Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Suzuki Ignis (Foto: Dokumentasi Suzuki Indonesia)

Suzuki Ignis (Foto: Dokumentasi Suzuki Indonesia)

Biaya Perawatan City Car Suzuki Ramah Dompet

Selasa, 2 Agustus 2022 | 20:56 WIB
Leonard AL Cahyoputra (leonard.cahyoputra@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id --Dari beragam jenis mobil penumpang yang dipasarkan di Indonesia, city car menjadi salah satu segmen yang memiliki banyak penggemar. Bukan hanya menawarkan dimensi yang kompak dan efisiensi konsumsi bahan bakar, biaya perawatan city car juga ramah dengan dompet.

Ignis, sebagai contoh city car milik Suzuki, memiliki biaya perawatan cukup terjangkau. Bahkan, Suzuki memberikan jasa servis secara cuma-cuma hingga jarak tempuh 50.000 km.

Advertisement

Mengenai hal ini, Asst. to Service Dept. Head PT SIS Hariadi, membenarkan bahwa biaya perawatan city car sangat kompetitif untuk konsumen. Dia menerangkan, segmen city car memang biaya perawatannya terhitung tidak mahal. Ditambah lagi, Suzuki akan memberikan jasa servis gratis untuk konsumen.

“Jaringan bengkel Suzuki pun sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Jadi, memilki city car sangat menguntungkan dari segi biaya perawatan dan tentunya value for money,” ungkap Hariadi dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Selasa (2/8).

Umumnya, ketika mobil sudah menempuh jarak 10.000 km, konsumen dapat mengganti komponen seperti filter oli dan oli mesin. Saat menempuh jarak 20.000 km, komponen yang diganti sedikit lebih banyak, yaitu busi, filter oli, oli mesin.

Pada jarak 30.000 km, hanya memerlukan penggantian filter oli dan oli mesin kembali. Selanjutnya, saat jarak tempuh mencapai 40.000 km, konsumen dapat melakukan penggantian engine coolant, filter udara, oli mesin, oli transmisi, brake fluid, busi, dan filter oli. Sedangkan pada saat perawatan 50.000 km, konsumen perlu mengganti filter oli dan oli mesin kembali saja.

Baca juga: Suzuki All New Ertiga Hybrid, Sang Pendobrak Pasar Mobil Elektrifikasi

Saat melakukan servis dari 10.000 km sampai 50.000 km tersebut, konsumen hanya akan dikenakan biaya penggantian komponen saja, tanpa dikenakan biaya jasa servis/perbaikan. Selama perawatan di bengkel resmi sejak 1.000 km hingga 50.000 km, setiap mobil juga dilakukan 23 item check, untuk memastikan kondisi mobil dalam keadaan baik.

Jika ditotal, biaya perawatan berkala Ignis dari periode 60.000 km hingga 100.000 km berkisar di angka 4 jutaan rupiah. Total biaya tersebut sudah termasuk biaya jasa servis dan untuk pembelian komponen yang harus diganti karena usia pakainya sudah habis, seperti oli mesin, filter oli, filter udara, busi, oli transmisi, brake fluid, dan radiator coolant. Biaya ini merupakan salah satu yang cukup terjangkau dibandingkan dengan biaya perawatan mobil pada segmentasi lain.

Gambaran biaya perawatan di atas menjadi upaya dan komitmen Suzuki untuk selalu memberikan pelayanan terbaik dan terjangkau bagi konsumen, terutama dalam hal purna jual, baik untuk model city car maupun model-model lainnya.

Baca juga: Suzuki Smart Hybrid, Solusi Pangkas Emisi Karbon dan Konsumsi Bahan Bakar

Untuk menunjang kemudahan perawatan mobil, Suzuki juga memiliki bengkel resmi yang tersebar di seluruh Indonesia dan menyediakan layanan Home Service, Pick Up Service, dan Suzuki Emergency Roadside Assistance (SERA) yang dapat diakses melalui Halo Suzuki di nomor 0800-1100-800.

Untuk memudahkan pembelian suku cadang, Suzuki memiliki aplikasi MySuzuki dan website www.suzuki.co.id yang dapat diakses untuk belanja online.

Editor : Leonard (severianocruel@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN