Menu
Sign in
@ Contact
Search
Talk show UD Trucks di GIIAS 2022. (ist)

Talk show UD Trucks di GIIAS 2022. (ist)

UD Trucks Sodorkan Solusi Industri Logistik Ramah Lingkungan

Jumat, 19 Agustus 2022 | 15:47 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - PT UD Astra Motor Indonesia (UD AMI), distributor UD Trucks, menyodorkan solusi industri ramah lingkungan melalui produk Quester Euro 5, yang berteknologi selected catalytic reduction (SCR) dan menggunakan AdBlue. Ini sejalan dengan komitmen UD Trucks menghadirkan armada tangguh dan dapat diandalkan, sesuai slogan terbaru Better Life for Logistic, Planet, and People.

Di GIIAS 2022, UD Trucks memperkenalkan kepada publik empat model baru unit Quester dengan standar Euro 5, yakni Quester Euro 5 GKE 280, Quester Euro 5 CDE 250, Quester Euro 5 GWE 410, Quester Euro 5 GWE 350.  Melanjutkan serangkaian acara UD Trucks, UD Trucks menjelaskan lebih lanjut mengenai standar Euro 5 dengan sistem SCR di Quester Euro 5 terbaru. Ini merupakan bagian dari usaha UD Trucks memenuhi standar emisi gas buang Euro 4.

Dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya polusi udara di Indonesia dan ketegasan pemerintah dalam menurunkan tingkat pencemaran udara melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia NOMOR P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, Kategori N, UD Trucks hadir memberikan solusi lingkungan melalui armada Quester dengan standar Euro 5 dan teknologi SCR.

“Saat ini, produsen kendaraan bermotor berupaya untuk mengurangi kadar NOx sesuai peraturan pemerintah yang berlaku dengan beberapa cara. Selain kendaraan bertenaga listrik, ada dua cara lain yang digunakan untuk menurunkan NOx,” kata Head of Competence Development UD AMI Ali Rachman di acara talk show yang digelar UD Trucks di GIIAS 2022, dikutip dari siaran pers, Jumat (19/8/2022).

Cara pertama menurunkan NOx gas buang, kata dia, adalah menyemprotkan cairan urea (AdBlue®) ke gas buang dengan teknologi SCR. Kedua, memasukkan kembali gas buang ke dalam mesin agar temperatur ruang bakar menurun yang selanjutnya akan menurunkan kadar NOx yang dikenal dengan istilah exhaust gas recirculation (EGR).

Dengan berbagai manfaat dan keunggulan yang telah dipertimbangkan, dia menyatakan, UD Trucks menghadirkan solusi menggunakan sistem SCR. Sebab, system ini melakukan pembakaran mesin yang sempurna, sehingga mesin tetap bersih dan awet, konsumsi bahan bakar yang efisien, serta tidak sensitif terhadap kualitas bahan bakar solar yang kurang baik seperti solar B30 yang bersulfur tinggi.U

Menurut dia, UD Trucks yang sebelumnya dikenal dengan merek Nissan Diesel adalah produsen truk pertama di dunia yang memperkenalkan system SCR dan AdBlue® secara komersial pada truk untuk mereduksi emisi gas buang di tahun 2004. Teknologi ini mampu mereduksi emisi gas buang tanpa mengganggu mesin utama.

Dia menyatakan, SCR adalah sebuah proses pengendalian emisi gas buang yang dilakukan setelah pembakaran dari mesin dan beroperasi pada suhu pembakaran mesin yang optimal. Suhu pembakaran mesin yang optimal menghasilkan efisiensi bahan bakar yang tinggi atau lebih hemat dan menghasilkan lebih banyak NOx dan sedikit PM (particulate matter). Kemudian, kelebihan NOx ini akan dikurangi oleh peran cairan AdBlue® ke gas buang.

AdBlue, kata dia, merupakan cairan yang digunakan untuk mengurangi NOx yang dihasilkan oleh mesin diesel. Konsumsi AdBlue® adalah 3-5% dari pemakaian solar, yang mana sekali pengisian AdBlue® setara dengan empat kali pengisian solar penuh.

“Dengan perhitungan bahwa kapasitas tangki bahan bakar Quester adalah 315 liter, sedangkan tangki AdBlue® berisi 50 liter, dan jika asumsi 1 liter solar untuk tiga km, maka satu liter AdBlue® bisa untuk menempuh 75 km,” papar dia.

Selain itu, dia menyatakan, Quester Euro 5 juga dilengkapi dengan fasilitas jeriken cadangan AdBlue® berisi 10 liter atau cukup untuk 750 km sehingga tidak merepotkan pengemudi, aman, dan lebih efisien.

Paulus Tjakrawan, wakil ketua Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) mendukung agenda hijau pemerintah. Tentunya, usaha pengurangan emisi gas buang ini juga berkaitan dengan kebutuhan bahan bakar ramah lingkungan bagi kendaraan komersial.

“Oleh karena itu, kami mendukung dan aktif melakukan sosialisasi akan penggunaan biodiesel sebagai bagian dari energi terbarukan. Selain itu adanya teknologi-teknologi yang dihadirkan oleh APM layaknya yang telah di implementasikan oleh UD Trucks melalui unit Quester Euro 5 sangat berkontribusi besar pada proses pemeliharaan dan perbaikan lingkungan kita,” kata dia.

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com