Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah.

Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah.

Purbaya Yudhi Sadewa Dikabarkan akan Gantikan Halim Alamsyah

Sabtu, 5 September 2020 | 04:43 WIB
Nida Sahara ( nida.sahara@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Setelah lima tahun memimpin, masa jabatan Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah akan berakhir pada 24 September 2020.

Halim telah menjadi Ketua Dewan Komisioner LPS sejak 24 September 2015, artinya pada bulan ini tugas yang diemban selama lima tahun telah selesai. Hal tersebut merujuk Undang-Undang 24/2004 tentang LPS, di mana masa jabatan  Ketua Dewan Komisioner LPS adalah lima tahun.

Meskipun jabatan ketua dewan komisioner bisa dilakukan dua periode, tapi usia Halim sudah pada batas maksimal yakni 63 tahun.

"Iya betul, saya pensiun tanggal 24 September. Selanjutnya mau pensiun, mau mengajar saja," ungkap  Halim kepada Investor Daily, Jumat (4/9).

Halim mengharapkan penggantinya yang baru dapat menjalankan tugasnya dengan baik di LPS untuk menjaga stabilitas sistem keuangan. "Ya tentu yang terbaik dong untuk LPS," sambung Halim.

purbaya yudhi sadewa
purbaya yudhi sadewa

Kabar yang beredar, nama Purbaya Yudhi Sadewa yang saat ini menduduki kursi Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi akan menggantikan Halim Alamsyah sebagai ketua dewan komisioner LPS yang baru.

Namun, ketika dikonfirmasi, Purbaya menyebut belum mendapatkan informasi terkait hal tersebut. Walaupun, dirinya mengaku pernah diwawancarai oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

"Belum, (tapi) dulu pernah diwawancara Menteri Keuangan, ya bicara tentang sistem finansial, hanya itu saja," tutur Purbaya kepada Investor Daily.

Berdasarkan UU LPS, calon dewan komisioner LPS memang diusulkan Kementerian Keuangan sebelum ditetapkan oleh Presiden.

Profil Halim Alamsyah
Setelah lulus sebagai Sarjana Ekonomi (SE) dari Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta dan Sarjana Hukum (SH) dari Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Halim melanjutkan pendidikan hingga meraih gelar Master of Arts (MA) Bidang Ekonomi Pembangunan dari Boston University, Amerika Serikat. Kemudian meraih gelar Doktor di Bidang Ekonomi Moneter dari Universitas Indonesia.

Halim merintis karir di Bank Indonesia (BI) sebagai staf analis kredit di Urusan Kredit Koperasi (1982). Selama 23 tahun berikutnya, dia mendedikasikan diri pada bidang riset moneter hingga berkonsentrasi pada regulasi, pemantauan serta riset di bidang perbankan dan finansial sepanjang satu dekade terakhir.

Setelah mengisi posisi direktur di sejumlah direktorat di BI, Halim kemudian diangkat sebagai Deputi Gubernur BI pada tanggal 1 Juni 2010 dengan masa jabatan dari 17 Juni 2010 hingga 17 Juni 2015. Pada tanggal 18 Juli 2012, Halim diangkat sebagai Anggota Dewan Komisioner OJK (ex officio BI) untuk masa jabatan dari 18 Juli 2012 sampai 18 Juli 2015.

Kemudian, Halim diangkat oleh Presiden untuk mengisi jabatan Anggota merangkap Ketua Dewan Komisioner LPS pada 24 September 2015 melalui Keputusan Presiden Nomor 158/M/2015 tanggal 21 September 2015.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN