Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pelek JF luxury

Pelek JF luxury

Cek Kondisi Pelek sebelum Mudik Lebaran 

Jumat, 22 April 2022 | 22:24 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Jakarta, Investor.id  - Saatnya menyiapkan kendaraan dalam performa terbaik menyambut Lebaran dan mudik. Salah satu yang wajib diperhatikan adalah pelek, penopang kenyamanan, keamanan dan penampilan mobil.

Pelek memberikan karakter pada tampilan kendaaran, baik standar, formal, elegan, sporty,  adventure, bahkan ekstrem.

Rudy Ghupta, digital marketing head JF Luxury mengatakan, para pengendara harus memperhatikan kondisi kendaraan dengan seksama, termasuk pelek.

"Untuk memastikan pelek dalam kondisi baik, dapat dilihat dari kondisi fisiknya. Pastikan kalau bibir-bibir velg tidak dalam kondisi penyok, karena dikhawatirkan akan membuat angin ban berkurang," ungkap dia, Jumat (22/4/2022).

Menurut dia, kondisi pelek juga akan berpengaruh terhadap kenyamanan mengemudi. Kondisi pelek yang rusak akan membuat setir dan bodi mobil terasa bergetar. Yang paling parah, bisa menyebabkan ban pecah tiba-tiba.

Sebaiknya, kata Rudy, pemeriksaan pelek dilakukan bersamaan dengan spooring roda, karena dalam prosesnya sangat berkaitan.

Di sisi lain, lanjut dia, bagi yang ingin tampil keren, setiap bulan JF Luxury selalu memiliki model velg terbaru dengan beragam ukuran untuk semua mobil.

Ketika akan mengganti pelek, dia menegaskan, pastikan desainnya sesuai dengan selera dan juga jenis mobilnya. Paling penting, spek pelek baik PCD, offset, serta diameternya bisa digunakan pada mobil kita.

Saat ini, dia menyatakan, permintaan pelek jenis flow forming cukup tinggi. Ini adalah velg ringan, kuat, dengan balance sempurna yang merupakan penyempurnaan dari velg casting/cetak biasa. Metode pembuatannya dengan cara diputar, membuat pelel ini memiliki banyak keuntungan yang membantu performa mobil.

"JF Luxury memiliki lini pelek glow forming yaitu JF Flow Forged yang berprestasi di sirkuit balap dan digunakan oleh influencer otomotif ternama Ridwan Hanif, serta teruji di medan berat yang dilakukan oleh influencer otomotif lainnya, seperti Om Mobi/MotoMobi di mobilnya masing-masing," tutur dia.

JF Luxury adalah merek pelek asli Indonesia yang berdiri sejak 2008. Di bawah bendera PT Sinar Agung Mulia (SAM), JF Luxury memiliki pabrik pelek di dalam negeri untuk kebutuhan ekspor ke puluhan negara, serta mendistribusikan sejumlah pelek impor berkualitas internasional ke Tanah Air.

JF Luxury memiliki ratusan model velg alloy dengan beragam metode produksi, casting (cetak), flow forming, dan forging (tempa). Tersedia beragam ukuran dari 14-22 inci untuk dipakai semua jenis mobil, mulai city car, MPV, SUV, hingga double cabin.


Saat ini, lini model JF Flow Forged mencapai puluhan model yang tersedia dari ukuran 15-18 inci, dengan PCD 4x100, 5x114.3, dan 6x139.7 dan apat dipasang ke mobil hatchback hingga SUV.

Tak menjadi soal berapa kenaikan inci pelek pengganti yang dikenakan untuk perjalanan jauh. Namun, pastikan jika lingkar diameter luar roda (dari tapak atas sampai bawah ban), ukurannya tidak jauh berbeda dibanding velg bawaan mobil.

Hal ini untuk mengurangi potensi roda mentok/gesrot dengan komponen kaki-kaki lainnya, karena membawa beban yang relatif berat saat perjalanan jauh.

Nah, ketika velg pengganti memiliki diameter lebih besar, wajib diimbangi dengan bobot yang ringan agar tak membebani performa mesin. Pilihan velg flow forming yang bisa diambil adalah JF flow forged. 

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN