Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi mobil terendam banjir. ( Foto: Istimewa )

Ilustrasi mobil terendam banjir. ( Foto: Istimewa )

Perhatikan Risiko Kerusakan pada Mobil Selama Pandemi

Selasa, 23 November 2021 | 15:10 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Selama masa pandemi Covid-19, para pemilik kendaraan perlu mengetahui risiko-risiko yang muncul, yaitu berkurangnya penggunaan kendaraan karena menurunnya mobilitas atau aktivitas dan risiko umum, seperti banjir di musim hujan yang kerap terjadi menjelang akhir tahun.

Oleh sebab itu diperlukan kesadaran dari pemilik kendaraan untuk memahami pentingnya merawat kendaraan secara berkala demi kenyamanan dalam jangka waktu yang panjang, serta melengkapinya dengan proteksi asuransi kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko setiap pengguna. Demikian diungkap dalam kegiatan webinar Allianz Indonesia yang mengusung tema “Cintai Keluarga & Cintai Bumi”.

Dalam webinar yang digelar 18 November, Allianz Indonesia berbagi informasi tentang pentingnya merawat kendaraan agar tetap aman dan nyaman, serta terhindar dari beragam risiko kerusakan yang kemungkinan terjadi, baik untuk jangka panjang maupun untuk jangka pendek.

Menurut Fitra Eri, jurnalis otomotif yang menjadi narasumber kegiatan webinar, terdapat langkah-langkah preventif untuk merawat kesehatan mobil.

“Mengingat mobil memang dirancang sebagai benda bergerak, yang apabila tidak digunakan dalam jangka waktu panjang akan mengakibatkan beberapa bagian tidak bisa berfungsi secara optimal. Rem tangan, oli dan aki mobil menjadi salah satu di antara bagian terpenting mobil lainnya. Untuk itu, apabila ingin memarkirkan mobil dalam jangka waktu yang lama, sebisa mungkin hindari untuk menggunakan rem tangan, atur perseneling agar tetap dalam kondisi gigi yang stabil, serta pastikan untuk selalu parkir di lokasi yang datar,” ujar dia.

Allianz Indonesia mengajak nasabah dan pemilik kendaraan untuk tetap memprioritaskan perawatan kendaraan melalui webinar yang diisi oleh Jurnalis Otomotif, Fitra Eri  (kanan atas); Chief Operating Officer Allianz Utama Indonesia, Patrecia Yuriske  (kiri bawah) dan Head of Claims Management Allianz Utama Indonesia, Ignatius Hendrawan  (kanan bawah) sebagai rangkaian program Cintai Keluarga & Cintai Bumi. ( Foto: Istimewa )
Allianz Indonesia mengajak nasabah dan pemilik kendaraan untuk tetap memprioritaskan perawatan kendaraan melalui webinar yang diisi oleh Jurnalis Otomotif, Fitra Eri (kanan atas); Chief Operating Officer Allianz Utama Indonesia, Patrecia Yuriske (kiri bawah) dan Head of Claims Management Allianz Utama Indonesia, Ignatius Hendrawan (kanan bawah) sebagai rangkaian program Cintai Keluarga & Cintai Bumi. ( Foto: Istimewa )

Selain itu, lanjutnya, dapat juga menggunakan jack stand – berupa sandaran mobil dengan empat sisi pada setiap roda – agar ban tidak akan menyentuh permukaan jalan. Hal ini mampu memberikan ketahanan yang lebih lama pada usia ban.

Fitra menambahkan bahwa aki mobil dapat bertahan ketika mobil tidak bergerak, namun ini tergantung dari beberapa hal, yaitu pertama kondisi aki mobil tersebut. Sedangkan yang kedua, adalah tipe mobilnya sendiri.

Di samping itu, tak sebatas pada perawatan yang layak. Guna melindungi mobil dari beragam risiko yang mungkin terjadi maka asuransi kendaraan menjadi proteksi yang bisa memberikan ketenangan hati dan pikiran setiap saat.

Head of Claims Management Allianz Utama Indonesia, Ignatius Hendrawan pun menyampaikan soal perlindungan dan perluasan manfaat asuransi kendaraan dari Allianz Utama, yaitu Allianz Mobilku.

“Para pemilik dan pengguna kendaraan yang melengkapi proteksi kendaraannya dengan Allianz Mobilku bisa mendapatkan beberapa manfaat dan keuntungan, di antaranya dari layanan klaim asuransi mobil Allianz Utama yang mendapatkan rating 'Sangat Puas' atau 5 Star Claim Rating dari nasabah. Rating nilai kepuasan nasabah tersebut diperoleh berdasarkan survei yang dilakukan terhadap nasabah asuransi kendaraan Allianz Utama, pada Agustus – September 2021, dari sisi kemudahan dan kecepatan pengajuan klaim, pelayanan staf terhadap nasabah, transparasi dan kejelasan informasi tentang proses klaim, serta kesesuaian jumlah klaim yang dibayarkan,” kata Hendrawan dalam keterangan pers.

Sejak Agustus 2021, Allianz Utama telah menerapkan VOC (Voice Of Customers) yaitu suatu inisiatif dan sistem untuk meningkatkan customer experience, dari sisi layanan dan solusi atas pertanyaan nasabah.

“Sejak diterapkannya VOC, nasabah diminta untuk memberikan feedback segera setelah melakukan kontak terhadap Allianz, dan perusahaan fokus pada penyelesaian menyeluruh atas feedback nasabah dengan memberikan proses yang lebih efektif dan mudah,” tambah Hendrawan.

Ilustrasi mobil sedang menjalani pemeriksaan pada mesin. ( Foto: Istimewa )
Ilustrasi mobil sedang menjalani pemeriksaan pada mesin. ( Foto: Istimewa )

Hendrawan menuturkan, saat pemilik atau pengguna kendaraan dihadapkan pada dua risiko yang telah dijelaskan sebelumnya, tentu saja semua manfaat yang diberikan dari Asuransi Kendaraan Allianz Mobilku diharapkan akan menjadi nilai tambah bagi nasabah, karena akan sangat membantu proses klaim, memberikan kenyamanan dan ketenangan serta mengurangi beban di saat pandemi.

Sementara itu, Allianz Indonesia juga mengajak nasabah untuk terus memberikan rasa cinta terhadap keluarga dan diri sendiri, melalui perlindungan asuransi yang optimal serta melestarikan bumi dengan memaksimalkan penggunaan layanan digital.

“Sebagai wujud nyata kepedulian Allianz dalam melindungi generasi penerus dan menyelematkan bumi, selama program Cintai Keluarga & Cintai Bumi berlangsung, Allianz akan menanam 1 pohon untuk setiap 1 polis elektronik yang terbit,” ujar Chief Operating Officer Allianz Utama Indonesia, Patrecia Yuriske.

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN