Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Investor Daily

Investor Daily

Masuk Era IV, Isuzu Minta Konsumen Tak Khawatirkan Suku Cadang

Rabu, 22 Desember 2021 | 14:59 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id – Terhitung 1 April 2022, pemerintah mewajibkan produsen otomotif yang menjual kendaraan mesin diesel mengusung standar emisi gas buang Euro IV. Seiring dengan itu, Isuzu meminta konsumen tidak mengkhawatirkan suku cadang di era Euro IV.

“Bagi Isuzu, masalah emisi sudah diperhatikan sejak 10 tahun lalu lewat Giga yang menggunakan mesin common rail. Selama ini, tidak ada masalah pada teknologi mesin tersebut,” ujar Budhi Prasetyo, aftersales business, inventory & logistic division head PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Rabu (22/12/2021).

Aftersales Strategic & CRM Dept.Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia Theo Martinerz menuturkan, konsumen tidak perlu khawatir dengan adanya standar emisi Euro IV. Sebab, suku cadang dan perawatan tetap sama seperti standar emisi Euro II.

Theo menjelaskan, di Isuzu Traga, sebesar 90% suku cadang Euro IV sama seperti model Euro II, sedangkan ELF 83%, dan Giga 90%. Dengan begitu, konsumen tidak perlu takut soal ketersediaan suku cadang.

Dia menambahkan, untuk di suku cadang fast moving, perbedaan pada Isuzu Giga hanya tiga, yaitu air cleaner, fuel filter, dan cover clutch, sedangkan untuk Elf ada lima, yaitu belt cooling fan, element fuel filter, element oil filter, disc clutch, dan cover clutch.

“Dengan kondisi ini, part shop tidak perlu menambah stok yang sangat besar untuk mendukung Euro IV, karena 90% suku cadang sama seperti model sebelumnya,” kata dia.

Selanjutnya dari sisi perawatan, kata Theo, interval penggantian sparepart tetap sama, sehingga biaya tidak mahal. “Semuanya bisa berjalan dengan baik dan kami layani dengan maksimal. Kami juga ada 108 outlet, 70 bengkel mitra Isuzu, dan 145 unit bengkel Isuzu berjalan. Untuk melakukan pemeriksaan unit Euro IV, diperlukan diagnostic tools dan sudah tersebar di seluruh outlet Isuzu,” ujar Theo

 

 

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN