Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kegiatan virtual konferensi pers PT Gadai Hartadinata Abadi, pada 8 April 2021. ( Foto: Istimewa )

Kegiatan virtual konferensi pers PT Gadai Hartadinata Abadi, pada 8 April 2021. ( Foto: Istimewa )

Pandemi Tak Goyangkan Bisnis Gadai

Kamis, 8 April 2021 | 15:36 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Pandemi Covid-19 yang terjadi selama satu tahun terakhir ini ternyata tidak menggoyang bisnis gadai di Indonesia. Hal itu karena bisnis ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia selama pandemi, terutama bagi kalangan masyarakat ekonomi kelas menengah dan bawah.

Direktur Bisnis & Operasional Gadai Hartadinata Abadi, Agus Mardiko mengatakan pandemi telah memporakporandakan berbagai lini bisnis, tapi bisnis gadai malah tidak tergoyang. Bahkan, tersentuh dan cenderung berjalan stabil selama satu tahun terakhir. Ketahanan bisnis gadai sudah teruji dari beberapa kali kondisi krisis ekonomi yang telah terjadi di masa silam. Hal itu terjadi karena bisnis gadai sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Terutama di masa pandemi atau krisis. Sebab, masyarakat bisa mendapatkan uang dengan mudah, cepat, dan tidak repot dengan menggadaikan barang berharga milik mereka, baik itu emas, perhiasan, elektronik, hingga kendaraan pribadi mereka.

“Ketika mereka sudah memiliki uangnya bisa ditebus. Tapi jika tidak mereka bisa memperpanjang masa gadai itu. Sehingga bisinis gadai ini menjadi solusi dan dibutuhkan masyarakat di masa pandemi atau krisis mendapatkan uang dengan mudah, cepat dan tidak repot,” ungkap Agus di sela virtual konferensi pers, Kamis (8/4).

Tidak hanya itu, lanjut Agus, gadai juga secara tidak langsung menjadi ajang edukasi bagi masyarakat akan peran emas sebagai lindung nilai. Dengan demikian, nilai kekayaan yang mereka miliki sebagai bentuk antisipasi kebutuhan di masa depan. Selain itu, ketika pasar emas sudah terbentuk, masyarakat menyadari bahwa emas tidak hanya bisa dijual, tapi juga digadaikan dengan aman. Dengan demikian, bisa ditebus kemudian hari dan menjadi warisan berharga bagi keturunan mereka di masa depan.

Melihat potensi bisnis tersebut, Direktur Utama PT Gemilang Hartadinata Abadi Cuncun Muliawan mengatakan PT Hartadinata Abadi Tbk sebagai produsen dan penyedia perhiasan emas terintegrasi Indonesia dengan bangga meluncurkan PT. Gemilang Hartadinata Abadi sebagai Holding Bisnis Gadai Hartadinata Abadi di empat provinsi Indonesia yang telah memperoleh izin usaha dari OJK, yaitu di Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Lebih lanjut Cuncun menambahkan dengan diperolehnya izin usaha gadai dari OJK, menandakan keseriusan manajemen dalam mengembangkan lini bisnis gadai. Dalam menjalankan bisnis gadai ini, kami berupaya untuk sepenuhnya mematuhi aturan otorisas keuangan, serta menerapkan prinsip kehatian-hatian dengan berfokus pada kepuasan nasabah dan pelayanan yang prima. Keputusan Hartadinata mengembangkan bisnis gadai didasarkan pada kebutuhan ekonomi yang sangat besar, terutama dari kelompok menengah ke bawah, petani, nelayan, serta pemilik UMKM yang memerlukan modal usaha yang cepat dan mudah.

“Selain itu, budaya masyarakat Indonesia yang gemar menabung dan berinvestasi logam mulia serta perhiasan emas juga menjadi salah satu faktor pendorong bisnis gadai ini,” tutup Cuncun.

 

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN