Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Stabilitas Sistem Keuangan dan Sistem Pembayaran

Jumat, 23 Januari 2015 | 06:49 WIB
Oleh Achmad Deni Daruri

Stabilitas sistem keuangan telah menjadi topik bahasan penting berbagai lembaga keuangan dan para ekonom global dalam beberapa tahun belakangan ini. Krisis ekonomi global pada 2008 menjadi pelajaran berharga bagi para pengambil kebijakan di sektor keuangan.

 

Krisis yang berawal dari kasus gagal bayar sektor perumahan, atau yang dikenal dengan sebutan subprime mortgage di Amerika Serikat itu, telah memunculkan kesadaran baru di kalangan para pembuat kebijakan keuangan dunia. Mereka menyadari bahwa kebijakan yang ketat terhadap individu institusi keuangan tak cukup untuk menangkal krisis. Guna menciptakan sistem keuangan yang sehat maka penting bagi otoritas untuk menerapkan dan memperhatikan potret besar

industri keuangan secara makro (makro prudensial).

 

Keberadaan kebijakan makro prudensial ini sangat penting untuk mengurangi risiko sistemik  terhadap industri keuangan bila terjadi krisis. Karena itu, selain kekuatan ekonomi atau keuangan, stabilitas politik juga memegang peranan penting dalam menjaga stabilitas sistem keuangan. Lebih dari itu, pemerintah dan otoritas moneter harus terus bekerja untuk memastikan bahwa stabilitas nilai tukar tetap terjaga, laju inflasi tetap terkendali, dan juga kelancaran sistem pembayaran tetap dijamin aman dan lancar.

 

Jika hal-hal tersebut dapat dilakukan secara berkesinambungan maka stabilitas sistem keuangan dapat terjaga, dan guncangan krisis yang bisa menghantui dunia pun bisa terhalaukan.

 

Baca selengkapnya di Investor Daily versi cetak di https://subscribe.investor.id

Editor : Juang N Hutagalung (juang.natigor@investor.co.id)

BAGIKAN