Menu
Sign in
@ Contact
Search
Kendaraan Prototipe Vision-S Sony Corp. ditampilkan di kantor pusatnya di Tokyo, Jepang pada 4 Maret 2022. (Foto: REUTERS/Kim Kyung-Hoon/File Foto)

Kendaraan Prototipe Vision-S Sony Corp. ditampilkan di kantor pusatnya di Tokyo, Jepang pada 4 Maret 2022. (Foto: REUTERS/Kim Kyung-Hoon/File Foto)

Sony Honda Mobility Pertimbangkan IPO untuk JV Kendaraan Listrik

Jumat, 6 Jan 2023 | 20:18 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

TOKYO, investor.id – Perusahaan patungan (JV) kendaraan listrik Sony dan Honda sedang mempertimbangkan penawaran umum perdana (IPO) saham sebagai salah satu opsi untuk mendapatkan uang tunai di masa depan. Meski demikian, diskusi tersebut masih bersifat pendahuluan, kata kepala Sony Honda Mobility.

Yasuhide Mizuno mengatakan biaya membangun kendaraan listrik (EV) bernilai tinggi seperti Afeela yang baru diluncurkan akan signifikan. Dengan demikian, penawaran saham telah dibahas sebagai salah satu jalan potensial untuk mengumpulkan dana.

“IPO adalah salah satu pilihan kami. Kami harus bisa berdiri dengan kedua kaki kami sendiri,” kata Mizuno, dilansir dari Reuters pada Jumat (6/1).

Baca juga: Insentif Kendaraan Listrik Siap Meluncur, Honda Siap Pasarkan Mobil Hybrid Tahun 2023

Advertisement

CEO Honda Toshihiro Mibe mengatakan pada Maret 2022 sempat mengatakan dia tidak berpikir untuk segera mengumumkan perusahaan patungan tersebut. Namun dia mengaku tidak akan mengabaikan itu sebagai opsi untuk memperluas perusahaan.

Sony meluncurkan prototipe sedan low slung pada Rabu (4/1) di mana ia mengumumkan nama merek Afeela, yang dimaksudkan untuk membangkitkan hubungan emosional dengan pelanggan.

Mizuno mengatakan mobil tersebut dijadwalkan akan dikirimkan di Amerika Serikat (AS) mulai awal musim semi 2026, kemudian di Jepang akhir tahun itu. Sony Honda Mobility merencanakan peluncuran global yang mencakup Eropa, sebagian Asia, dan Timur Tengah, tambahnya.

Sony Honda Mobility juga mempertimbangkan untuk menjual kendaraan di Tiongkok, yang digambarkan Mizuno sebagai pasar yang menarik namun sangat kompetitif untuk kendaraan listrik.

Baca juga: Honda Mulai Jual Van Listrik Komersial Mini pada 2024

Meski Honda memiliki jaringan dealer mobil yang luas, Afeela akan dijual secara daring, kata Mizuno. Usaha patungan sedang mendiskusikan cara memperbaiki kendaraan.

Mizuno menolak untuk membahas harga, dengan mengatakan biaya chip dan biaya bahan bervariasi.

Sejumlah kendaraan direncanakan rilis di bawah bendera Afeela, tambahnya.

Saham Sony Group Corp. Naik 2,4% dan saham Honda Motor Co. Ltd. Naik 1,9% di perdagangan Tokyo pada Jumat.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : REUTERS

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com