Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi uang. Foto: Pixabay

Ilustrasi uang. Foto: Pixabay

5 Karakter Investor yang Sebaiknya Diketahui Pebisnis

Imam Suhartadi, Kamis, 6 Februari 2020 | 22:15 WIB

JAKARTA, investor.id - Sebagai pemilik perusahaan yang sedang berkembang, Anda perlu memahami fase bisnis ketika perusahaan Anda mulai membutuhkan investor. Hal tersebut bisa terjawab saat Anda dihadapkan dengan pertanyaan berikut. Pertama, sampai manakah tahapan saya kini berada. Kedua, berapa overhead yang saya miliki.

Ketiga, apakah saya berada di posisi stagnan. Keempat, apakah saya melakukan pembuatan skala lebih cepat dari permintaan.

Kelima, apa tujuan saya terhadap perusahaan ini selanjutnya. Menjawab kelima pertanyaan tersebut dengan tepat memang sedikit membingungkan. Barangkali Anda juga lebih terfokus pada uang, bukan dari siapa Anda akan mendapatkannya.

Padahal sumber uang itu merupakan bagian yang sangat penting yang akan menentukan bagaimana uang itu akan dibelanjakan. Maka dari itu, Anda perlu memahami macam-macam tipe karakter investor berikut ini sehingga bisa memilih yang sekiranya cocok untuk model bisnis  Anda. 

Investor dengan karakter pemburu bakat internal

Tipe karakter investor yang pertama yaitu investor pemburu bakat internal. Investor ini seringkali memiliki tim yang mendukung perusahaan Anda. Beberapa perusahaan ventura sekarang sering menggunakan investor dengan karakter ini, dan tentunya muncul proses yang sangat kolaboratif.

Investor ini tidak hanya memberi investasi yang hanya menyediakan dana dan saran, mereka juga memiliki kemampuan melihat bakat internal yang dibutuhkan untuk menjalankan pivot atau desain ulang perusahaan.

Dengan begitu, mereka dapat mengembangkan dan meningkatkan skala keuntungan perusahaan Anda. Kehilangan desainer grafis atau pengembang backend yang hebat? Tidak masalah. Perlu ahli strategi dan pelaku pasar? Semuanya bisa dicari lagi. Mereka tidak hanya memberi Anda uang untuk mencari bakat. Investor berkarakter pemburu bakat internal akan memaksimalkan sumber daya yang ada dengan memaksimalkan kemampuan pada saat itu juga. 

Investor dengan karakter malaikat

Investor dengan karakter malaikat adalah individu kaya yang menyediakan modal untuk bisnis startup sehingga terkesan seperti malaikat. Biasanya investor dengan karakter ini meminta imbalan utang konversi atau ekuitas kepemilikan. Investor malaikat biasanya seorang pensiunan pengusaha sehingga tertarik untuk sedikit terlibat langsung dengan perusahaan Anda.

Mereka juga cenderung bersikap pasif agresif jika menjadi investor. Selain itu, investor dengan karakter malaikat juga memberi keuntungan lebih bagi perusahaan jika mertimbangkan keterampilan dan pengaruh baik yang mereka bawa ke perusahaan Anda. Oleh karena itu, pilihlah investor dengan karakter malaikat yang merupakan seseorang dengan latar belakang pengetahuan dalam industri bisnis Anda.

Investor dengan karakter konektor

Investor tipe konektor ini cukup unik. Mereka bisa seorang individu seperti investor berkarakter malaikat namun bisa juga seperti investor berkarakter pemburu bakat internal. Mereka hanya mau berinvestasi pada orang-orang yang memang benar-benar mereka percayai.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mendapatkan investor dengan karakter konektor ini, maka Anda harus memiliki rekam jejak keberhasilan yang terbukti, telah mengambil keputusan yang cerdas selama ini, dan memiliki jaringan bisnis yang terhubung dengan baik.

Mereka sama sibuknya dengan Anda, karena biasanya mereka juga menjalankan beberapa usaha lain pada saat yang sama. Investor berkarakter konektor meyakini bahwa salah satu hal yang bisa mereka investasikan yaitu jejaring bisnis yang juga mereka jalankan sendiri. Jika semuanya berhasil, mereka bahkan dapat membawa perusahaan Anda dari titik A ke B dengan cara yang mudah dan cepat.

Investor dengan karakter raksasa

Investor dengan karakter raksasa merupakan mereka yang memiliki banyak pengalaman dan modal besar. Mereka biasanya menangani perusahaan yang sedang mengalami pertumbuhan dengan pesat. Jika terlibat dengan investor berkarakter raksasa, pastikan Anda merasa nyaman dengan persyaratan mereka. Mereka tahu apa yang mereka inginkan dan apa yang nantinya menguntungkan. Tetapi sebelum Anda menjalin kerjasama dengan investor berkarakter raksasa, pastikan bahwa perusahaan Anda memang sudah siap untuk pergerakan besar dan cepat. 

Investor dengan karakter misterius

Investor dengan karakter misterius memiliki ciri yang cukup mudah dipahami. Mereka biasanya tidak terlihat sepanjang waktu namun selalu memantau setiap detail pergerakan bisnis Anda. Investor dengan karakter misterius kadang terlihat kecil, padahal mereka umumnya bermain besar dan cerdik.

Mereka ahli dalam operasi bisnis, pemasaran dan branding. Mereka tahu apa yang lebih memungkinkan untuk berhasil, mereka tahu bagaimana perusahaan raksasa bekerja, namun mereka tetap dekat dengan pengusaha kecil untuk membuat tetap fokus pada skala keuntungan tertentu. 

Mereka sering disebut sebagai investor go-getter, yaitu investor yang tegas dan cekatan. Umumnya investasi yang mereka lakukan memiliki target jelas dan harus memungkinkan membawa sebuah perusahaan bergerak maju, misalnya dari  titik B ke C.

Jika Anda mendapatkan investor dengan karakter misterius ini, bersiaplah untuk selalu dituntut bekerja keras dan berorientasi pada hasil. Namun, investor berkarakter misterius juga memahami betul peran mereka untuk membantu perusahaan  Anda, karena sejak awal mereka telah memiliki konsep bahwa Anda tidak mengetahui semua hal. Hal ini tentu sangat menguntungkan untuk perkembangan bisnis Anda.

Setelah Anda mengetahui karakter investor yang sesuai dengan perusahaanmu, ada hal lain yang juga harus  Anda perhatikan ketika ingin mendapatkan investor, yaitu Laporan Keuangan.

Dengan laporan keuangan perusahaan yang baik, Anda bisa dengan mudah mendapatkan investasi atau modal usaha dari investor. Jadi, sebelum mengajukan modal ke investor, cobalah buat laporan keuangan perusahaan Anda dengan Jurnal, software akuntansi online. Dengan Jurnal, Anda bisa dengan mudah membuat laporan keuangan lebih mudah, cepat, dan dengan data yang lebih akurat!

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA