Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Layanan Microsys Koperasi memungkinkan koperasi memodernisasi pelayanan dan fungsi koperasi secara digital seperti simpan pinjam online.

Layanan Microsys Koperasi memungkinkan koperasi memodernisasi pelayanan dan fungsi koperasi secara digital seperti simpan pinjam online.

Invelli Siapkan Solusi Digitalisasi Koperasi Lebih Komprehensif

Rabu, 21 Juli 2021 | 14:07 WIB
Imam Suhartadi (imam.suhartadi@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Pertumbuhan koperasi di Indonesia tidak lagi hanya berfokus pada kuantitas. Kualitas yang memastikan suatu koperasi berkembang besar dan berfungsi dengan baik secara profesional.

Kualitas badan koperasi mencakup pelayanan, fungsi, hubungan dengan anggota serta sistem keuangan. Invelli hadir untuk memberikan sentuhan teknologi dalam kaitan dengan peningkatan kualitas yang dimaksud.

“Sudah waktunya Koperasi goes digital, apalagi di tengah situasi pandemi seperti sekarang. Digitalisasi koperasi mempermudah segala kinerja termasuk jangkauan ke anggota dan manajemen finansia,” ujar CEO Invelli, Robert Injaya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (21/7).

PT. Invelli memiliki misi untuk membantu badan koperasi dalam mengelola keseluruhan aspek secara komprehensif di tengah gempuran teknologi. Hal ini tidak bisa dilepas dari kenyataan bahwa publikpengguna internet terus meningkat dari hari ke hari. Ketika koperasi tidak mampu bergerak bersama masyarakat, maka dia akan kehilangan bentuk dan eksistensinya.

Internet memberikan pengaruh besar, yang dalam aspek finansial, berupa disrupsi keuangan termasuk layanan simpan pinjam yang menjadi bagian penting dari fungsi koperasi. Masyarakat akan terus terdorong untuk menggunakan internet karena kemudahannya. Dengan demikian, koperasi wajib menangkap peluang yang ada agar sanggup mempertahankan sekaligus bersaing dengan lembaga keuangan lain.

Solusi Koperasi Digital

Koperasi digital tidak hanya dipandang sebagai bentuk baru dari koperasi dalam arus teknologi. Lebih dari itu adalah peningkatan diri dalam aspek pelayanan, transparansi dan akuntabilitas. Ketiga hal tersebut wajib dijaga sedemikian rupa sehingga koperasi tetap konsisten menjalankan fungsinya.

“Masyarakat pengguna internet, khususnya kaum muda, melirik lembaga finansial yang lebih mudah dijangkau. Oleh karena itu, digitalisasi koperasi bertujuan untuk mendekatkan diri dengan anggota agar tidak ditinggalkan,” ujar Robert.

Invelli menciptakan teknologi finansial agar koperasi digital mengelolah fungsi koperasi tanpa kehilangan aspek-aspek fundamentalnya.

Setidaknya ada empat produk unggulan dari Invelli untuk mendorong kinerja Koperasi.

Pertama, Microsys Koperasi. Layanan ini memungkinkan koperasi memodernisasi pelayanan dan fungsi koperasi secara digital seperti simpan pinjam online.

Dengan menggunakan Microsys, koperasi mengelolah simpanan, pinjaman dan accounting secara online yang diintegrasi dengan ATM, virtual account serta aplikasi mobile lainnya. Terhubungnya sistem dengan API & Virtual Account Bank memungkinkan anggota koperasi bisa mentransfer dan menarik dana melalui bank manapun dan pada waktu kapan saja.

Kedua, Cardlez. Layanan keuangan tanpa menggunakan kartu dan uang tunai. Koperasi digital mengintegrasikan layanan Mobile Banking & e-Wallet ke dalam sistem untuk mempermudahmemperlancar transaksi anggota.

Invelli memajukan koperasi ke ranah digital dengan transaksi online secara lengkap seperti automasi jurnal, penggunaan sistem QR Code, serta menjaga keamanan akun melalui otorisasi transaksi. Cardlez juga memudahkan anggota dalam melengkapi pengisian data menggunakan tanda tangan digital dan e-KYC bagi Nasabah Koperasi dan BPR.

Ketiga, ILOS. Fungsinya adalah menyediakan layanan pinjaman secara online bagi nasabah koperasi.

Sistem pinjaman online yang lebih aman didukung dengan Pembayaran Autodebet, Pelunasan Sebagian, Pelunasan Dipercepat, Restruktur, Perhitungan Tunggakan & Denda, dan Manajemen Jaminan & AYDA.

Keempat, MicroFins. Layanan ini berfungsi untuk mengatur mikro finansial secara sistematis untuk mencapai tingkat kualitas pelayanan yang lebih baik melalui Agent Banking & Collection System.

“Sudah menjadi misi Invelli untuk mendukung ekosistem lembaga keuangan makro & mikro dengan cara memberikan mereka keunggulan kompetitif secara teknologi. Disrupsi finansial yang tengah dihadapi masyarakat saat adalah perusahaan fintech. Kami mendorong koperasi untuk berbenah diri agar bersaing dengan teknologi yang ada dengan memberikan pengalaman pelayanan baru kepada nasabah dan anggotanya,” kata Robert.

Lebih lanjut Robert Injaya mengungkapkan fokus Invelli terhadap perkembangan koperasi di era teknologi finansial.

“Koperasi bisa hidup apabila setiap anggota dan nasabah terjangkau, karena mereka ada maka koperasi ada. Bersama Invelli, koperasi digital bisa bertumbuh dan berkompetisi,” jelas Robert.

Hingga saat ini, Invelli sudah dikenal secara luas sebagai integrator lembaga keuangan untuk proses digitalisasi. Berpartner dengan bank-bank nasional seperti BRI, BNI, Permata Bank serta beberapalembaga keuangan lain seperti Peruri, Arta Jasa dan PrismaLink. Pelanggan Invelli adalah koperasi- koperasi goes digital seperti KMN, Indosurya, Danamitra dan sebagainya.

Editor : Imam Suhartadi (imam_suhartadi@investor.co.id)

BAGIKAN