Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
17 Perusahaan Raih Penghargaan  ICSRA V 2022

17 Perusahaan Raih Penghargaan ICSRA V 2022

17 Perusahaan Raih Penghargaan ICSRA V 2022 

Kamis, 4 Agustus 2022 | 08:05 WIB
Imam Suhartadi (imam.suhartadi@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Seperti kita ketahui dewasa ini kian banyak perusahaan di Indonesia yang melaksanakan Corporate Social Responsibility sebagai bagian dari kontribusi mereka terhadap masyarakat dan lingkungan. Bahkan CSR sudah menjadi bagian dari strategi bisnis perusahaan sebagai upaya manajemen risiko dan manajemen dampak, yang tidak lepas dari perencanaan yang cermat serta pemilihan program yang tepat mencapai sasaran.

Hal ini juga sesuai dengan ISO 26000:2010 Guidance on Social Responsibility yang telah diadopsi identik menjadi SNI ISO 26000:2013.

CSR sendiri sebenarnya memiliki beberapa tingkatan dengan tingkatan tertinggi adalah program-program yang berkelanjutan serta memberi manfaat langsung bagi penerima. Banyak perusahaan yang sudah mendedikasikan diri untuk menjalankan program CSR sehingga tercipta sustainability serta hubungan yang erat dengan penerima manfaat.

Kontribusi pada agenda pembangunan global “Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs atau Sustainable Development Goals) yang terdiri dari 17 goals semakin banyak dirujuk sebagai indicator keberhasilan suatu program CSR.

Dari sisi pemasaran, tidak jarang brand program CSR sudah amat melekat dengan brand perusahaan secara positif dan hal ini dapat meningkatkan citra positif perusahaan secara keseluruhan.

Terkait hal tersebut, Economic Review, didukung oleh Dewan Juri memberikan penghargaan bagi perusahaan yang telah berhasil melaksanakan kegiatan CSR dan memberi manfaat bagi penerimanya, baik itu konsumen, pemasok, karyawan, masyarakat, maupun lingkungan. Yakni dengan menggelar Indonesia CSR Award-V-2022 (ICSRA-V-2022) sebagai apresiasi yang diberikan Economic Review- Ideku Group, bersama para Dewan Juri kepada perusahaan yang telah menjalankan program CSR secara baik.

“Idealnya suatu program CSR apabila penerima manfaat dapat mandiri secara ekonomi dan sosial bahkan jika program tersebut sudah dihentikan. Meskipun demikian, kegiatan CSR yang masih dalam taraf pemberian donasi atau charity tetap juga harus diapresiasi. ICSRA-V-2022 merupakan apresiasi tertinggi yang diberikan kepada perusahaan di Indonesia yang dinilai telah memiliki program-program CSR yang mampu mengelola risiko dan dampak (negatif dan positif) perusahaan, bermanfaat dalam jangka Panjang bagi penerima, dan berkontribusi bagi pencapaian SDGs di Indonesia,” demikian dipaparkan Ketua Dewan Juri ICSRA-V-2022, Founder sekaligus CEO Economic Review, Irlisa Rachmadiana dalam keterangan tertulisnya, Kamis (8/8).

Pada tahun ini Economic Review mengelar Seminar Nasional dan Pemenang Penghargaan ICSRA-V-2022 “Indonesia CSR Award-V-2022 ( ICSRA-V-2022), di Bina Karna Auditorium, Bidakara, Jak.Sel, pada Kamis, 28 Juli-2022, pada pk.09.00 - 13.00 WIB yang dilaksankan secara Offline maupun Online, dengan mengangkat tema Recover Together Stronger Together Corporate Social Responsibility for the nation and state of the Republic of Indonesia.

Disampaikan Irlisa, CSR seperti didefinisikan dalam ISO 26000 tahun 2010 adalah kewajiban Perusahaan dalam bertanggung jawab terkait dampak dan keputusannya terhadap masyarakat dan lingkungan yang dilakukan melalui perilaku yang etis dan transparan dan berkontribusi dalam mewujudkan sustainable development (termasuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat); memperhatikan harapan stakeholders; patuh hukum dan konsisten pada norma-norma internasional serta diintegrasikan ke seluruh perusahaan.

“Dengan demikian jelas bahwa CSR bersifat sukarela dan beyond the law, atau dengan kata lain perusahaan 1 wajib taat hukum terlebih dahulu sebelum mempraktekkan CSR. Akan lebih baik lagi jika CSR dapat dilaksanakan sesuai atau bahkan melampaui harapan stakeholders, dalam hal ini bisa saja konsumen, masyarakat umum, komunitas terdampak maupun pemerintah. Oleh karena CSR juga bertujuan membantu tercapainya sustainable development, maka perancangan program-program CSR juga diharapkan dapat berkontribusi dalam jangka panjang baik bagi masyarakat, maupun lingkungan,” tambahnya.

Ditambahkan Irlisa, sustainable development sendiri sudah menjadi agenda besar dunia yang menjadi prioritas banyak negara yaitu SDGs. Program CSR yang baik hendaknya juga melibatkan stakeholder terkena dampak, yang langsung menerima manfaat program, sehingga program dirancang sesuai kebutuhan mereka. Yang tidak boleh dilupakan adalah evaluasi program.

Perusahaan harus menilai apakah program yang dilaksanakannya benar-benar mencapai tujuan serta memberi manfaat. Di sisi lain tambahnya, meskipun suatu program bersifat sesaat seperti donasi atau charity, alangkah baiknya tetap dilakukan evaluasi untuk di kemudian hari dapat dilanjutkan dengan program lain yang lebih bermanfaat.

“Selamat atas Kinerja Perusahaan di bidang CSR yang telah diraih dalam kinerja perusahaan di tahun 2021. Kami dari Economic Review, Dewan Juri dan Panitia Penyelenggara beserta Indonesia Asia Institute, Indonesia Leaders Foundation, Perkumpulan Perempuan Pemimpin Indonesia, Duta Global Indonesia dan Ideku Group mengucapkan Selamat atas Prestasi yang telah diraih oleh Perusahaan Bapak/Ibu yang telah konsisten berkomitmen tanggung jawab Sosial, Kesehatan, Lingkungan Hidup, Pendidikan untuk Kebangkitan Ekonomi, dengan meraih penghargaan Penghargaan “Indonesia CSR Award-V-2022 ( ICSRA-V-2022),” tambah Irlisa.

Penyelenggaraan even ICSRA V 2022 turut mengundang instansi Pemerintah, Perusahaan Publik, BUMN, BUMD, Swasta, Yayasan, Asosiasi dengan dihairi peserta 100 orang secara Offline dan 200 orang yang hadir secara Online.

Hadir dalam acara diantaranya Penasehat Dewan Juri Pramu Risanto, SE., CPA., MM. yang juga merupakan Pendiri Sekolah Sampah Nusantara, Agus Mashud S.Asngari mewakili Pertamina Foundation, Edi Rivai mewakili Chandra Asri Petrochemical Tbk, Erdani Febriyanto mewakili Asmin Bara Bronang, didampingi Moderator, Dewan Juri sekaligus Direktur Utama Duta Global Indonesia Endraswari Safitri, dan hadir sebagai Keynote Speaker Menteri Lingkungan Hidup & Kehutanan RI, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc .

Penyerahan penghargaan ICSRA V 2022 diberikan untuk kategori sebagai berikut Pemimpin (Dirut, Direktur, GM), Penghargaan Khusus, Perusahaan Publik (Tbk), BUMN, BUMD, Swasta, Sosial, Parekrafbud, Lingkungan Hidup, Kesehatan, dan Pendidikan. Adapun metode penjurian dilakukan berdasarkan Analisa Data, Annual Report dan/atau Sustainability Report, Website, Company Profile, Data Publik, Interview Zoom meeting Virtual Online.

“Kami harapkan keteladanan Perusahaan dalam melaksanakan CSR dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan perusahaan lain untuk terus berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat secara luas,” tutup Irlisa mengkahiri sambutannya.

Editor : Imam Suhartadi (imam_suhartadi@investor.co.id)

BAGIKAN