Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Smart speaker Widya Wicara Prima. ( Foto: Istimewa )

Smart speaker Widya Wicara Prima. ( Foto: Istimewa )

Widya Perkenalkan Smart Speaker Berteknologi AI

Happy Amanda Amalia, Rabu, 13 Mei 2020 | 12:27 WIB

JAKARTA, investor.id – Seiring dengan perkembangan era teknologi yang semakin pesat, beragam perangkat canggih berbasis teknologi pun semakin diminati, tidak terkecuali smart speaker. Bahkan, alat tersebut dianggap sebagai penunjang gaya hidup, dan angka peminatnya terus mengalami peningkatan.

Berdasarkan data dari lembaga riset Statista, jumlah pengguna aktif asisten virtual – yang juga terdapat pada produk smart speaker – secara global telah mencapai 544,1 juta pada 2015, dan diprediksi mencapai 2,2 miliar pad 2020.

Menjawab fenomena tersebut, PT Widya Informasi Nusantara memperkenalkan smart speaker karya anak bangsa, Widya Wicara Prima, melalui online media session pada Selasa (12/5), yang turut menghadirkan Chief Marketing Officer (CMO) PT Widya Informasi Nusantara Handlee Susanto dan Chief Operation Officer (COO) PT Widya Informasi Nusantara Patrick Fernando Simamora.

Smart speaker berbahasa Indonesia ini dilengkapi dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Neutral Language Processing (NLP) untuk memproses pertanyaan dan perintah suara yang diberikan oleh penggunanya. Teknologi tersebut membuat suara yang dihasilkan Widya terdengar sangat natural dan interaktif, selayaknya berbicara dengan teman di kehidupan sehari-hari.

Handlee menuturkan, selain dapat menjadi sahabat dekat masyarakat Indonesia dengan memberikan fitur penunjang keseharian, Widya juga berusaha membiasakan penggunanya berinteraksi dengan teknologi berbasis suara.

“Hal ini dilakukan untuk menciptakan ekosistem kegiatan harian yang bersinergi dengan Widya. Itulah mengapa Widya berkolaborasi dengan beragam aplikasi digital untuk menyajikan konten lokal yang kredibel dan dekat dengan masyarakat Indonesia. Kami merancang Widya untuk menjadi semakin pintar seiring berjalannya waktu. Kami berharap Widya juga mampu mencerdaskan masyarakat dengan memberi akses lebih kepada informasi yang berguna,” ujar Handlee dalam keterangan pers.

Ditambahkan, bahwa seluruh fitur dalam Widya Wicara Prima dapat dilakukan hanya dengan komando suara, tanpa harus menekan tombol apapun. Widya pun dapat diaktifkan hanya dengan mengucapkan, “Hai Widya,...” atau “Halo Widya,….”.

Hal itu berkat teknologi Artificial Intelligence (AI) pada Widya, yakni entitas kecerdasan yang ditanamkan ke dalam mesin, sehingga Widya dapat merespons langsung atas sebuah perintah yang diberikan. Widya Wicara Prima dapat diaktifkan dengan menggunakan koneksi internet, dan mengunduh aplikasi Widya Wicara di Playstore.

Sebagai informasi smart speaker Widya dibekali dengan fitur-fitur unggulan yang membuatnya dapat diandalkan dalam berbagai situasi, mulai dari pemutar musik, radio, podcast dengan beragam tema, informasi seputar kesehatan, pantau corona, membaca Al-Quran, fitur Ramadan, berita, perkiraan cuaca, kalender, membaca bukupengingat waktu, alarm, kuis interaktif (periode tertentu), kalkulator, membaca horoskop, serta Question and Answer (Q&A ).

Widya juga memiliki sumber yang kredibel seperti, Svara, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pro Sehat, Audio Buku, Muslimnesia, dan sumber-sumber lainnya. Khususnya, selama masa pandemi ini, di mana sebagian besar orang lebih banyak beraktifitas di rumah dengan beragam perangkat teknologi.

“Diharapkan dengan hadirnya Widya Wicara Prima, smart speaker ini bisa menjadi sahabat terutama di tengah kondisi saat ini yang mengharuskan kita untuk tetap #DiRumahAja,” kata Handle.

Saat ini Widya bisa didapatkan baik secara online di Shopee dan nantinya secara offline di gerai yang berada di beberapa kota, seperti Jabodetabek, Medan, Pekanbaru, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya dan Makassar. Produk yang dipasarkan dengan harga Rp 1.499.000 itu memiliki ukuran dimensi yang mudah dibawa kemanapun, dan tersedia dalam dua pilihan warna yaitu hitam dan putih.

Sumber : PR

BAGIKAN