Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Mitsubishi New Xpander di proving ground Bridgestone, Karawang, Jawa Barat. (ist)

Mitsubishi New Xpander di proving ground Bridgestone, Karawang, Jawa Barat. (ist)

TAMPILAN MEWAH, TARIKAN “JOS”

Senjata New Xpander Serang All New Veloz dan Avanza Besutan Astra

Kamis, 25 November 2021 | 15:21 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - Mitsubishi Xpander sudah wara-wiri di jalanan Indonesia sejak2017, dengan total populasi sekitar 210 ribu unit. Mobil ini adalah senjata yang membuat Indonesia menjadi basis produksi sekaligus pasar terbesar Mitsubishi Motors Corporation (MMC), pabrikan otomotif kondang Jepang.

Kini, di tahun 2021, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), sayap bisnis dan distributor mobil MMC di Indonesia, melepas New Xpander. Mobil ini hadir dengan penyempurnaan di bagian eksterior, interior, hingga sistem penerus tenaga. Hasilnya, New Xpander terlihat lebih mewah dan agresif. Ini bisa menjadi senjata untuk menyerang Toyota All New Avanza dan All New Veloz besutan Grup Astra, penguasa pasar mobil domestik.

Kesan itu langsung didapatkan Investor Daily ketika menjajal langsung New Xpander Ultimate, tipe tertinggi, di proving ground Bridgestone, Karawang, Jawa Barat, belum lama ini. Tak ayal lagi, dengan perubahan ini, Xpander berpotensi masih bisa menggigit lawan di segmen terseksi Tanah Air, kendaraan multiguna bawah alias low multpurpose vehicle (LMPV).

Sebelum bicara sensasi menunggangi New Xpander rakitan Cikarang, Jawa Barat, mari kita cermati pembaruan di luar dan interior. Ini adalah kata kunci untuk membuktikan New Xpander memang lebih mewah dibanding versi lawas, bahkan pesaing.

Kita lihat tampang depannya dahulu. Wajah New Xpander lebih mancung dibandingkan versi sebelumnya, sekilas mirip Pajero Sport. Ini merupakan konsekuensi dari bahasa desain kebesaran Mitsubishi, Dynamic Shield, yang memang sudah dipasang di mobil-mobil anyar.

Pembaruan eksterior terdapat pada bemper depan, lalu lampu utama yang kini memakai LED. Yang bikin garang adalah motif sarang tawon grille radiator. Gaya ini biasa diaplikasikan di mobil SUV. Bentuk lampu utama juga memukau, karena berbentuk T dan rumahnya lebih lebar dibandingkan versi lawas. Gaya ini sangat cocok dengan ,lampu DRL LED dan berpadu manis dengan grille. Under guard masih terpasang yang menaungi lampu kabut berbentuk bulat.

Di belakang, New Xpander terlihat manis dengan lampu belakang LED berbentuk T. Dari samping, ada garnish anyar di bagian bawah. Pelek 17 inci dua warna, hitam dan silver, membuat kesan mewah kian menyeruak.

Kemewahan juga terpancar saat masuk mobil. Ada bahan soft touch di door trim dan dasbor. Kabin terasa luas dengan total 19 ruang penyimpanan, serta pilihan konfigurasi kursi terbaik di kelasnya, yang memberikan kemudahan dan utilitas maksimal.

Pembaruan interior New Xpander sangat banyak, yakni desain dasbor baru berbentuk axis bermateria lembut, warna dan aksen coklat gelap dari sebelumnya beige, dan panel AC digital. Kemudian, sistem hiburan layar sentuh delapan inci yang bisa dengan smartphone linked display audio (SDA), lalu panel meter baru dengan animasi saat awalan, desain lingkar kemudi anyar yang sangat nyaman di tangan.

Selanjutnya, hal baru lain adalah garnish AC baris kedua, panel door trim material lembut, desain kursi tiga dimensi, konsol tengah dan tempat penyimpan kartu, sandaran tangan dengan tempat penyimpanan gelas, konsol tengah dengan sandaran tengah, soket USB belakang di konsol depan, tombol start stop, dan cruise control.

Sensasi Berkendara

Kelar mencermati detail-detail pembaruan di mobil ini, Investor Daily menekan tombol start/stop dan mesin pun menyala. Suasana terasa hening, berkat sistem peredaman prima. Oke, mari kita injak pedal gas. Xpander anyar mulai melaju dengan mulus. Responsnya jelas lebih baik ketimbang versi lawas yang terus terang, agak “lemot'.

Kenapa bisa begitu? Di sinilah pembaruan MMC mengeluarkan tajinya. Di New Xpander, MMC menyematkan transmisi CVT yang memberikan keseimbangan terbaik antara akselerasi maksimal dan tajam layaknya transmisi AT delapan percepatan. CVT ini juga menopang efisiensi bahan bakar, kerapatan, serta perpindahan yang mulus.

New Xpander asyik dibawa berselancar di trek Bridgestone. Memang tidak terlalu buas, tetapi cukup untuk sesosok LMPV dan lebih agresif ketimbang model lawas. Mobil sedikit digeber sebelum masuk tikungan pertama arah jarum jam. Kemudian, rem sedikit sebelum masuk tikungan dan gas lagi begitu masuk.

Wow, handling New Xpander ajib. Tak ada gejala limbung. Mobil ini stabil saat masuk tikungan dengan sedikit kick down pedal gas. Lepas dari situ, ada trek lurus sekitar 1 kilometer. Tak pelak lagi, gas lebih dalam. Tenaga mesin 1.5L MIVEC DOHC, 16 katup, Euro4, 105 PS pada 6.000 RPM dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm, merayap ke CVT, lalu diteruskan ke roda depan.

New Xpander melaju dari 60 kilometer per jam (kpj) ke 80 kpj, naik lagi ke 100 kpj, dan menyentuh kecepatan puncak 140 kpj. Di sebelah kiri, ada petunjuk jarak masuk tikungan. Mobil direm menjelang 150 meter tikungan kedua. Kemudian, mobil masuk tikungan curam dengan kecepatan sekitar 60 kpj. Sensasinya masih asyik. Mobil ini anteng, sehingga keluar dari tikungan bisa dibetot lagi. Lalu, ada tikungan cepat di depan, rem sedikit dan gas lagi, sebelum masuk ke titik awal.

Memasuki lap kedua, Investor Daily ingin merasakan kelembutan kaki-kaki New Xpander. Selama ini, Xpander dikenal sebagai LMPV dengan suspensi terlembut dan nyaman di kelasnya. Ini menjadi kartu truf Xpander untuk menghajar sejumlah rival.

Momen ini tiba di lintasan panjang sehabis tikungan pertama. Di jalur paling kanan, ada jalanan rusak dan bergelombang. Mobil ini langsung dibanting ke kanan. Gas diinjak setengah lebih dan Xpander anyar tetap nyaman di jalanan berpasir. Di depan ada jalanan bergelombang. Gas tetap diinjak dan Xpander menggelinjang dengan mulus. Tak ada bunyi “jedak-jeduk” dan gejala mobil ingin ambruk. Handling tetap terjaga dan kenyamanan hanya sedikit berkurang. Wajar, mengingat medannya memang sangat menantang.

Memasuki lap ketiga, Xpander baru dites melewati jalan beton. Sensasinya masih sama. Lembut, kendati ada suara karet bergesekan dengan ton dengan level wajar.

Tiga lap berlalu dan sampailah kita pada kesimpulan New Xpander lebih nyaman dan agresif dibandingkan pendahulunya. Kenyamanan meningkat, berkat perbaikan kualitas suspensi dan shock absorber melalui tuning terbaru. Ini menghasilkan pengendalian dan stabilitas yang lebih nyaman untuk pengendaraan yang lebih stabil di jalan yang kasar.

Keunggulan ini ditunjang dengan ground clearance dan visibilitas yang baik untuk mendukung pengendaraan di beragam medan. Kekedapan kabin juga ditingkatkan dengan mengoptimalkan insulasi suara untuk memberikan rasa nyaman berkendara dan selama diperjalanan.

Sementara itu, dari sisi performa, di Xpander lawas, ada jeda yang lumayan panjang bagi tenaga untuk sampai ke roda. Alhasil, mesin meraung kencang untuk membawa mobil ini melaju. Ini dijawab dengan tansmisi CVT New Xpander yang bisa mereduksi masalah itu.

Hanya saja, respons mesin sedikit lama di putaran tengah. Namun, ini bukan masalah, mengingat Xpander sejatinya adalah mobil keluarga nyaman dengan tampilan mewah nan sporty ala SUV, segmen di mana Mitsubishi cukup berjaya.

Fitur keselamatan New Xpander juga melimpah dan unggulan, seperti dual SRS airbags, struktur RISE body, seatbelt dengan ELR tiga titik, isofix child seating fixing bar, new speed sensitive automatic door lock, n,ew electric parking brake with brake autohold, ASC, ABS-EBD dengan BA, ESS, hill start assist (ASC, BA dan HSA, dilengkapi mulai dari varian GLS hingga Ultimate CVT).

“Segala pengembangan dan penyegaran baru yang dibenamkan pada New Xpander, melengkapi berbagai keunggulan yang telah disematkan pada model sebelumnya,” tulis manajemen MMKSI.

New Xpander hadir dalam empat varian, GLS, Exceed, Sport, dan Ultimate. Harganya berkisar Rp 228,3-272,58 juta dengan insentif PPnBM 0%, sedangkan harga normal tanpa insentif Rp 249,9-299,7 juta.

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN