Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kendaraan otonom baru (AV) Apollo RT6 Baidu, dengan setir yang dapat dilepas, terlihat di Konferensi Dunia Baidu di Beijing, Tiongkok pada 20 Juli 2022. (FOTO: Reuters/Yingzhi Yang)

Kendaraan otonom baru (AV) Apollo RT6 Baidu, dengan setir yang dapat dilepas, terlihat di Konferensi Dunia Baidu di Beijing, Tiongkok pada 20 Juli 2022. (FOTO: Reuters/Yingzhi Yang)

Baidu Perkenalkan Mobil Tanpa Setir

Kamis, 21 Juli 2022 | 15:23 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

BEIJING, investor.id – Raksasa mesin pencari Tiongkok Baidu Inc. pada Kamis (21/7) meluncurkan kendaraan otonom baru (AV) dengan roda kemudi yang dapat dilepas, dengan rencana menggunakannya untuk layanan robotaxi di Tiongkok tahun depan.

Biaya per unit akan turun menjadi 250.000 yuan (US$ 37.031,55) untuk model baru, dibandingkan dengan 480.000 yuan untuk unit generasi sebelumnya, kata Baidu dalam sebuah pernyataan.

Advertisement

“Pengurangan biaya besar-besaran ini akan memungkinkan kami untuk menyebarkan puluhan ribu AV di seluruh Tiongkok. Kita bergerak menuju masa depan di mana naik robotaxi akan menjadi setengah biaya naik taksi hari ini,” kata CEO Baidu Robin Li pada konferensi Baidu World, Kamis.

Kendaraan baru akan memiliki kemampuan Level 4 otonom yang tidak memerlukan campur tangan manusia, dengan delapan teknologi lidar dan 12 kamera di samping mobil. Lidar adalah sistem deteksi, mirip dengan radar, yang menggunakan sinar laser berdenyut daripada gelombang radio.

Perusahaan tidak mengungkapkan pabrikan untuk model baru tersebut.

CEO Tesla Elon Musk mengatakan dalam sebuah konferensi dengan investor pada April 2022 bahwa perusahaan akan memulai produksi massal robotaxi tanpa roda kemudi atau pedal pada 2024. Ia memperkirakan bahwa perjalanan dengan robotaxi akan lebih murah daripada tiket bus.

Waymo dari Alphabet Inc. juga meluncurkan robotaxi tanpa roda kemudi tahun lalu. Dikatakan, pihaknya berencana meluncurkan kendaraan otonom penuh di Amerika Serikat (AS) di tahun-tahun mendatang.

Namun, produsen mobil dan perusahaan teknologi di seluruh dunia masih menunggu persetujuan dari regulator untuk menyebarkan kendaraan semacam itu di dunia nyata.

Kendaraan itu akan melaju tanpa setir setelah otoritas Tiongkok menyetujuinya, kata Wakil Presiden Senior Baidu Li Zhenyu pada konferensi tersebut. Dikatakan, kemampuan mengemudi AV baru Baidu dapat menandingi pengemudi manusia yang terampil dengan pengalaman lebih dari 20 tahun.

Baidu meluncurkan unit penggerak otonom Apollo yang didirikan pada 2017. Perusahaan adalah salah satu dari sejumlah perusahaan di Tiongkok yang berusaha menjadikan penggunaan kendaraan otonom sebagai kenyataan.

Pesaingnya di bidang ini termasuk Pony.ai, yang didukung oleh Toyota Motor dan WeRide, yang telah menerima investasi dari Nissan Motor dan Guangzhou Automobile Group.

Apollo Go, layanan robotaxi Baidu, telah beroperasi lebih dari 1 juta di 10 kota di Tiongkok sejak diluncurkan pada 2020. Pada April 2022, Baidu mengatakan bahwa pihaknya menerima izin untuk memasarkan robotaxi tanpa manusia di kursi pengemudi jalanan terbuka Beijing.

Editor :

Sumber : REUTERS

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN