Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Boy Hazuki Rizal, Biro Perencana Keuangan Rizal Planner & Rekan

Boy Hazuki Rizal, Biro Perencana Keuangan Rizal Planner & Rekan

Klaim Asuransi Perjalanan

Boy Hazuki Rizal *), Jumat, 28 Februari 2020 | 11:40 WIB

Sebelum perjalanan ataupun sedang dalam perjalanan, risiko perjalanan mungkin saja terjadi. Pasti Anda tidak ingin hal-hal tersebut terjadi. Apapun kejadiannya bisa menjadi risiko yang menuntut pengeluaran ekstra. Untuk itu agar perjalanan Anda ke luar negeri maupun ke dalam negeri tenang, Anda membutuhkan proteksi.

Asuransi perjalanan memberikan proteksi. Mulai dari risiko kecelakaan, kehilangan bagasi, delay pesawat, kerusakaan kendaraan sewa sampai terorisme. Beli asuransi perjalanan sebagai bagian dari smart travelling. Negara-negara di Eropa sudah mewajibkan turis atau wisatawan yang berkunjung untuk memiliki asuransi dengan jumlah cakupan tertentu sebelum keberangkatan.

Di mana membelinya? Zaman now, semuanya bisa dibeli secara online. Bisa melalui marketplace, bisa melalui broker asuransi online, bisa melalui website dari perusahaan asuransi itu sendiri. Sekarang Anda bisa membandingkan premi dan layanan yang diberikan perusahaan asuransi melalui financial aggregator seperti perusahaan broker asuransi online tersebut.

Dari smartphone, Anda bisa membandingkan dan memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak perlu lagi tatap muka dengan agen asuransi. Untuk pengajuan klaimnya pun sudah bisa dilakukan secara online, meskipun ada beberapa perusahaan asuransi yang masih harus lewat call center atau via email.

Mayoritas cara klaim asuransi perjalanan adalah dengan skema reimbursement. Misalnya, kalau Anda sakit, maka harus ada bukti tertulis atau keterangan berobat dari dokter atau institusi medis setempat, sehingga bukti tersebut dapat digunakan untuk mengajukan klaim. Teliti sebelum membeli. Periksalah terlebih dahulu, apa saja fasilitas yang berlaku, apakah asuransi tersebut berlaku di negara tujuan Anda?

Berapa lama dan bagaimana mengajukan klaim? Sebagai contoh, untuk delay pesawat, ada perusahaan asuransi yang menyatakan bahwa klaim baru dapat dilakukan bila terjadi delay pesawat lebih dari 3 (tiga) jam, ada yang 4 (empat) jam, ada pula yang membatasi maksimal waktunya.

Jika sudah membeli, sebagai persiapan, simpanlah semua kuitansi, struk pembelian sampai dengan scan copy atau foto dari Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), paspor, tiket, boarding pass secara digital dan online. Sehingga jika dan hanya jika terjadi risiko dan Anda perlu mengajukan klaim, dokumen-dokumen tersebut sudah ada dan siap digunakan. Tidak perlu bingung jika perlu claim, hubungi saja link atau nomor telepon, email kontak yang ada di polis atau di formulir claim.

Jika dalam perjalanan ternyata terjadi gangguan karena bencana alam yang mengakibatkan delay pesawat, misalnya seperti yang terjadi di Fiji pada akhir Desember 2019, badai cyclone Sarai menghantam Fiji, sehingga mengakibatkan semua penerbangan ke manapun dari bandara internasional Nadi, Fiji harus dibatalkan.

Ini tentu saja merugikan dari segi waktu dan biaya. Hotel dan kendaraan yang telah di-booking jauh-jauh hari, aktivitas atau event yang telah di-booking pada hari tersebut, semuanya menjadi hangus dan tidak dapat digunakan. Atau jika terjadi gunung meletus yang mengakibatkan gangguan kesehatan dan harus berobat ke rumah sakit setempat, semua kejadian tersebut menjadi risiko kerugian bagi orang yang melakukan perjalanan.

Hal lain yang mungkin terjadi, kehilangan dokumen perjalanan atau tindakan kriminal lain seperti kecopetan atau dirampok dalam perjalanan. Meskipun Anda sudah berhati-hati, kemungkinan terjadi ada, dan kejadian tersebut pastinya mengganggu perjalanan Anda. Contoh lain, jika ada keterlambatan bagasi atau kehilangan bagasi, property irregularity report dari perusahaan penerbangan, menjadi salah satu dokumen yang diperlukan untuk mengajukan klaim.

Secara umum ada beberapa kondisi yang terdapat dalam asuransi perjalanan yaitu pengobatan, kematian, kehilangan bagasi, kehilangan dokumen, keterlambatan bagasi, tanggung jawab hokum pribadi, pengobatan darurat untuk pihak ketiga, kecelakaan diri, kehilangan uang, penundaan perjalanan, pembatalan perjalanan, pembajakan sampai terorisme.

Jika risiko tersebut terjadi, segera lakukan klaim kepada perusahaan asuransi di mana Anda membeli polis asuransi perjalanan. Ada berbeda- beda ketentuan dari perusahaan asuransi. Ada yang memberikan batas waktu klaim 5x24 jam, ada yang 15 hari, dan ada yang sampai 30 hari. Namun, semakin cepat melakukan klaim, semakin baik, agar klaim Anda bisa segera diproses.

Untuk membuktikan bahwa klaim dapat disetujui, perusahaan asuransi membutuhkan dokumen-dokumen yang membuktikan bahwa klaim tersebut memang valid.

Untuk itu, simpan dan sampaikan semua dokumen- dokumen yang diminta oleh perusahaan asuransi. Pelaporan klaim dengan cepat dan segera menghindarkan kemungkinan hilangnya bukti-bukti kejadian atau kerusakan dan tidak teridentifikasinya penyebab terjadinya kerugian. Kecepatan pelaporan klaim oleh Anda sebagai tertanggung dapat mempercepat proses klaim selanjutnya.

Jika klaim sudah disetujui, perusahaan asuransi akan mengirimkan konfirmasi dan selanjutnya mengirimkan ‘reimbursement’ kepada Anda. Harap diingat, bahwa pengajuan klaim ini bukan bertujuan mencari untung, tapi mengganti kerugian atas risiko yang timbul. Premi yang dibayarkan cukup kecil jika dibandingkan dengan manfaatkan yang didapat. Asuransi perjalanan membuat perjalanan Anda peace of mind.

*) Biro Perencana Keuangan Rizal Planner & Rekan

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN