Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Founder & CEO Jouska Indonesia Aakar Abiyasa (kiri), Co-founder & CEO Inspigo Tyo Guritno (kanan), dan Founder Inspigo Yoris Sebastian saat peluncuran fitur audio playbook pada Aplikasi Inspigo di Jakarta, Jumat (1/11). (Suara Pembaruan/Herman)

Founder & CEO Jouska Indonesia Aakar Abiyasa (kiri), Co-founder & CEO Inspigo Tyo Guritno (kanan), dan Founder Inspigo Yoris Sebastian saat peluncuran fitur audio playbook pada Aplikasi Inspigo di Jakarta, Jumat (1/11). (Suara Pembaruan/Herman)

Melalui Inspigo, Jouska Bahas Finansial Lewat Audio Playbook

Prisma Ardianto, Jumat, 1 November 2019 | 22:02 WIB

JAKARTA, investor.id – Perusahaan perencana keuangan independen Jouska Indonesia mulai merambah kanal audio sekaligus buku digital (audio playbook) lewat salah satu fitur di aplikasi podcast Inspigo. Dalam layanan tersebut, Jouska menyuguhkan berbagai konten pengetahuan finansial yang lebih murah dibandingkan produk konvensional.

Founder & CEO Jouska Indonesia Aakar Abyasa mengatakan, sebelumnya pihaknya hanya menyajikan konten finansial melalui video, buku, atau sekedar instastrory pada Instagram. Dengan media audio playbook, diharapkan masyarakat bisa mempelajari pengetahuan mengenai keuangan dengan sansasi yang berbeda.

"Alasan utama yang saya pikirkan itu mengenai distribusi. Content finance itu mudah basi karena yang kami bicarakan trade war dan lainnya. Kami perlu wadah independen tapi cepat. Ini juga kan lebih murah dan singkat dari pada buku," jelas Aakar di Jakarta, Jumat (1/11).

Aakar mengungkapkan, konten finansial tersebut hanya dijajakan sebesar Rp 29 ribu per album. Pihaknya juga memilih lebih komersil dengan alasan keperluan operasional seperti riset dan persiapan konten lain yang didalamnya memerlukan biaya.

Nantinya, sambung dia, Jouska akan mengeluarkan 10 album secara bertahap dengan berbagai episode didalamnya. Pembahasan pun masih dalam konteks keuangan seputar personal finance, ekonomi makro, perbankan, pasar modal, hingga institusi keuanagan nonbank (IKNB).

"Hari ini (kemarin) kami launching dua episode. Wedding disaster mengenai biaya menikah dan tentang warisan. Jadi di sosial media itu kami baru kasih persoalannya. Nah jawabannya ada di audio playbook ini," jelas Aakar.

Dia mengungkapkan, segmen yang dituju adalah first jobber rentang usia 25-40 tahun dengan berbagai latar belakang pekerjaan. Adapun Jouska memproyeksi sebanyak 10 ribu pendengar bisa menikmati layanan video playbook dari Jouska.

Co-founder & CEO Inspigo Tyo Guritno menjelaskan, konten finansial masuk dalam tiga kategori paling favorit diaplikasi podcast Inspigo. Adapun kehadiran Jouska juga menandai layanan audio playbook pertama yang juga berisi pengetahuan finansial yang mudah, engaging, dan relevan dengan kebutuhan saat ini.

"(Kerja sama) Jouska ini unik sekali. Secara drama ceritanya dapat, pengetahuannya juga dapat. Jadi seakan-akan kalau sudah mendengarkan itu seperti dapat bahan konsultasi. Tapi dengan harga yang jauh lebih murah," ujar dia.

Tyo menyebut, aplikasi Inspigo mencatat setiap bulannya terdapat lebih dari 200 ribu aktifitas. Pengguna layanannya pun telah tersebar diseluruh pelosok Indonesia dengan berbagai latar belakang.

Bagi Inspigo, lanjut dia, tahapan awal yakni berharap mendapat bayak kritik dan saran terkait fitur terbarunya audio playbook. Sebab, sensasi bagi pengguna aplikasi tentu berbeda dengan mendengarkan podcast konvensional. Sehingga kebutuhan pengguna aplikasi dapat tergambar di masa akan datang.

"Jadi ketika orang itu mendear audionya. Ada playbook berupa tulisan, gambar, atau infografis yang menjelaskan, dari mulai permasalahan hingga solusi mengenai suatu konten yang sedang dibahas," terang dia.

Kelak, kata Tyo, pihaknya membuka ruang bagi berbagai konten selain finansial. Sebab, jika projek audio playbook tersebut berhasil, yang memperoleh keuantungan adalah 600 kreator yang ada di aplikasi Inspigo. "Kami misinya kan hanya mau mewadahi dan memberi ilmu ke pendengar," tutup dia.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA