Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Hino Bus R260 di booth Hino GIIAS 2021. (ist)

Hino Bus R260 di booth Hino GIIAS 2021. (ist)

HASIL UJI DI TOL TRANS JAWA

Teknologi Hino Jaga Mesin Tetap Ganas meski Digeber Terus

Kamis, 18 November 2021 | 18:49 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

TANGERANG, Investor.id – Hino, pemain bus dan truk papan atas Indonesia, memiliki teknologi jitu menjaga performa mesin tetap ganas, meski digeber terus. Hal ini dibuktikan dalam pengetesan bus Hino di Tol Trans Jawa.

Santiko Wardoyo, COO-director PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), menuturkan, mesin bus Hino dirancang untuk beroperasi di segala jalan dan operasional, termasuk di Tol Trans Jawa. Berdasarkan hasil uji coba di tol ini dengan rute Jakarta-Surabaya (PP), dengan kondisi kecepatan operasi di atas 100 kilometer per jam (kpj) terus-menerus, mesin bus Hino sangat mumpuni dan tetap stabil. 

Temperatur oli mesin dan rata-rata oli di mesin, kata dia, hampir sama atau tidak ada pengurangan, dan jauh dari batas titik nyala oli ( ±230°C ). Laju pendinginan radiator bus Hino, baik RN 285 dan R260, berkisar 25-30°C. Ini menunjukan hasil yang lebih baik dari laju pendinginan radiator merek lain yang hanya berkisar 10°C, walaupun mesin Hino memiliki kuantitas oli yang lebih sedikit, dan melaju dengan kecepatan tinggi secara terus menerus di Tol Trans Jawa.

“Yang terpenting dari tes ini, Hino Bus RN 285 & R 260 mendapatkan hasil konsumsi bahan bakar yang lebih baik, berkisar 11% untuk Hino Bus R 260  dan Hino Bus RN 285 di angka 7%. Dari sisi biaya operasional, perbandingan biaya ganti oli selama satu tahun juga lebih hemat, seperti Hino Bus R260 sebesar 78% bila dibandingkan merek lain,” kata dia dalam talkshow di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), ICE, BSD City, Tangerang, Banten, Rabu (17/11/2021).

Irwan Supriyono, after sales director HMSI, menambahkan, Hino memiliki lubang pelumasan pada oil gallery untuk mendinginkan piston. Ini akan meningkatkan efisiensi pendinginan dibandingkan dengan tipe piston tanpa oil gallery.

Di piston dengan cooling gallery, dia menyatakan, 50% panas dari piston akan ditransfer ke minyak pelumas. “Jadi, kualitas minyak pelumas memainkan peran penting seperti memiliki lebih sedikit deposit dan ketahanan oksidasi yang tinggi seperti HGO,” ujar Irwan Supriyono, after sales director HMSI.

Dia menyatakan, setiap mesin membutuhkan oli untuk bekerja dengan baik. Oli merupakan elemen penting untuk sebuah mesin, baik sintetis, semi-sintetis, atau mineral.

Prinsipnya, kata dia, semua jenis oli mesin berperan besar untuk mesin, seperti untuk daya tahan tinggi, menghasilkan performa maksimal, serta menghasilkan konsumsi bahan bakar yang rendah dan emisi gas buang yang baik. Peran utama oli mesin adalah untuk melumasi bagian-bagian mesin yang mengalami gesekan konstan. Di samping itu, oli memiliki fungsi untuk pembersihan.

Dia menambahkan, deposit mikroskopis akan menumpuk di mesin yang terdiri atas debu atau sisa pembakaran. Tanpa oli mesin yang berkualitas, residu akan menyumbat mesin dan menurunkan performanya. Aliran oli mesin secara terus-menerus membawa kotoran ini ke filter oli, tempat kotoran tersebut terperangkap.

Oli, demikian Irwan, berfungsi mendinginkan. Energi yang hilang melalui pembakaran dan gesekan antara bagian mekanis menyebabkan suhu mesin naik. Bagian pelumasan yang disediakan oleh oli mesin membantu melepaskan panas melalui sirkuit pelumasan. Hal ini membantu fungsi pendingin, yang mendinginkan bagian-bagian tertentu dari mesin. Selain itu, oli turut sebagai pelindung dari karat.

Dia menilai, pembakaran bahan bakar menghasilkan asam korosif yang dapat merusak bagian logam di mesin. Dengan aditif yang ditambahkan ke oli mesin modern, korosi bisa diperlambat. Selain itu, permukaan yang terlapisi membuat gesekan yang terjadi menjadi sangat minim. Ini akan mencegah mesin cepat aus, sehingga bisa digunakan lebih lama, karena komponennya lebih awet.

Pelumas berkualitas tinggi, kata dia, terbuat dari base oil dan aditif berkualitas tinggi. Hino Genuine Oil (HGO) sudah mengandung komponen aditif yang lengkap untuk kendaraan. Terdapat sembilan komponen aditif Hino Genuine Oil, seperti friction modifier untuk melapisi permukaan logam dan mengurangi gesekan. Oiliness agent yang memperkuat lapisan film pada oli dan anti wear mencegah keausan dan kerusakan pada komponen.

Oli asli Hino, dia melanjutkan, juga dilengkapi anticorossion untuk menjaga komponen tidak mudah korosi, serta antioksidan yang mencegah oksidasi dan memperpanjang umur oli. Pada Hino Genuine Oil terdapat juga detergents dan dispersants yang menjag mesin tetap bersih. Sementara itu, viscosity index improver di oli ini menjaga stabilitas viskositas, antifoaming agents mencegah pembentukan gelembung busa, dan pour point depressant mempertahankan fluiditas pada suhu dingin

“Dampak oli mesin berkualitas rendah adalah membuat komponen lecet, engine noise, dan daya tahan buruk, sehingga biaya pemeliharaan tinggi. Untuk itu, kami hadirkan HGO yang sudah mengandung komponen aditif lengkap untuk kendaraan bisnis customer, dan pastikan selalu menggunakan Hino Genuine Oil agar bisnis lebih efisien,” ujar Santiko.

 

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN