untuk berbagai penggunaan baru seperti pemanfaatan public cloud untuk mengatasi lonjakan kapasitas, dev/test, perbaikan kapasitas dan optimalisasi kinerja database dari jarak jauh.

Nutanix mengumumkan bahwa kemampuan Era telah diperluas ke salah satu mesin relational database terkemuka, SAP HANA. Dengan ini pelanggan dapat menikmati pengalaman manajemen dengan 1 klik untuk implementasi SAP HANA mereka.

Nutanix adalah salah satu platform hyper-converged infrastructure (HCI) pertama yang tersertifikasi untuk proses peningkatan kapasitas SAP HANA secara scale-up (meningkatkan kapasitas dengan meningkatkan sumberdaya dalam satu server) dan baru-baru ini secara scale-out (menambah kapasitas dengan menambah jumlah server), sehingga menyederhanakan implementasi  aplikasi bisnis SAP dan penggunaan SAP Business Warehouse yang paling rumit sekalipun dalam SAP HANA.

Nutanix juga mengumumkan dukungan 24-jam (24/7) untuk Postgres guna mendukung implementasi aplikasi-aplikasi penting para pelanggannya.

Berbeda dengan pesaing, dukungan ini termasuk pula pengalaman dukungan end-to-end untuk mesin database Postgres, di samping layanan pengelolaan platform infrastruktur dan Era semuanya melalui tim Nutanix sehingga menghasilkan waktu resolusi yang lebih cepat. 

Untuk pelanggan yang mencari solusi yang dikelola sepenuhnya (fully-managed), Nutanix bermitra dengan HCL, perusahaan teknologi global terkemuka, untuk menciptakan sebuah penawaran bersama dengan dukungan Era 2.0. Skale DB, penawaran bersama dari HCL dan Nutanix, memungkinkan perusahaan-perusahaan mempercepat modernisasi data dengan penawaran Database as a Service (DBaaS) yang aman dan skalabel.

“Dengan data yang tersebar di mana-mana seperti saat ini, pengelolaan database mejadi lebih rumit dibandingkan sebelumnya. Organisasi dalam berbagai skala mencari solusi untuk menyederhanakan operasi database, mulai dari implementasi awal hingga pengelolaan dan perawatan yang dilakukan secara terus-menerus,” kata Mike Leone, Senior Analyst, ESG.

Era 2.0 memberikan solusi yang bersifat cloud agnostic yang bisa menyederhanakan pengerjaan database dan membantu para pelanggan memanfaatkan nilai dari mobilitas data yang sangat dibutuhkan.”

 

 

Editor : Imam Suhartadi (imam_suhartadi@investor.co.id)

BAGIKAN