Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Indahnya berbagi bersama foodpanda dan Dompet Dhuafa

Indahnya berbagi bersama foodpanda dan Dompet Dhuafa

Sepanjang 2019, Dompet Dhuafa Salurkan Bantuan Rp 353 Miliar

Kamis, 6 Februari 2020 | 14:00 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

JAKARTA, investor.id - Sepanjang 2019. Dompet Dhuafa berhasil menghimpun Rp 378,58 miliar dari zakat, infak terikat, kurban, donasi kemanusiaan, wakaf dan program CSR, Sementara untuk penyaluran mencapai Rp 353,07 miliar melalui berbagai program di lima pilar yaitu pendidikan, kesehatan, sosial, ekonomi, kemanusiaan, advokasi, pengembangan jaringan. Tebar Hewan Kurban (THK), Sosialisasi dan Operasional.

Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa Imam Rulyawan mengatakan Dompet Dhuafa selalu menjalankan komitmennya dengan penuh tanggung jawab. Saat ini Dompet Dhuafa sudah menjangkau masyarakat di 34 provinsi dan 24 negara dengan penerima manfaat 2,47 juta jiwa.

Dompet Dhuafa juga berkolaborasi dan bersinergi untuk memperluas manfaat dan mendukung capaian SDG’s pemerintah diantaranya dengan membangun kolaborasi 157 zona layanan dalam negeri.

“ Kami terus berinovasi dalam program dan layanan terbaik khususnya yang berhubungan dengan pencapaian target SDG’s mulai dari program bantuan langsung, layanan medis, bantuan hukum, beasiswa prestasi, respon sosial kemanusiaan hingga pendampingan ekonomi,” ujar dia di Jakarta, belum lama ini.

Teknologi yang semakin berkembang juga mempengaruhi perubahan demografi donatur, pada 2019, tren dan sistem pembayaran elektronik semakin besar dan berdampak pada tren sistem donasi.

Kanal donasi yang paling diminati oleh donatur adalah banking channel 48%, e-commerce 16%, digital payment 21% dan stand counter 13%. Rrata rata pertumbuhan donatur dalam 3 tahun terakhir tercatat 54%.

Sepanjang 2019, total penerima manfaat sebanyak 2,4 juta jiwa yang terdiri dari program sosial sebanyak 1,9 juta jiwa, program kesehatan sebanyak 362 ribu jiwa, program ekonomi sebanyak 94 ribu jiwa, program pendidikan sebanyak 83 ribu jiwa dan program budaya dan dakwah sebanyak 11 ribu jiwa.

Untuk program kesehatan dengan layanan cuma-cuma tercatat sebanyak 326 ribu jiwa, sementara itu, Dompet Dhuafa Hospital Network mengumpulkan penerima manfaat di angka 9 ribu jiwa ditambah jaringan rumah sakit dompet dhuafa menerima donasi wakaf berupa 100 unit alat kesehatan mammogram yang berupa alat pendeteksi dini kanker payudara dari yayasan muda giat peduli Indonesia.

Kemudian progam pendidikan, melalui smart ekselensia indonesia terdapat 252 siswa penerima manfaat ,untuk beastudi indonesia terdapat 3 ribu jiwa penerima manfaat yang tersebar di 88 universitas baik dalam maupun luar negeri dan smart etafizh telah memberikan manfaat kepada 20 santri.

Melalui program ekonomi yang terdiri dari grant making telah memberikan manfaat kepada 579 keluarga dengan rincian satu program peternakan dan 16 program UMKM kreatif.

Program Sosial Dompet Dhuafa yang terdiri dari Disaster Management Center jumlah penerima manfaat mencapai 109 ribu jiwa.

Tidak hanya di dalam negeri, kiprah Dompet Dhuafa juga sampai ke luar negeri melalui tebar hewan kurban di wilayah krisis kemanusiaan untuk korban gempa di Mindanau, Filipina, saluran donasi juga merambah pada penyelenggaraan kesetaraan kejar paket B dan C untuk buruh migrant Indonesia di Hongkong, pendirian DD Kitchen di Palestina sebagai pusat logistik pengungsi dan juga pengiriman Dai ambassador ke 16 negara.

Editor : Komang (komang_99@yahoo.com )

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN