Menu
Sign in
@ Contact
Search
Karyawan bekerja di lini produksi selama tur media terorganisir ke pabrik Beijing Benz Automotive Co. (BBAC), perusahaan patungan BAIC Motor dan Mercedes-Benz, di Tiongkok pada 17 Februari 2022. (Foto: REUTERS/Florence Lo)

Karyawan bekerja di lini produksi selama tur media terorganisir ke pabrik Beijing Benz Automotive Co. (BBAC), perusahaan patungan BAIC Motor dan Mercedes-Benz, di Tiongkok pada 17 Februari 2022. (Foto: REUTERS/Florence Lo)

Tiongkok Berupaya Stabilkan Konsumsi Industri Otomotif

Jumat, 6 Jan 2023 | 15:16 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

BEIJING, investor.id – Pemerintah Tiongkok akan mengambil langkah-langkah untuk menstabilkan dan memperluas konsumsi di industri otomotifnya, kata juru bicara Kementerian Perdagangan pada Jumat (6/1).

Terlepas dari tekanan terkait Covid-19 pada konsumsi di industri tersebut, otomotif diperkirakan akan terus tumbuh hingga 2023, tambah juru bicara itu.

Adapun pemerintah telah meluncurkan sejumlah langkah untuk memperkuat sirkulasi mobil, karena banyak faktor yang sangat membebani industri ini.

Baca juga: Saham Astra International (ASII) dan Dharma Polimetal (DRMA) Menggiurkan di Tengah Lompatan Penjualan Otomotif

Advertisement

Kementerian Perdagangan dan 16 departemen pemerintah lainnya telah merinci 12 langkah spesifik dalam enam aspek untuk menyuntikkan dorongan ke sektor otomotif, kata Wakil Menteri Perdagangan Sheng Qiuping pada 7 Juli 2022.

Langkah-langkah telah dimulai untuk membangun pasar nasional terpadu untuk mobil yang berbasis aturan dan mengutamakan interkonektivitas. Ini menjadi upaya menghapus proteksionisme lokal di pasar kendaraan energi baru (NEV) dan mempromosikan penjualan NEV di daerah pedesaan.

Berbagai upaya akan dilakukan untuk mendukung pengembangan pasar mobil bekas secara besar-besaran. Untuk kendaraan ringan non komersial bekas, pembatasan transfer lintas wilayah dari kendaraan yang memenuhi standar emisi tahap V nasional dicabut mulai 1 Agustus 2022.

Langkah-langkah tersebut bertujuan untuk mempromosikan sirkulasi mobil yang efisien di pasar dan memberikan fasilitas operasi lintas wilayah dari perusahaan terkait.

Baca juga: Pasar Otomotif Pulih, Dharma Polimetal (DRMA) Optimistis Cetak Laba Rp300 Miliar

Lebih banyak fasilitas parkir akan dibangun di kota-kota dan lebih banyak fasilitas pengisian baterai akan ditambahkan di tempat parkir, pompa bensin, dan area layanan jalan tol, antara lain untuk memenuhi permintaan pengisian daya NEV.

Sejumlah upaya juga diambil untuk mendorong transisi hijau dan rendah karbon dari industri otomotif, demi merangsang konsumsi NEV dan meningkatkan sistem daur ulang untuk kendaraan bekas.

Langkah untuk melepaskan potensi industri otomotif adalah bagian dari kebijakan pemerintah Tiongkok yang bertujuan untuk menjaga stabilitas ekonomi, kata Sheng. Ia mencatat penjualan mobil memainkan peran penting dalam meningkatkan konsumsi dan menstabilkan pertumbuhan ekonomi.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : REUTERS

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com