Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
INEOS Luncurkan Kampanye Hidrogen

INEOS Luncurkan Kampanye Hidrogen

INEOS Luncurkan Kampanye Hidrogen

Kamis, 21 Oktober 2021 | 21:06 WIB
Imam Suhartadi (imam.suhartadi@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - INEOS, operator elektrolisis terbesar di Eropa yang dibutuhkan untuk memproduksi hidrogen yang bersih dan rendah karbon, telah menggandakan investasinya sebesar 2 miliar euro ke dalam program hidrogen ramah lingkungan dengan meluncurkan kampanye dukungan untuk penggunaan hidrogen.

Kampanye tersebut dimulai dengan penerbitan editorial yang powerful di Sunday Telegraph mengenai ekonomi hidrogen yang ditulis oleh Sir Jim Ratcliffe, sang pendiri dan pemimpin INEOS.

Selanjutnya pada hari ini digelar kampanye multimedia secara nasional yang meliputi iklan di billboard dan iklan digital serta tur dan pameran bus hidrogen di Glasgow, tuan rumah konferensi COP26.

“Kami meyakini hidrogen adalah bahan bakar masa depan dan INEOS bertekad untuk mengambil peran terdepan dalam pengembangan bahan bakar ini. Ketika digunakan di dalam bahan bakar sel, hidrogen hanya menghasilkan air dan ini adalah peluang terbaik bagi Inggris untuk mencapai target penurunan karbon,.” kata Jim.

INEOS Automotive juga menjajaki peluang baru dalam ekonomi hidrogen, dengan mendemonstrasikan bahan bakar sel hidrogen di mobil Grenadier 4x4 yang sedang dalam tahap pengembangan.

Hidrogen adalah sumber energi bersih yang luar biasa dan dapat digunakan sebagai bahan baku industri maupun sebagai sumber energi untuk transportasi dan rumah tangga. Hidrogen memiliki peran besar dalam menurunkan emisi gas rumah kaca di Inggris dan INEOS berkomitmen untuk memainkan peran penting dalam revolusi hidrogen.

INEOS adalah operator elektrolisis terbesar yang ada di Eropa. Elektrolisis adalah teknologi penting yang menggunakan energi yang dapat diperbarui untuk menghasilkan hidrogen bagi keperluan pembangkit listrik, transportasi, dan industri.

INEOS telah memproduksi dan menggunakan 400.000 ton hidrogen rendah karbon setiap tahun, yang setara dengan penggunaan hingga 2 miliar liter bahan bakar diesel. INEOS mengetahui cara membuat, mengangkut, menyimpan, dan menggunakan hidrogen.

Selaku pengguna sekaligus produsen hidrogen, INEOS berada pada posisi yang unik di jantung pengembangan hidrogen ramah lingkungan. Dan perusahaan ini telah mengumumkan komitmennya untuk menginvestasikan 2 miliar euro untuk memproduksi hidrogen ramah lingkungan yang baru di seluruh Eropa.

Perusahaan ini juga meluncurkan kampanye dukungan terhadap hidrogen dalam skala besar untuk menarik perhatian publik tentang manfaat maupun penerapan hidrogen. Kampanye ini meliputi iklan billboard dan iklan digital dalam skala besar di London dan Glasgow, tur bus hidrogen Inggris, serta pameran mobil bertenaga hidrogen di konferensi COP 26.

Jim mengatakan, mobil listrik ideal untuk penggunaan di pusat kota dan perjalanan jarak dekat. Tetapi hidrogen jauh lebih baik untuk perjalanan yang lebih jauh dan beban yang lebih berat dan dibutuhkan investasi segera di sektor distribusi hidrogen dan stasiun pengisian bahan bakar hidrogen.

Divisi INEOS Automotive di perusahaan ini juga mendukung penggunaan bahan bakar sel hidrogen sebagai solusi bahan bakar yang bersih untuk mobil 4X4 mereka yang sedang dikembangkan. Berkat perjanjian kemitraan yang ditandatangani pada bulan November 2020 lalu, mobil konsep Grenadier yang menggunakan bahan bakar sel hidrogen akan menggunakan teknologi bahan bakar sel dari Hyundai Motor Company, dengan pengujian yang akan dimulai pada akhir 2022.

Dalam jangka panjang, kontribusi hidrogen yang masif terhadap penurunan gas rumah kaca adalah di sektor pemanas rumah dengan menggantikan gas alam sehingga dapat mengurangi gas rumah kaca sampai sepertiganya.

Sedapat mungkin, INEOS akan terus memprioritaskan produksi hidrogen ramah lingkungan berbahan baku air dengan menggunakan elektrolisis bertenaga energi terbarukan. Tetapi perusahaan ini juga berinvestasi dalam produksi hidrogen biru di mana karbon yang dihasilkan dapat ditangkap dan disimpan dengan aman di bawah tanah.

“Masalahnya adalah industri hanya dapat bertindak sejauh kemampuannya, dan pemerintah Inggris harus mulai berinvestasi dalam pengembangan infrastruktur hidrogen kita sehingga penggunaan gas ini semakin meluas. Saat ini, kita sudah tertinggal jauh di belakang Eropa dan kesenjangan mulai tumbuh,” kata Jim.

 

 

 

Editor : Imam Suhartadi (imam_suhartadi@investor.co.id)

BAGIKAN