Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kasus gagal bayar Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya Cipta

Kasus gagal bayar Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya Cipta

KSP Indosurya Tetap Jalankan Pengembalian Dana

Sabtu, 20 Februari 2021 | 10:32 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

JAKARTA, investor.id - Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya menjalankan komitmennya untuk memenuhi putusan perdamaian yang sudah diputuskan oleh Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terhadap kewajiban kepada anggotanya.

Ribuan anggota sudah menerima pencairan dana yang dilakukan pasca putusan, sayangnya ada upaya dari berbagai pihak untuk menganggu jalannya pemenuhan kewajiban tersebut.

Kuasa Hukum Anggota KSP Indosurya, Adji Wibisono mengatakan hingga saat ini, KSP Indosurya terus melakukan kewajibannya, proses pengembalian dana kepada anggota terus dilakukan, dalam proses PKPU telah ditarik kesimpulan komitmen debitur ke kreditur.

Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Borobudur, Faisal Santiago menilai aksi demo yang dilakukan justru akan menganggu perdamaian para pihak. Demo adalah hak yang dilindungi konstitusi tetapi demo yang  dilakukan untuk mengubah keputusan tidak bisa ditoleransi.

Putusan pengadilan harus dihormati  seluruh pihak, kalau ada yang merasa dirugikan bisa mengajukan banding, pengadilan melalui putusan Homologasi/Perdamaian Nomor 66/PDT.SUS-PKPU/2020.PN.Niaga Jkt tertanggal 17 Juli 2020 menegaskan secara hukum perdamaian antara

KSP Indosurya Cipta dengan seluruh kreditor.
Anggota KSP Indosurya mengapresiasi pelaksanaan komitmen putusan perdamaian , puluhan anggota yang berusia lansia mengaku bersyukur atas itikad baik.

Pengurus KSP Indosurya Sonia menjelaskan bahwa pembayaran dana anggota lansia dan prioritas sudah dilakukan,tidak ada kendala selama pembayaran.

Pembayaran dana anggota di atas Rp 500 juta sampai Rp 1,99 miliar sudah dilakukan pada Januari 2021.

Peneliti Indef, Eko Listiyanto mengapresiasi langkah KSP Indosurya ini, “ Jika ada itikad baik pemilik bagus karena mau ada penyelesaian,” ujar dia dalam keterangan persnya yang diterima Investor Daily, di Jakarta, Sabtu (20/2).

Dalam pengawasan koperasi yang jumlah sangat banyak seharusnya peran pemerintah lebih optimal karena koperasi itu sama dengan perbankan yaitu mengelola dana nasabah.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN