Menu
Sign in
@ Contact
Search
Chief Executive Officer (CEO) Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Indonesia Investment Authority (INA) Ridha Wirakusumah. (Foto: Investor Daily/Primus Dorimulu)

Chief Executive Officer (CEO) Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Indonesia Investment Authority (INA) Ridha Wirakusumah. (Foto: Investor Daily/Primus Dorimulu)

Indonesia Siapkan Dana EV US$ 2 Miliar dengan CATL Tiongkok dan CMB International

Senin, 14 November 2022 | 15:36 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

NUSA DUA, investor.id – Indonesia Investment Authority (INA) menggalang dana kendaraan listrik (EV) setidaknya US$ 2 miliar dengan produsen baterai mobil listrik terbesar di dunia, Contemporary Amperex Technology Co (CATL) asal Tiongkok dan CMB International.

Pengumuman itu disampaikan dalam konferensi bisnis yang disiarkan langsung di sela rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11/2022).

Baca juga: Erick Thohir: AS Dukung Indonesia Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Dunia

CEO INA Ridha Wirakusumah kemudian menandatangani perjanjian kerja sama dengan eksekutif perusahaan dari CATL dan CMB International.

Dana tersebut akan diinvestasikan dalam rantai nilai EV untuk menangkap pasar yang diharapkan tumbuh cepat secara global, didorong oleh janji negara-negara untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, kata Ridha.

“Dengan CATL dan CMB International sebagai mitra utama, kami mencari mitra terbatas untuk berinvestasi dalam dana EV hijau, untuk menangkap peluang rantai nilai EV ini terutama di Indonesia,” kata Ridha, seperti dilansir Reuters.

Pasar EV Indonesia berada di jalur untuk tumbuh, dengan 2,1 juta unit sepeda motor listrik dan 400.000 unit mobil listrik diharapkan akan terjual pada 2025, kata Ridha.

Baca juga: Tiga Poin Penting Ini yang Disampaikan Pemilik Amazon Jeff Bezos di Forum B20

Indonesia ingin mengembangkan industri EV dan baterai sendiri di dalam negeri, setelah melarang ekspor bijih nikel untuk memastikan pasokan bagi investor sejak 2020.

Awal tahun ini, CATL mengumumkan proyek baterai listrik senilai US$ 6 miliar di Indonesia, bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan Indonesia.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : REUTERS

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com