Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pefindo Biro Kredit Luncurkan Produk Scoring Alternatif

Pefindo Biro Kredit Luncurkan Produk Scoring Alternatif

Pefindo Biro Kredit Gandeng Indosat Ooredoo Luncurkan IdTelco Score

Senin, 11 Oktober 2021 | 20:21 WIB
Aris Cahyadi (aris_cahyadi@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Pefindo Biro Kredit (IdScore) berkolaborasi dengan PT Indosat Ooredoo dalam menyediakan produk scoring alternatif berbasis data agregasi telco services yang diberi label IdTelco Score. Produk scoring alternatif tersebut dapat memberikan perspektif baru dalam analisa dan pengambilan keputusan kredit.

Direktur Utama Pefindo Biro Kredit IdScore Yohanes Arts Abimanyu mengatakan, pemanfaatan data alternatif di luar data perkreditan dapat menjadi solusi dalam memperluas jangkauan penyaluran kredit, mengoptimalkan potensi bisnis sekaligus membuka akses pendanaan yang lebih luas bagi masyarakat. Di sisi lain, inovasi dalam metode analisa dan pengambilan keputusan kredit oleh lembaga keuangan turut mendorong penggunaan data alternatif dan metode data analitik.

"Pemanfaatan data alternatif seperti data telco akan mendukung pengambilan keputusan kredit, memperluas akses pembiayaan ke masyarakat yang tidak memiliki riwayat kredit atau yang sedang mulai membangun credit score," kata Abimanyu dalam keterangan tertulisnya, Senin (11/10).

IdTelcoScore sendiri disusun dengan menggunakan metode data analitik melalui algoritma score modeling dengan menggunakan berbagai variabel data dan indikator yang menghasilkan informasi karakter, prediksi dan kemampuan pemenuhan kewajiban debitur di masa datang.

Chief Business Officer Indosat Ooredoo Bayu Hanantasena mengatakan, Indosat Ooredoo, melalui Indosat Ooredoo Business, berkomitmen untuk menjadi trusted digital business partner bagi para pelanggannya.

"Kami merasa senang dapat menjadi bagian dari lahirnya IdTelcoScore yang memanfaatkan solusi big data analytics untuk memberikan penilaian yang dibutuhkan bagi Pefindo Biro Kredit. Dengan solusi ini, Insya Allah proses pendanaan akan berjalan dengan lebih efektif dan masyarakat akan memperoleh manfaat lebih besar untuk meningkatkan kualitas hidup mereka," kata Bayu.

Lebih lanjut Abimanyu menambahkan, data alternatif yang dikombinasikan dengan data kredit tradisional dapat menghasilkan keputusan kredit yang lebih akurat dan komprehensif dalam penilaian kelayakan kredit, mendukung bisnis penyaluran kredit dengan mitigasi risiko yang terukur.

"Kami berharap kerjasama dengan Indosat Ooredoo ini akan mengakselerasi program inklusi keuangan nasional dan membuka kesempatan yang lebih luas kepada masyarakat untuk mengakses layanan jasa keuangan dalam hal fasilitas pendanaan," pungkas Abimanyu.

Adapun saat ini, sekitar 83 juta penduduk Indonesia masuk dalam kategori unbanked yang umumnya tidak memiliki riwayat kredit atau basis informasi yang cukup untuk menyusun credit score tradisional. Mereka yang tergolong unbanked ini bisa berasal dari generasi milenial yang baru memasuki dunia kerja, atau mereka yang belum pernah memanfaatkan layanan jasa keuangan termasuk sektor UMKM.

Editor : Aris Cahyadi (aris_cahyadi@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN