Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Presiden Honda Toshihiro Mibe berbicara tentang bisnis elektrifikasi mobil selama konferensi pers di kantor pusat perusahaan di Tokyo, Jepang pada 12 April 2022. (FOTO: BEHROUZ MEHRI / AFP)

Presiden Honda Toshihiro Mibe berbicara tentang bisnis elektrifikasi mobil selama konferensi pers di kantor pusat perusahaan di Tokyo, Jepang pada 12 April 2022. (FOTO: BEHROUZ MEHRI / AFP)

Honda Investasikan US$ 40 Miliar untuk Teknologi EV dalam 10 Tahun

Selasa, 12 April 2022 | 18:34 WIB
Grace El Dora

TOKYO, investor.id – Produsen mobil Jepang Honda pada Selasa (12/4) mengatakan akan menginvestasikan hampir US$ 40 miliar ke dalam teknologi kendaraan listrik sebagai program satu dekade berikutnya. Perusahaan tersebut berupaya mengalihkan semua penjualan dari mobil dengan bahan bakar fosil.

Raksasa otomotif global semakin memrioritaskan kendaraan listrik (electric vehicle/ EV) dan kendaraan hybrid. Permintaan meningkat untuk model yang tidak terlalu berpolusi, seiring meningkatnya kekhawatiran tentang perubahan iklim global.

Baca juga: Tambah Inovatif, Kendaraan Listrik Makin Dilirik Pelanggan

Honda mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka berencana meluncurkan 30 model EV pada 2030, dengan volume produksi tahunan lebih dari dua juta unit.

Perusahaan tersebut mengatakan akan mengalokasikan sekitar lima triliun yen (US$ 39,9 miliar) selama 10 tahun ke depan. “Di bidang elektrifikasi dan teknologi perangkat lunak, untuk terus mempercepat elektrifikasinya,” tulis perusahaan dalam pernyataan resmi, dirilis Selasa.

Investasi tersebut merupakan langkah terbaru dalam upaya Honda agar kendaraan listrik dan fuel cell electric vehicle menyumbang 100% dari semua penjualan pada 2040, sebuah target yang diumumkan setahun lalu.

Kendaraan hidrogen atau Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) adalah kendaraan bebas polusi, ditenagai oleh listrik yang dihasilkan oleh hidrogen bertekanan tinggi yang disimpan di dalam kendaraan, serta udara di atmosfer.

Honda dan konglomerat teknologi Jepang Sony mengumumkan pada bulan lalu bahwa pihaknya akan memulai perusahaan baru untuk mengembangkan dan menjual kendaraan listrik. Dikatakan, penjualan model listrik pertama mereka diharapkan akan dimulai pada 2025.

Baca juga: Omicron XE yang Pertama Terdeteksi di Inggris Menyebar ke Jepang

Saat ini, sekitar 10% dari penjualan mobil Eropa adalah EV dan angka di AS hanya 2%.

Tetapi permintaan meningkat. Produsen mobil besar lainnya termasuk saingan Honda Jepang menginvestasikan uang dan sumber daya ke dalam kendaraan listrik.

Awal tahun ini, aliansi mobil yang mengelompokkan Nissan, Renault, dan Mitsubishi Motors berjanji untuk menawarkan 35 model listrik baru pada 2030 karena mengumumkan total investasi sebesar US$ 25 miliar di sektor ini.

Toyota, produsen mobil terlaris di dunia, baru-baru ini juga menaikkan target penjualan kendaraan listrik 2030 sebesar 75%. Perusahaan tersebut bertujuan untuk menjual 3,5 juta EV per tahun sejak saat itu.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : AFP

BAGIKAN