Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Jajaran pimpinan Dekopin periode 2020-2024 saat diterima oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Kamis (23/1/2020).

Jajaran pimpinan Dekopin periode 2020-2024 saat diterima oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Kamis (23/1/2020).

Temui Gubernur Khofifah, Pengurus Dekopin Bahas Sinergi Pemberdayaan Ekonomi Rakyat

Mashud Toarik, Jumat, 24 Januari 2020 | 13:15 WIB

Jakarta, investor.id – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan mendukung program strategis Dewan Koperasi Nasional (Dekopin) dalam Kepengurusan Periode 2020 – 2024.

Dukungan ini disampaikan Khofifah saat menerima kunjungan Pengurus Dekopin yang dipimpin oleh Nurdin Halid selaku Ketua Umum Dekopin di Surabaya, Kamis (23/1/2020).

Dalam pertemuan itu Nurdin didampingi para wakil ketua umum (Waketum) Dekopin antara lain; Waketum Bidang Kelembagaan dan Keanggotaan Agung Sudjatmoko, Waketum Bidang Advokasi dan Komunikasi Raliansen Saragih, Waketum Bidang Penerapan Inovasi Koperasi Pedesaan, Koperasi Pariwisata, dan Koperasi Transportasi Ferry Yuliantono, serta Waketum Bidang Koordinator Wilayah dan Pengawasan Abdul Wahab Bangkona.

Nurdin menyampaikan, pertemuan yang berlangsung santai dengan jamuan makan malam di Rumah Dinas Gubernur Jatim ini Dekopin dan Gubernur Khofifah membahas banyak hal, mulai dari program strategis Dekopin lima tahun kedepan, kerja sama Dekopin dengan Pemprov Jatim untuk pemberdayaan ekonomi rakyat, hingga masalah dinamika gerakan koperasi di Jawa Timur.

Kendati begitu, kedatangan Pengurus Dekopin menurutnya bertujuan untuk meminta sekaligus menjajaki rencana pelaksanaan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) di Jawa Timur pada tahun 2021 mendatang. Adapun Harkopnas 2020 telah ditetapkan akan digelar di Sulawesi Utara.

Terkait itu, Gubernur Khofifah menurutnya secara spontan menyatakan kesiapan Jawa Timur sebagai Tuan Rumah Harkopnas 2021.

“Namun Ibu Gubernur tanya, apakah ada agenda nasional Dekopin dalam waktu dekat? Saya bilang Rapimnas. Beliau langsung bilang, Jawa Timur siap menjadi tuan rumah Rapimnas tersebut pada Februari 2020. Karena Beliau memang ingin memperhebat gerakan ekonomi rakyat Jawa Timur berbasis koperasi,” ujar Nurdin Halid dalam keterangan persnya, Jumat (24/1/2020).

Tak kalah penting, pertemuan itu juga membahas dan mencari jalan keluar permasalahan gerakan koperasi di Jawa Timur yang tidak menyetujui hasil Munas Dekopin yang sah yang diselenggarakan di Makassar, 11-14 November 2019.

“Setelah mendengar pemaparan kami, Ibu Gubernur pun menyatakan Jawa Timur mendukung kepengurusan Dekopin yang saya pimpin,” ujarnya.

Lebih jauh Khofifah berjanji akan membantu menyelesaikan masalah gerakan koperasi di Jawa Timur. Saat itu juga Khofifah memerintahkan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jatim Purnomo untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut.

Siap Bersinergi

Materi diskusi lainnya yang menarik dalam pertemuan sekitar dua jam tersebut ialah mengenai kerja sama program untuk memperbanyak lapangan kerja guna menyelesaikan masalah pengangguran serta pemberdayaan ekonomi rakyat melalui koperasi.

Nurdin Halid menyampaikan bahwa Dekopin melakukan perubahan mendasar dengan mengedepankan program riil untuk memperkuat bisnis dan organisasi koperasi yang modern dan profesional.

Menuurtnya Khofifah pun menyambut baik perubahan mendasar itu dan siap bekerja sama dengan Dekopin. Ia berharap Dekopin berkiprah lebih kuat lagi untuk membangun ekonomi rakyat. Gubernur menyatakan percaya dan yakin dengan pengalaman Nurdin Halid dan jajaran pimpinan yang baru Dekopin untuk membawa Dekopin lebih baik dan dirasakan kontribusinya bagi anggota.

“Beliau senang setelah kami memaparkan sejumlah langkah dan program strategis yang riil untuk pemberdayaan ekonomi rakyat di era digital. Dan, beliau bilang Jawa Timur siap bersinergi dengan Dekopin,” katanya.

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA