Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Toyota All New Veloz. (dok. PR)

Toyota All New Veloz. (dok. PR)

HASIL TEST DRIVE TOYOTA ALL NEW VELOZ

Canggih, Mewah, Liar

Selasa, 21 Desember 2021 | 14:24 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - Toyota All New Veloz menggebrak pasar mobil domestik saat dirilis November 2021, lantaran berubah total dibandingkan generasi sebelumnya. Hasilnya, All New Veloz yang kini diproduksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) lebih canggih, mewah, dan liar.

Kesan itu didapatkan dari hasil test drive All New Veloz yang digelar PT Toyota Astra Motor (TAM) di Bali, belum lama ini. Dengan semua perubahan itu, All New Veloz memiliki senjata mematikan untuk melumpuhkan para rival di segmen kendaraan multiguna bawah (low multipurpose vehicle/LMPV).

Dalam kesempatan itu, Investor Daily menjajal tipe tertinggi Veloz Q CVT TSS (Toyota Safety Sense) berkelir putih. Sebelum mengetes, perhatian langsung tertuju pada penampilan Veloz anyar yang menawan.

Veloz mengusung konsep desain kesan kokoh, tangguh, dan agresif, terpancar pada kap mesin yang tinggi, bagian dari konsep new distinctive front look. Ini dipadu dengan grille radiator berbentuk trapesium dengan logo Toyota di tengah. Ada sejumlah lekukan hitam di grille, sehingga membuat Veloz garang.

Bentuk lampu utama Veloz lebih besar dari saudaranya All New Avanza, sehingga terlihat lebih mewah. Di samping lampu utama, ada lampu sein berteknologi LED dan lampu kabut yang dinaungi aksen krom.

Hal keren lainnya adalah garis krom yang membentang dari depan, samping, hingga ke belakang dan berada tepat di bawah jendela. Garis ini seakan menghubungkan grille, lampu depan, dan bodi samping mobil. Adapun new side stone guard yang tidak hanya melindungi bodi samping, tetapi juga memperkuat kesan tangguh. All New Veloz Q CVT dan CVT TSS memakai pelek 17 inci dan new foot lamp di bawah kaca spion samping untuk membantu penerangan di area gelap.

Di belakang, terdapat progressive rear combination lamp with full backdoor lamp untuk membuat tampilan lebih modern dan lebar. Ini dipertegas sturdy rear bumper yang dibentuk sedemikian rupa untuk menonjolkan kesan agresif dan tangguh dari sebuah crossover.

Toyota All New Veloz. (dok. PR)
Toyota All New Veloz. (dok. PR)

Masuk ke kabin depan, mata langsung tertuju ke dasbor berdesain premium dengan beberapa material lembut (soft touch). Di tengah dasbor, ada layar hiburan berukuran 9 inci yang bisa terkoneksi dengan ponsel pintar. Di konsol tengah, Veloz anyar dibekali pengecasan ponsel tanpa kabel, bak mobil-mobil premium besutan Toyota.

Sudah tak ada lagi tuas rem parkir konvensional, digantikan dengan sistem elektronik. Jadi, tinggal pencet dan rem langsung bekerja. Terdapat tombol untuk menghidupkan dan mematikan mobil, serta fitur AC otomatis. Ada sandaran tangan di depan, seperti layaknya mobil-mobil zaman sekarang.

Tepat di depan pengemudi, ada layar MID berukuran 7 inci yang memuat informasi penting mengenai status kendaraan. Lingkar kemudi teras nyaman lantaran dibalut kulit. Ada beberapa kontrol di lingkar kemudi untuk audio dan MID. Posisi setir bisa diatur sesuai keinginan pengemudi berkat sistem tilt dan telescopic steering. Ada tombol mode berkendara, yang bisa dipilih sesuai jenis medan.

Sensasi Berkendara  

Kelar membedah eksterior dan interior, Investor Daily memutuskan menjajal mobil ini di rute Kintamani-Ubud. Masukkan transmisi ke D dan Veloz anyar meluncur mulus. Kesan pertama, mobil terasa mantap dan menapak di aspal. Distribusi tenaga terasa halus berkat transmisi CVT.

Injak gas lagi untuk merasakan sensasi mesin 1.500 cc 2NR-VE yang menghasilkan tenaga 106 PS dan torsi 14 Kgm. Di depan ada tikungan lumayan tajam, injak rem sedikit dan masuk dengan cepat. Mobil tidak goyang dan seakan masih bisa dimaksimalkan lagi.

Keluhan yang ada di sosok Veloz lama hilang berkat perubahan radikal di suspensi dan sistem penggerak dari roda belakang ke depan. Suspensi Veloz baru mengoptimalkan geometri depan dan belakang serta karakteristik spring rate dan damper. Performa ini juga ditopang perubahan sistem penggerak dari roda belakang ke depan. Pusat gravitasi juga berada tepat di tengah, sehingga mobil enak diajak masuk tikungan.

Sementara itu, platform baru all front engine–front wheel drive (FF) memberikan stabilitas pengendalian yang prima dan kenyamanan berkendara. Ini diperkuat dengan dimensi bodi lebar dan jarak sumbu roda yang panjang.

Rombongan kemudian masuk ke daerah yang marak tanjakan. Ini bukan masalah, tingga oper transmisi ke putaran bawah dan Veloz kuat menanjak. Kalaupun mobil mendadak berhenti di jalan, ada fitur hill start assist yang membantu menghadapi medan ini.

Lepas dari jalan berliku, rombongan masuk ke kawasan permukiman yang didominasi trek lurus. Waktunya mengetes mode berkendara Veloz. Tinggal tekan saja tombol drive mode sekali dan muncul mode power di MID. Wow, Veloz langsung terasa lebih liar, beda jauh dari Avanza dan kompetitor. Putaran mesin bergerak dengan cepat, mendorong mobil terus melaju. Ini menjadi fitur kunci yang mengerek tarikan Veloz baru.

Tak terasa, rombongan akhirnya tiba di sebuah kafe kecil di kawasan Ubud untuk beristirahat. Setelah istrahat sejenak, rombongan meneruskan perjalanan ke Maya Ubud. Di kesempatan ini, Investor Daily menjajal baris kedua. Kabin baris kedua terasa lapang. Ada banyak ruang kaki dan kepala. Tak ada lagi gundukan di tengah, karena sistem penggerak sudah berubah. Ini membuat kaki terasa nyaman. Tangan juga nyaman, karena tersedia sandaran. Tidak perlu takut baterai ponsel habis, karena ada dua titik pengecasan di baris kedua.

Terdapat mode sofa di baris kedua memaksimalkan kenyamanan. Caranya tinggal lipat baris kedua dan duduk di kursi baris ketiga. Kabin ekstra luas ini berhasil dihadirkan berkat panjang mobil yang terbentang 4.475 mm dari sisi depan hingga belakang, dengan lebar 1.750 mm dan jarak sumbu roda 2.750 mm.

Seluruh kursi All New Veloz juga nyaman berkat kombinasi bahan fabric dan kulit. Ini juga sekaligus memperkuat kesan bergaya dan elegan mobil ini.

Nyaris Tabrakan

Performa responsif dan pengendalian baik Veloz baru dibarengi dengan fitur keselamatan melimpah. Yang paling menonjol tentunya fitur keselamatan aktif yang mengandalkan sensor dan radar, yakni Toyota Safety Sense (TSS) (Q CVT TSS). 

TSS pada All New Veloz terdiri atas empat fitur keselamatan, yakni pre-collision warning and pre-collision braking. Fitur ini mengandalkan sistem radar yang dirancang untuk membantu mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan lain di depan dengan memberikan daya pengereman, bahkan hingga berhenti darurat jika diperlukan.

Manfaat fitur ini dirasakan dalam sesi test drive Ubud-Nusa Dua. Kala itu, Investor Daily menjadi penumpang baris kedua. Veloz putih tim Investor Daily berada di nomor tiga konvoi. Tanpa diduga, mobil nomor dua mengerem mendadak. Jarak antara mobil dua dan tiga kurang dari dua meter.

Rekan Investor Daily yang menjadi supir tak ayal lagi menginjak rem sedalam-dalamnya. TSS pun bekerja dan membantu pengereman. Mobil langsung berhenti dan tabrakan bisa dihindari. Tanpa fitur ini, Veloz kami kemungkinan besar tabrakan, karena posisi sudah nyaris sekali.

Fitur lainnya adalah pedal missoperation control yang mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas, dengan menyetel alarm peringatan, menerapkan pengereman, dan membatasi distribusi tenaga agar mobil melambat.

Fitur ketiga adalah lane departure warning and lane departure prevention yang membantu mencegah mobil berpindah jalur secara tidak sengaja di jalan, dengan memberikan suara alarm saat mobil bergerak menyamping di jalan lurus. Ada juga fitur front departure alert, yang memberikan peringatan ketika mobil di depan tiba-tiba bergerak mendekat saat sedang mengantri di tengah kemacetan.

Fitur keselamatan lainnya meliputi rem cakram berventilasi 15 inci di depan dan rem cakram solid di belakang, anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), dan braking assist (BA). Terdapat enam kantong udara di Veloz Q CVT TSS.

Ada fitur vehicle stability control yang menjaga kendaraan selama manuver cepat di tikungan dan hill start assist yang memastikan start yang mulus di jalan menanjak. All New Veloz juga dilengkapi dengan new all round view camera (Q CVT & Q CVT TSS) untuk lebih membantu manuver pengguna dengan memantau secara jelas situasi di sekitar All New Veloz. Fitur ini sangat membantu, terutama ketika melintasi jalan ramai. Semua kendaraan di sekitar mobil terpantau dari samping dan atas.

Selanjutnya, terdapat fitur rear crossing traffic alert yang memberikan notifikasi jika ada potensi tabrakan saat mobil mundur dan fitur blind spot monitoring yang memberikan sinyal melalui grafik di kaca spion sebagai peringatan ketika ada mobil lain yang bergerak di area blind spot mobil.

All New Veloz tersedia dalam tiga tipe, Veloz M/T, Veloz Q CVT, dan Veloz Q CVT TSS (Toyota Safety Sense). Harganya berkisar Rp 251-291 juta, dengan PPnBM-DTP100%.

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN