Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Mitsubishi New Xpander di proving ground Bridgestone, Karawang, Jawa Barat. (ist)

Mitsubishi New Xpander di proving ground Bridgestone, Karawang, Jawa Barat. (ist)

Rahasia di Balik Kenyamanan Suspensi Mitsubishi New Xpander

Rabu, 29 Desember 2021 | 15:54 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id – Mitsubishi Xpander sukses besar di pasar kendaraan multiguna bawah (low multipurpose vehicle/LMPV) nasional, dengan torehan akumulasi penjualan 210 ribu unit selama 2017 hingga November 2021. Salah satu penyebabnya adalah kenyamanan suspensi Xpander yang tak dapat diimbangi para pesaing.

Dari pengetesan Investor Daily, suspensi Xpander memang paling nyaman di kelasnya. Hal ini dirasakan di semua medan, entah itu jalan bergelombang, jalanan rusak, hingga jalanan berlapis coran. Bahkan, kenyamanan masih terasa saat mobil secara tak sengaja menghajar polisi tidur. Tidak ada bunyi “jedag jedug” di dalam kabin.

Suspensi Xpander juga bisa menopang pengendalian prima. Xpander, baik model lama maupun baru, enak diajak menikung. Mobil ini tidak limbung dan mantap ketika membelah tikungan.

Hal lainnya, kekedapan suaran Xpander juga terbantu oleh racikan suspensi. Tak ada bunyi-bunyi menganggu yang menyusup ke kabin. Lantas apa rahasia di balik kenyamanan suspensi Xpander?

Eichiro Hamazaki, director of aftersales division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), menerangkan, New Xpander hadir dengan perubahan suspensi dan transmisi CVT. Perubahan itu mengacu pada kebutuhan dan saran konsumen. Tujuannya untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik dan nyaman, serta efisiensi tinggi.

Menurut dia, perubahan suspensi ada di ukuran shock absorber belakang yang lebih tinggi, diambil dari SUV Pajero Sport. Ada juga high performance bar yang ada di Xpander dan Xpander Cross mengacu pada mobil-mobil keluaran pabrikan Eropa.

“Perubahan ini menghasilkan driving yang lebih nyaman dan stabil di jalan yang kurang halus dan kasar. Ini sesuai dengan kondisi jalanan di Indonesia,” kata dia, belum lama ini.

Di sisi lain, dari sisi eksteror, New Xpander memakai bahasa desain kebesaran Mitsubishi, Dynamic Shield. Pembaruan eksterior terdapat pada bumper depan, lalu lampu utama yang kini memakai LED. Di belakang, New Xpander terlihat manis dengan lampu belakang LED berbentuk T. Dari samping, ada garnish anyar di bagian bawah. Pelek 17 inci dua warna, hitam dan silver, membuat kesan mewah kian menyeruak.

Kemewahan juga terpancar saat masuk mobil. Ada bahan soft touch di door trim dan dasbor. Pembaruan interior New Xpander sangat banyak, yakni desain dasbor baru berbentuk axis bermaterial lembut, warna dan aksen coklat gelap dari sebelumnya beige, dan panel AC digital. Kemudian, sistem hiburan layar sentuh delapan inci yang bisa dengan smartphone linked display audio (SDA), lalu panel meter baru dengan animasi saat awalan, desain lingkar kemudi anyar yang sangat nyaman di tangan.

Selanjutnya, hal baru lain adalah garnish AC baris kedua, panel door trim material lembut, desain kursi tiga dimensi, konsol tengah dan tempat penyimpan kartu, sandaran tangan dengan tempat penyimpanan gelas, konsol tengah dengan sandaran tengah, soket USB belakang di konsol depan, tombol start stop, dan cruise control.

New Xpander masih memakai mesin 1.5L MIVEC DOHC, 16 katup, Euro4, 105 PS pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm, dengan sistem transmisi CVT yang menyalurkan tenaga ke roda depan.

 

 

 

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN