Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Mobil listrik. Foto ilustrasi: Investor Daily/IST

Mobil listrik. Foto ilustrasi: Investor Daily/IST

Langkah Lanjutan Menuju Sektor Transportasi yang Berkelanjutan

Ryuji Maruyama *), Senin, 3 Februari 2020 | 16:50 WIB

Serapan kendaraan listrik (Electric Vehicles/EV) di Asia disiapkan untuk meningkat bersamaan dengan momentum munculnya kesadaran akan perubahan iklim dan peraturan anti-polusi. Organisasi pemerintah, produsen otomotif, pemasok komponen dan infrastruktur, pengguna akhir pribadi dan komersial memainkan peran penting dalam ekosistem yang disiapkan untuk mengubah sektor transportasi.

Di Thailand, misalnya, basis manufaktur otomotif terbesar di Asia Tenggara, yang sering disebut “Detroit Asia”, industri yang berorientasi ekspor di negara ini merespons kepopuleran regional dari kendaraan energi baru ini. Meskipun EV saat ini hanya menyumbang 2% dari pangsa pasar di Thailand, pemerintah telah menawarkan insentif pajak kepada produsen otomotif untuk meningkatkan penawaran EV-nya. Ditambah dengan tenaga kerja yang sangat terampil dan berpengalaman sehingga mendorong pengadaan komponen dan suku cadang dalam negeri, negara ini dapat menjadi pusat produksi yang menarik dan kompetitif bagi kendaraan rendah emisi.

Negara-negara tetangganya, seperti Singapura dan Malaysia, juga mengembangkan ekosistem yang dinamis, terdiri atas pengembang infrastruktur, pengguna akhir dan penyedia layanan berkendara, yang selanjutnya mendorong konsumsi EV di wilayah ini. Kemajuan teknologi dalam pengelolaan bahan baku dan energi akan semakin mengubah lanskap transportasi.

Komponen fundamental EV di antaranya adalah baterai isi ulang lithium-ion, semikonduktor daya yang menyediakan kontrol daya listrik yang efisien dan sistem konversi. Kemajuan dalam baterai isi ulang lithium-ion membuatnya sangat diperlukan untuk “xEV” sebagai suatu kategori, yang meliputi kendaraan listrik berbaterai, kendaraan listrik plug-in-hybrid, kendaraan listrik hibrida, dan kendaraan listrik sel bahan bakar, yang semuanya berkontribusi mengurangi beban lingkungan.

Toshiba telah lama fokus pada penelitian dan pengembangan baterai isi ulang. Baterai isi ulang lithium-ion SCiB™ menggunakan lithium titanium oxide (LTO) di dalam anodanya, dan menawarkan keunggulan yang mencakup operasi yang sangat aman, siklus umur yang panjang dan pengisian yang cepat, di mana semuanya diperlihatkan pada berbagai aplikasi dalam mobil, kereta, kapal, peralatan industri dan lainnya sejak 2008.

Saat ini R&D perusahaan ini sedang mengembangkan baterai lithium-ion generasi berikutnya dengan bahan baku anoda yang baru, titanium niobium oxide. Perkembangan sejauh ini menegaskan bahwa oksida yang dicirikan dengan kepadatan energi tinggi dan kemampuan pengisian ulang sangat cepat, merupakan hal penting dalam aplikasi otomotif.

Toshiba juga meningkatkan investasi dan membangun aliansi strategis untuk memenuhi kebutuhan pasar. Fasilitas produksi SCiB™ yang baru sedang dibangun di Yokohama, Jepang, untuk memperkuat produksi dari fasilitas Kashiwazaki saat ini.

Selain itu, pendirian pabrik di India, perusahaan patungan dengan Suzuki Motor Corporation dan Denso Corporation, terus membuat kemajuan. Sementara baterai dengan mudah dapat dipahami sebagai bagian penting dari “mobil masa depan”, komponen lainnya juga sama pentingnya.

Perangkat daya, khususnya, meminimalkan terbuangnya switching, dan membantu meningkatkan efisiensi energi. Sementara prosesor pengenalan gambar mengenali dan memproses gambar, mengidentifikasi kondisi jalan dan berkontribusi terhadap keselamatan penumpang dan pejalan kaki.

Rangkaian prosesor pengenalan gambar Toshiba Visconti™ memberi pengemudi pengenalan waktu seketika (real-time), pada siang atau malam hari, kendaraan dan pergerakan lalu lintas, pejalan kaki, pengendara sepeda, rambu lalu lintas, dan potensi bahaya lain di sekitar kendaraan, menggunakan data gambar dari satu hingga empat kamera.

Visconti™ memungkinkan untuk membuat berbagai aplikasi bantuan pengemudi tingkat lanjut. Industri mobil masih memiliki pekerjaan yang harus dilakukan sebelum EV meluas, salah satunya adalah memastikan bahwa infrastruktur pendukung sudah ada.

Jaringan stasiun pengisian yang kuat sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan pengguna, dan mempercepat pertumbuhan mobilitas listrik. Beberapa pemerintah di Asia telah menetapkan kebijakan dan peraturan yang mendorong pembangunan infrastruktur EV skala besar.

Sebagai contoh, distributor listrik dan gas milik pemerintah Singapura meningkatkan infrastruktur EV di sekitar pulau. Di Malaysia, Organisasi Pengembangan Teknologi dan Teknologi Industri Baru (NEDO), Jepang, telah mempercayakan Toshiba dan beberapa perusahaan lain untuk operasi demonstratif dari sistem bus listrik Super Quick Charge di mana SCiB™, baterai isi ulang lithium-ion Toshiba yang tahan lama, memainkan peran inti.

Tujuan proyek ini adalah implementasi sosial sistem transportasi perkotaan yang lebih cerdas dengan emisi lebih sedikit. Terbukti bahwa dorongan dan adopsi aktif dari EV kepada berbagai pemangku kepentingan dalam ekosistem dapat memicu pertumbuhan.

Masa depan industri otomotif didorong oleh CASE: konektivitas (Connectivity), otonom (Autonomous), digunakan bersama (Shared), dan elektrifikasi (Electrification). Toshiba memanfaatkan pengetahuan dan keahliannya untuk memberikan teknologi dan layanan, baik bagi kendaraan-kendaraannya dan juga bagi lingkungan kegiatan mereka: sistem infrastruktur yang erat terhubung bagi pengendalian lalu lintas; navigasi pengguna yang menggunakan perangkat daya; dan sensor yang mendukung penggunaan kecerdasan buatan di jalan.

Pada saat yang sama, pemerintah, perusahaan dan konsumen perlu melihat pentingnya elektrifikasi kendaraan sebagai tidak hanya evolusi mobilitas pribadi, tetapi juga kemajuan yang mengurangi perubahan iklim. r

*) Corporate Representative-Asia,Toshiba Corporation & Direktur Pelaksana Toshiba Asia Pacific Pte. Ltd.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN