Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi Bisnis Online

Ilustrasi Bisnis Online

Tips Efektif Memilih Mobil Baru untuk Kebutuhan Keluarga

Senin, 11 Oktober 2021 | 15:20 WIB
Imam Suhartadi (imam.suhartadi@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Membangun keluarga kecil tentu membuat Anda harus siap memenuhi berbagai kebutuhan keluarga. Selain kebutuhan primer berupa pangan, sandang, dan papan, ada bermacam-macam kebutuhan lainnya yang patut dipenuhi, salah satunya mobil. Keberadaan mobil pribadi dapat mendukung rutinitas Anda, seperti bekerja, berbisnis, mudik, mengantar anak sekolah, dan rekreasi.

Kini, jenis mobil Sport Utility Vehicle (SUV) seperti Hyundai Palisade bisa menjadi pilihan yang tepat untuk keluarga. Meskipun desainnya diadaptasi dari mobil offroad, mobil SUV juga cocok bagi keluarga besar dan muatan barang berjumlah banyak. Jika Anda berencana membeli mobil SUV atau jenis lainnya dalam waktu dekat untuk kebutuhan keluarga, sebaiknya Anda menyimak beberapa tips berikut ini terlebih dahulu:

Memilih Mobil yang Kapasitasnya Memadai

Sebaiknya Anda memilih mobil dengan kapasitas besar untuk keluarga, terutama bila Anda memiliki keluarga besar dengan jumlah anggota keluarga yang banyak. Jangan sampai mobil yang terlalu kecil malah tidak bisa mengangkut semua anggota keluarga dan muatan barang lainnya.

Hal tersebut akan membuat keluarga Anda merasa kurang nyaman karena harus berdesak-desakan saat naik mobil atau menyusahkan Anda saat harus membawa barang dalam jumlah banyak.

Mengutamakan Mobil yang Hemat Bahan Bakar

Pada umumnya, mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan teknologi hemat bahan bakar. Teknologi tersebut sangat penting untuk menunjang kondisi finansial keluarga Anda. Sehingga nantinya Anda tak perlu menyisihkan banyak uang hanya untuk biaya bahan bakar mobil.

Penggunaan mobil yang hemat bahan bakar sangat efisien bagi Anda yang sering menempuh perjalanan jauh. Oleh sebab itu, jangan malas mencari tahu tentang penggunaan bahan bakar pada mobil baru tertentu sebelum Anda memutuskan membelinya.

Mempertimbangkan Desain Interior Mobil yang Nyaman

Jarak antar tempat duduk di mobil harus cukup besar agar seluruh anggota keluarga leluasa bergerak ketika berada di mobil. Di samping itu, kenyamanan interior mobil juga dipengaruhi oleh kualitas AC serta sabuk pengaman untuk setiap kursi. Alangkah lebih baik jika Anda memilih mobil keluarga dengan fitur AC double blower supaya rasa sejuk AC dapat menyebar secara merata.

Memprioritaskan Tipe Mobil Favorit

Mungkin Anda sedang tergoda membeli mobil keren dari merek dan tipe yang jarang digunakan masyarakat. Namun, sebaiknya Anda mengurungkan niat tersebut. Sebagai gantinya, pilihlah mobil yang lazim digunakan banyak orang.

Selain harga jual kembali (dalam kondisi second) yang relatif tinggi, Anda pun tak akan kesulitan mencari spare part mobil tersebut. Karena biasanya sparepart tipe mobil favorit sangat mudah ditemukan dan harganya cukup terjangkau.

Mengutamakan Fasilitas Servis yang Mudah Dijangkau

Memiliki mobil keluarga juga tak lepas dari urusan servis. Anda wajib melakukan servis mobil secara berkala untuk menjaga performa mesin mobil. Pilihlah merek mobil yang terbukti memiliki service after sales memuaskan.

Lokasi servis resmi yang tersebar di berbagai tempat dan mudah dijangkau akan mendukung kelancaran servis mobil Anda. Sehingga Anda tak perlu repot menyiapkan banyak waktu dan tenaga untuk menempuh jarak jauh demi servis mobil berkala.

Menghindari Tipe Mobil yang Paling Murah

Keterbatasan dana mungkin membuat Anda tergiur membeli mobil dengan tipe paling murah. Sayangnya, mobil dengan tipe termurah biasanya tidak memiliki fitur yang lengkap, misalnya tidak memiliki airbag, tidak dilengkapi AC double blower, dan berbagai kekurangan lainnya.

Hal tersebut membuat Anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk menyempurnakan fitur mobil. Jadi, alangkah lebih baik jika Anda menyiapkan dana lebih banyak demi mendapatkan mobil yang fiturnya sudah lengkap dan siap dikendarai.

Memperhatikan Sistem Keamanan Mobil

Sistem keamanan mobil juga patut menjadi pertimbangan penting saat memilih mobil keluarga. Anda harus memastikan bahwa mobil pilihan Anda dilengkapi berbagai sistem keamanan mobil, misalnya airbag dan Anti-lock Braking System (ABS), sensor parkir, dan Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Fitur-fitur keamanan tersebut akan mendukung keamanan berkendara Anda dan meminimalkan risiko kecelakaan, khususnya saat Anda akan menempuh perjalanan jauh bersama seluruh anggota keluarga.

Menentukan Sistem Transmisi Mobil yang Tepat

Ada dua jenis sistem transmisi yang bisa Anda pilih saat hendak membeli mobil keluarga, yaitu transmisi manual dan matic. Mobil dengan transmisi manual lebih aman dikendarai dan biaya perawatannya lebih terjangkau tetapi agak melelahkan untuk menempuh perjalanan jauh.

Sebaliknya, mobil dengan transmisi matic nyaman dikendarai untuk menempuh perjalanan jauh atau jalanan macet tetapi biaya perawatannya lebih mahal dan proses perawatannya agak rumit.

Perbedaan tersebut membuat Anda harus lebih cermat menentukan sistem transmisi mobil berdasarkan kebiasaan mengemudi dan kenyamanan Anda.

Kini bisa membeli mobil melalui Blibli dengan proses yang mudah seperti membeli produk-produk lainnya. Ada berbagai tipe mobil baru di Blibli yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan keluarga. Jangan lupa mencermati spesifikasi mobil tersebut sebelum menentukan pilihan.

Anda juga patut menyiapkan dokumen pribadi seperti fotokopi KTP dan fotokopi KK untuk memperlancar proses administrasi saat membeli mobil. Bersama Blibli, beli mobil baru untuk keluarga jadi lebih praktis dan menyenangkan.



 

Editor : Imam Suhartadi (imam_suhartadi@investor.co.id)

BAGIKAN