Menu
Sign in
@ Contact
Search
CEO Renault Luca de Meo memulai perombakan operasional secara radikal ketika produsen mobil itu berusaha menavigasi transisi yang sulit dan mahal ke teknologi elektrifikasi mobil. Renault mengumumkan reorganisasi besar-besaran, berupa pemisahan (spin off) dengan rencana IPO menjadi unit EV baru. (Foto: Bloomberg)

CEO Renault Luca de Meo memulai perombakan operasional secara radikal ketika produsen mobil itu berusaha menavigasi transisi yang sulit dan mahal ke teknologi elektrifikasi mobil. Renault mengumumkan reorganisasi besar-besaran, berupa pemisahan (spin off) dengan rencana IPO menjadi unit EV baru. (Foto: Bloomberg)

Renault Berencana IPO Unit Bisnis Mobil Listrik

Rabu, 9 November 2022 | 10:37 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

PARIS, investor.id – Produsen mobil Prancis Renault mengumumkan reorganisasi besar-besaran, berupa pemisahan (spin off) dengan rencana penawaran umum perdana (IPO) operasionalnya menjadi unit kendaraan listrik (EV) baru. Pihaknya juga memisahkan divisi mesin pembakaran internal dengan Geely Tiongkok.

Divisi unggulan dari perombakan, EV, dan entitas perangkat lunak (software) Ampere sedang dipersiapkan untuk IPO di Euronext Paris paling cepat pada semester II tahun depan, katanya dalam pernyataan resmi.

Entitas baru akan mempekerjakan sekitar 10.000 staf di Prancis dan memproduksi kendaraan listrik R5 dan 4L di utara negara itu, kata produsen mobil itu saat menguraikan perombakan bagi investor.

Baca juga: Renault Jual Saham Unit Korsel ke Geely TiongkokRenault

Pasar EV diperkirakan akan tumbuh pesat dalam menanggapi kekhawatiran konsumen tentang perubahan iklim, memberikan tekanan pada produsen untuk mengembangkan produk yang tidak banyak menghasilkan polusi.

Uni Eropa (UE) bulan lalu setuju untuk menghentikan kendaraan emisi CO2 baru pada 2035, sebuah langkah untuk mengisi turbo produksi prototipe listrik di benua itu.

Renault mengatakan pihaknya berencana mengundang investasi di Ampere, tetapi akan tetap menjadi pemegang saham mayoritas. “(Dengan) dukungan dari investor landasan strategis yang potensial,” katanya, dilansir dari Reuters Rabu (9/11).

Renault juga bermaksud menggabungkan kegiatan teknologi, manufaktur dan penelitian, serta pengembangan untuk kendaraan hibrida dan pembakaran internal dengan produsen mobil Tiongkok Geely dalam entitas baru bernama “Horse”.

Baca juga: Pisah dengan Dongfeng di TiongkokRenault Ingin Hapuskan Era Ghosn

Kelompok-kelompok tersebut akan berbagi divisi untuk merancang, mengembangkan, memproduksi, hingga menjual komponen dan sistem untuk kendaraan hibrida maupun pembakaran internal. Perusahaan mempekerjakan 19.000 orang di seluruh Eropa, Tiongkok, dan Amerika Selatan.

Pada 2020, Renault mengalami kerugian besar sepanjang sejarah dan pemulihannya terganggu oleh penarikannya dari Rusia setelah serangan Rusia ke Ukraina.

Nilai produsen mobil tradisional tidak ada artinya dibandingkan dengan pemain baru di pasar yang mengkhususkan diri dalam bisnis EV seperti Tesla milik Elon Musk atau perusahaan Tiongkok BYD.

Renault masih membutuhkan investasi besar untuk mempercepat transformasi listriknya sesuai rencana yang dihadirkan pada 2020.

Raksasa AS Ford telah mengambil langkah serupa, mengumumkan pembuatan Ford Model E awal tahun ini.

Pengumuman ini muncul saat penjualan kendaraan pembakaran internal tradisional turun.

Pada sembilan bulan pertama 2022, kendaraan hibrida (hybrid) dan EV mewakili 38% dari pendaftaran merek di Eropa atau naik 12% dari tahun ke tahun (YoY).

Baca juga: Renault akan Berhenti Memasok Mesin Formula 1

Pemisahan kegiatan Renault telah mengkhawatirkan serikat pekerja setelah beberapa gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK).

Investor pada awal pekan ini sudah menyatakan minat mereka dalam transformasi Renault, dengan nilai saham grup naik 3,77% di pasar saham Paris.

Editor :

Sumber : REUTERS

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com