Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Muhamad Hanan Rahmadi,  Analis Kebijakan Ahli Madya pada Staf Ahli Bidang Administrasi Negara, Kementerian PANRB.

Muhamad Hanan Rahmadi, Analis Kebijakan Ahli Madya pada Staf Ahli Bidang Administrasi Negara, Kementerian PANRB.

Fondasi Baru Aparatur Sipil yang Ber-AKHLAK

Jumat, 22 Oktober 2021 | 23:26 WIB
Muhamad Hanan Rahmadi *)

Presiden Joko Widodo telah secara resmi meluncurkan Core Values “Ber- AKHLAK” dan Employer Branding ASN “Bangga Melayani Bangsa” bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Peluncuran core values ini bertujuan untuk menyeragamkan nilai-nilai bagi seluruh ASN di Indonesia sehingga dapat menjadi fondasi budaya kerja ASN yang profesional.

Sejatinya sudah ada nilainilai dasar ASN sejak lama tetapi nilai-nilai dasar ASN itu ber variasi pada berbagai instansi pemerintah. Kondisi tersebut menjadikan lang kah dan kebijakan yang berbeda dalam konsep dan praktik layanan publik kepada masyarakat. Nilai-nilai ASN “Ber-AKHLAK” merupakan semboyan dan fondasi baru bagi ASN di Indonesia yang merupakan akronim dari Berorientasi pelayanan,

Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Ko laboratif. Core valuesASN ini sebagai intisari da ri nilai-nilai dasar ASN sesuai dengan Undang-Undang No mor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, dalam satu kesamaan persepsi yang lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh seluruh ASN.

Di samping itu, para ASN juga harus menjiwai employer branding ASN yaitu Bangga Melayani Bangsa. ASN harus mampu untuk menjiwai nilainilai baru ter sebut sehingga dapat menjadi fondasi dalam menjalankan kewajiban memenuhi hak warga Negara untuk mendapatkan pelayanan prima. Setiap ASN diharapkan harus mempunyai jiwa untuk melayani, untuk membantu masyarakat.

Untuk itu, mereka dilengkapi dengan kewenangan dan sumber daya yang diberikan oleh negara. Otoritas dan sumber daya ini harus digunakan secara akuntabel dengan loyalitas tinggi kepa da pemerintah, bangsa, dan negara, serta menjaga kehidupan masyarakat yang harmonis.

Penetapan Core Value ASN “Ber-AKHLAK” dilakukan sebagai akselerasi transformasi ASN sebagai upaya perubahan untuk mendukung pelaksanaan program prioritas kerja presiden, terkait dengan pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki profil pekerja keras, dinamis, terampil, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).

Nilai-nilai yang disampaikan tersebut sesungguhnya bukan hal yang baru, namun harus terus-menerus di kampanyekan sebagai bagian dari pelaksanaan program reformasi birokrasi. Di dalamnya, ASN dituntut untuk meningkatkan kualitas, kapasitas, dan kapabilitas diri dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Implementasi Nilai Ber-AKHLAK

Setiap ASN diharapkan mampu mengamalkan dan mengimple mentasikan core value “Ber-AKHLAK” dalam setiap napas dan pekerjaan yang dilakukan. Yang pertama adalah nilai berorientasi pelayanan. Pada makna ini, setiap insan ASN diwajibkan untuk berkomitmen memberikan pelayanan prima bagi kebutuhan masyarakat. ASN dituntut untuk bersikap ramah, cekatan, solutif, serta dapat diandalkan dalam memahami dan mematuhi segala kebutuhan masyarakat.

Perbaikan tiada henti juga wajib dilakukan sebagai evaluasi dalam pelaksanaan pelayanan publik kepada masyarakat. Nilai yang kedua adalah akuntabilitas. Nilai ini bermakna tentang perihal rasa bertanggung jawab atas kepercayaan dan ke wenangan yang diberikan. Melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, disiplin, serta berintegritas tinggi wajib dijunjung dan tertanam dalam diri ASN.

Nilai ini diperlukan karena ASN dibekali dengan sumber daya oleh negara yang sudah barang tentu berupa entitas yang harus dipertanggungjawabkan. ASN diharapkan untuk menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif, dan efisien. Nilai yang ketiga adalah kompeten.

Nilai ini menggambarkan ASN untuk terus belajar mengembangkan kapabilitas. ASN harus mampu meningkatkan kompetensi untuk menjawab tantangan yang akan selalu berubah serta melaksanakan setiap tugas yang diberikan dengan kualitas terbaik. Meski diliputi kondisi pandemi, dalam era digitalisasi seperti sekarang, mau tidak mau ASN harus menguasai bidang teknologi informasi sebagai penunjang proses pelaksanaan pekerjaan.

Nilai yang keempat adalah harmonis. Nilai ini menjadi penting, terutama dalam kaitannya dengan proses, kemampuan, dan kualitas berorganisasi dalam pekerjaan. Setiap ASN harus menumbuhkan rasa saling peduli dan menghargai perbedaan. Terciptanya harmonisasi dapat membangun lingkungan kerja yangkondusif yang berefek kepada pelayanan yang prima kepada masyarakat. Nilai yang kelima yakni loyal. Para ASN dituntut untuk berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara.

Nilai ini menunjukkan bahwa setiap ASN harus memegang teguh ideology Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta pemerintahan yang sah. ASN juga harus mampu menjaga nama baik sesama ASN, instansi, dan negara. Nilai yang keenam adalah adaptif, merupakan nilai yang sangat penting yang harus dimiliki ASN, terutama di era pandemi seperti sekarang. ASN harus terus mengembangkan kreativitas dan berinovasi dalam penyediaan pelayanan public kepada masyarakat.

ASN dengan cepat menyesuaikan diri dan bertindak pro-aktif menghadapi setiap perubahan yang terjadi, maka kewajiban dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat akan terus berlangsung. Pandemi bukanlah alasan untuk menafikan tugas dan tanggung jawabnya.

Nilai yang terakhir adalah kolaboratif. Nilai ini diperlukan sebagai upaya dari pemecahan masalah bangsa ini, yang elok nya dilaksanakan dengan memba ngun kerja sama yangsinergis baik antarsesama ASN maupun antar-kementerian/ lembaga dan pemerintah daerah.

Memberikan kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi dan terbuka dalam bekerja sama dapat menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya yang ada secara efektif dan efisien untuk tujuan bersama.

Peluncuran core values dan employer branding menjadi kesempatan yang tepat bagi seluruh ASN untuk bertransformasi, be rinovasi dan meningkatkan kualitas. Jika selama ini banyak ditemukan keberagaman dalam konsep dan tata kerja layanan publik pada instansi pemerintah pusat dan daerah, maka pelun curan ini bisa menjadi star ting point yang sangat penting dalam menjadikan layanan publik berkualitas sebagai target bersama.

Melalui penerapan core values “Ber-AKHLAK”, ASN diberikan amanah penting dalam menentukan jalannya roda pemerintahan dengan baik sehingga akan terwujud employer branding ASN

“Bangga Melayani Bangsa”. ASN merupakan profesi pengabdian yang utamanya melayani masyarakat, sehingga harus siap melayani dan bukan dilayani. Seluruh ASN di Indonesia harus menerapkan Ber-AKHLAK, tidak hanya menjadi jargon, namun menjadi nilai karakter ASN yang bisa dilihat nyata oleh masyarakat dan muncul dalam sikap, perbuatan, perkataan, dan pengabdian ASN di seluruh Indonesia.

Penjabaran dari tujuh nilai dasar tersebut haruslah diamalkan dan ditujukan bagi kemajuan negara. Melayani masyarakat, bertanggung jawab dalam menggunakan sumber daya yang diamanahkan oleh publik, memiliki kompetensi dalam menangani isu dan masalah bangsa, menjadi simpul kesatuan dan perekat NKRI, loyal terhadap bangsa dan negara Indonesia, beradaptasi untuk terus berkinerja dan berkolaboratif dengan semua elemen bangsa, adalah contoh dari bentuk pengamalan Ber-AKHLAK.

Nilai-nilai dasar Ber-AKHLAK bagi ASN menjadi budaya kerja baru yang dibangun dan perlu terus diperkuat di seluruh lingkungan ASN di Indonesia.

Sehingga ASN benar-benar akan mampu bertanggung jawab menjalankan amanah untuk melayani bangsa sebagai ikhtiar terbaik untuk terus meningkatkan martabat bangsa dan menjaga kehormatan negara, institusi, serta pribadi ASN.

Dengan demikian, seluruh ASN di Indonesia dapat menjalankan tugas dengan memegang teguh nilai dasar serta semboyan yang sama. Sehingga dapat memunculkan orientasi yang juga sama, yakni memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Indonesia.

*) Analisis Kebijakan Ahli Madya pada Staf Ahli Bidang Administrasi Negara Kementerian PAN RB.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN