Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
(Kiri - Kanan) ;  Benny Sudrata, CFO GDP Venture, Alwin Jabarti Kiemas, CEO PT Djelas Tandatangan Bersama, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, S.H., M.H., Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil,  Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika,  Imansyah, Deputi komisioner OJK Institute dan Keuangan Digital, Otoritas Jasa Keuangan  dalam acara launching platform Teken Aja!

(Kiri - Kanan) ; Benny Sudrata, CFO GDP Venture, Alwin Jabarti Kiemas, CEO PT Djelas Tandatangan Bersama, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, S.H., M.H., Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Imansyah, Deputi komisioner OJK Institute dan Keuangan Digital, Otoritas Jasa Keuangan dalam acara launching platform Teken Aja!

Resmi Berinduk di Kominfo, Platform Tanda Tangan Digital Téken Aja! Siap Meluncur

Selasa, 9 Februari 2021 | 18:40 WIB
Euis Rita Hartati (erita_h@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT Djelas Tandatangan Bersama (DTB) secara resmi meluncurkan produk tanda tangan digital Téken Aja!. Peresmian ini dilakukan setelah melalui proses audit keamanan digital yang panjang, akhirnya berhasil lolos dan menjadikan produk tanda tangan DTB, Téken Aja!, sebagai platform tanda tangan digital pertama yang mendapatkan status PSrE berinduk di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo).

Menurut CEO DTB, Alwin Jabarti Kiemas saat Grand Launching Ceremony, keunggulan dari Téken Aja!, yakni ramah lingkungan karena menggantikan penggunaan kertas, hemat ruang, dan mudah untuk digunakan, serta dirancang menggunakan teknologi dan pengamanan yang tinggi, yaitu infrastruktur kunci publik atau IKP, akan membuat sistem ini sangat aman.

“Kami yakin Téken Aja! akan membantubanyak sekali industri di Indonesia dalam melakukan bisnis dengan lebih baik lagi, serta mencegah tindak kejahatan,”ujar Alwin.

Acara launching turut dimeriahkan oleh momen penekanan tombol digital secara bersamaan oleh Direktur Jenderal Kependudukan dan Dirjen Dukcapil Kemendagri, Prof. Zudan Arif, Dirjen Aptika Kominfo, Semuel A. Pangerapan, Deputi Komisioner OJK Institute dan Keuangan Digital, Imansyah, dan perwakilan GDP Venture, Benny Sudrata, selaku investor PT DTB.

Apresiasi, respon positif, dan bahkan dukungan datang dari berbagai pihak terhadap platform Téken Aja! tersebut. “Kalau kita melihat perkembangan yang pernah terjadi, dulu KTP kita manual, bertemu, KTP dilihat, dicocokkan dengan sidik jari untuk menghindari kejahatan dan memastikan identitas benar. Dengan tanda tangan digital, seluruh ekosistem kependudukan bisa menuju ke arah tanda tangan digital,” jelas Dirjen Dukcapil Kemendagri, Prof. Zudan Arif,

“Di ruang digital, susah memastikan siapa orang di sebelah sana, harus ada yang verifikasi. Ini adalah tugas PT DTB (Téken Aja!) untuk memastikan keamanan, karena yang dijual adalah trust.Ini mekanisme yang mesti dibangun. Terima kasih PT Djelas untuk memperkaya ekosistem digital kita,” ujar Semuel Abrijani Pangerapan selaku Dirjen Aptika Kominfo

Téken Aja! yang merupakan platform tanda tangan digital diharapkan bisa menjadi katalis dalam mendigitalkan Indonesia serta mencegah tindak pemalsuan tanda tangan yang kerap terjadi. Dengan begitu, Téken Aja! juga akan membantu membangun ekosistem digital yang sehat dan aman.

“Ada 16 cluster fintech di OJK, kehadiran Téken Aja! ini sangat relevan untuk memberikan kontribusi yang lebih real. Kedepannya, proses verifikasi calon nasabah itu selain face-to-facebisa dengan cara lain yaitu teknologi yang menyediakan verifikasi dan yang mengawasi keuangan digital. Tidak cukup satu saja,” ujar Imansyah, Deputi Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

COO dari PT DTB, Rionald A. Soerjanto menjelaskan bahwa Téken Aja! juga telah memenuhi level tertinggi dalam keamanan digital, yaitu verifikasi level 4 dengan menggunakan biometrik sebagai senjata pamungkasnya. Hal ini karena zaman sekarang kejahatan digital semakin beragam polanya, salah satunya adalah pemalsuan tanda tangan dalam transaksi digital. Maka dari itulah Téken Aja! dirancang sedemikian canggih dan amannya untuk menjawab tantangan tersebut”.

"Lebih dari eKYC; apakah seseorang itu benar dan asli. Next nya; apakah betul yang sedang bertransaksi itu pemegang identitas tersebut, selanjutnya kalau kamu mau menggunakan identitas tersebut, mana bukti kredensialnya? Disinilah digital signature(tanda tangan digital) bermain. jadi kita melihat bahwa memang digital signatureini adalah solusi dalam melakukan transaksi digital," ujar Rionald.

Editor : Euis Rita Hartati (euis_somadi@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN