Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Sinergi dan Inovasi Kunci RI Jadi Pusat Ekonomi Syariah Dunia

Nasori, Rabu, 6 November 2019 | 22:47 WIB

SURABAYA, investor.id – Bank Indonesia (BI) berpandangan, sinergi antarlembaga yang didukung dengan implementasi program yang inovatif menjadi kunci dalam pengembangan ekonomi keuangan syariah (eksyar) di Tanah Air. Tanpa langkah ini pula, cita-cita menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah dunia sulit untuk terwujud.

Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo mengungkapkan itu saat memberikan sambutan dalam pembukaan Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Indonesia di Surabaya, Rabu (6/11). Penyelenggaraan Fesyar Indonesia di Surabaya menjadi puncak seluruh rangkaian kegiatan Fesyar 2019, yang sebelumnya juga digelar di Palembang (2-4 Agustus 2019) dan Banjarmasin (12-14 September 2019).

Dengan mengangkat tema “Sinergi Membangun Ekonomi Syariah Indonesia”, Fesyar Indonesia merupakan bagian dari kegiatan Road to Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2019 yang akan dilaksanakan di Jakarta pada 12-16 November 2019.

Pembukaan Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Indonesia di Surabaya, Rabu (6/11).
Pembukaan Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Indonesia di Surabaya, Rabu (6/11).

Menurut Dody, potensi ekonomi syariah nasional yang besar perlu didukung dengan strategi pengembangan ekonomi syariah yang fokus pada inovasi dan pencapaian kualitas yang lebih baik.

"Pagelaran Fesyar Indonesia diharapkan dapat memperkenalkan inisiatif dan inovasi ataupun terobosan di bidang ekonomi syariah dan menghadirkannya sebagai centre of excellence bagi lembaga–lembaga dalam payung Komite Nasional dan Keuangan Syariah (KNKS)," ujar Dody.

Fesyar Indonesia terdiri atas sharia forum dan sharia fair. Sharia forum merupakan rangkaian kegiatan seminar, workshop, dan diskusi ekonomi syariah tingkat nasional. Sementara itu, sharia fair menghadirkan showcase produk ekonomi dan keuangan syariah yang mencakup layanan halal, fesyen muslim, makanan halal, wisata halal, pertanian terintegrasi, serta mengangkat potret keberhasilan pesantren dalam membangun kemandirian ekonomi.

Fesyar Indonesia merupakan wajah baru dari pelaksanaan ISEF di daerah, yang telah terselenggara di Surabaya dalam lima tahun terakhir dan melahirkan beragam inisiatif yang menjadi rujukan nasional. Melihat keberhasilan tersebut, ISEF didorong untuk memasuki level yang berbeda dengan menjadi even yang tidak hanya fokus pada skala domestik, namun juga menyentuh level global dengan keterlibatan investor dan forum internasional syariah yang lebih luas.

"Fesyar Indonesia merupakan kegiatan bersama seluruh pihak yang memiliki keinginan kuat untuk berkolaborasi dalam mewujudkan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang lebih maju dan terdepan di Indonesia," pungkas Dody.

 

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA