Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Photo by TRAC

Photo by TRAC

Ketahui Tips Sewa Mobil Agar Perjalanan Nyaman dan Aman

Selasa, 21 Juni 2022 | 17:02 WIB
Investor Daily (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Sewa mobil menjadi pilihan terbaik ketika hendak bepergian, seperti mudik, liburan atau keperluan pekerjaan. Apalagi, jika ingin memiliki mobilitas yang fleksibel, maka opsi sewa kendaraan ini adalah solusi tepat.

Kendaraan roda empat adalah moda transportasi yang cukup ideal dan memudahkan untuk berpindah dari satu tempat ke yang lainnya. Hanya saja, tidak semua orang bisa memilikinya karena harganya cukup mahal. Maka, opsi sewa menjadi pilihan yang efisien.

Advertisement

Namun, sebelum memilih rental mobil, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan, antara lain seputar keberadaan atau reputasi tempat peminjaman kendaraan, hingga soal lepas kunci.

Tips Sewa Mobil

Photo by TRAC
Photo by TRAC

Berikut adalah beberapa tips untuk sewa mobil yang wajib diperhatikan agar tetap aman dan nyaman saat berkendara nantinya. Termasuk juga untuk menghindari potensi kejadian yang tidak diinginkan, seperti kerusakan atau kerugian lainnya. Simak ulasan lengkapnya...

1. Pesan dari Jauh Hari

Tips pertama adalah harus memesan kendaraan yang akan disewa jauh-jauh hari. Dengan begitu, kendaraan yang diinginkan tidak akan jatuh pada orang lain. Apalagi, jika hendak menyewa pada periode tertentu, seperti masa liburan.

2. Bandingkan Harga Penyedia Jasa Carter Kendaraan

Selanjutnya adalah perlu membandingkan biaya carter antara penyedia jasa satu dengan lainnya. Di antara beberapa jasa layanan carter kendaraan, terkadang ada perbedaan biaya rental walaupun jenis kendaraan yang Anda gunakan sama.

Maka, sangat penting untuk mengetahui kisaran biaya sewa kendaraan. Perlu diketahui tarif yang berlaku di kota besar dan kecil umumnya akan berbeda.

Dalam periode tertentu mungkin saja ada penyedia layanan carter yang memberikan diskon atau potongan harga. Maka, opsi ini bisa dimanfaatkan untuk menghemat anggaran.

3. Pilih Penyedia Layanan yang Terpercaya

Berikutnya, pastikan menyewa kendaraan dari penyedia layanan rental kendaraan yang terpercaya. Cobalah untuk mencari tahu ulasan penyedia jasa tersebut dari internet, seperti Google, media sosial, atau rekan yang sebelumnya pernah menjadi customer di sana.

Ini sangat penting untuk memastikan keamanan. Sebab, banyak celah kejahatan yang bisa saja terjadi jika lengah dalam memilih jasa layanan sewa kendaraan. Dengan begitu akan tenang saat menggunakan kendaraan nantinya.

4. Pastikan Fasilitas Sesuai dengan Harga

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah soal kesesuaian fasilitas dengan harga. Harus memastikan fasilitas yang ada sudah sesuai dengan tarif yang ditetapkan.

Apabila mendapatkan penawaran harga yang sangat rendah, maka perlu waspada. Sebab harus mengantisipasi biaya tambahan lain di luar biaya sewa.

Sebaliknya, apabila biaya sewa kendaraannya sangat tinggi, juga tetap harus berhati-hati. Sebab, bisa jadi biaya tersebut berada di atas standar pasaran. Tidak jarang ada orang-orang yang memanfaatkan situasi pada periode tertentu.

5. Periksa Syarat Sewa Kendaraan

Pahami ketentuan apa saja dalam menyewa kendaraan. Sebelum menyewa, umumnya wajib menyertakan kartu tanda pengenal atau surat izin mengemudi, kemudian mengisi form data penting lainnya. Maka, pastikan persiapkan beberapa dokumen sesuai persyaratan dari layanan jasa terkait.

6. Cari Tahu Kebijakan Jasa Layanan Sewa Kendaraan

Setiap orang juga harus mengetahui kebijakan apa saja yang berlaku untuk sewa kendaraan pada penyedia layanan jasa. Tanyakan ketentuannya, apakah dapat membawa kendaraan tersebut sendiri, atau harus menggunakan pengemudi dari perusahaan jasa. Atau, mungkin justru penyedia jasa memiliki kedua opsi.

Lalu, cari tahu apakah jasa tersebut membebankan biaya tambahan ketika waktu penyewaan kendaraan melebihi kesepakatan awal. Umumnya, setiap jasa layanan memiliki persyaratan yang berbeda.

Kemudian ketahui pula tentang klaim asuransi untuk kendaraan yang hendak disewa. Bisa mengonfirmasi jenis asuransi, model perlindungan dan dana tanggungan yang bisa diperoleh dari asuransi tersebut.

7. Cek Kondisi Kendaraan

Langkah berikutnya adalah memeriksa kondisi kendaraan yang menjadi pilihan. Coba cek bagian dalam dan luar kendaraan tersebut, apakah sebelumnya sudah ada kerusakan atau bagian yang lecet.

Kemudian ketahui pula apakah mesin kendaraan tersebut dapat bekerja optimal atau mengalami kerusakan. Jika kurang memahami tentang hal tersebut, sebaiknya membawa rekan montir atau yang mengerti mesin kendaraan untuk melakukan pengecekan.

8. Ketahui Apa yang Dibutuhkan Sebelum Menyewa Kendaraan

Tips berikutnya adalah harus mengetahui apa yang Anda butuhkan saat hendak menyewa kendaraan. Apabila membawa beberapa barang dan lebih dari tiga orang penumpang, maka kendaraan keluarga adalah pilihan terbaik. Hal ini berlaku pula ketika hendak menyewa kendaraan lebih besar, seperti sewa bus.

Apabila akan bepergian ke daerah dengan jalur menanjak atau lebih menantang, maka butuh kendaraan dengan kekuatan lebih. Pastikan memilih jenis kendaraan sesuai keperluan.

9. Dokumentasikan Kendaraan

Hal yang perlu dilakukan berikutnya adalah mendokumentasikan kendaraan setelah menuntaskan kesepakatan sewa kendaraan. Mengapa demikian, sebab ini akan menjadi bukti jika terjadi kerusakan atau kondisi minus pada kendaraan adalah bukan kesalahan kita. Dengan begitu, kita tidak harus bertanggung jawab untuk memperbaiki kerusakan yang memang bukan menjadi kesalahan kita.

10. Simpan Nomor Jasa Layanan Sewa Kendaraan

Hal penting lainnya adalah perlu menyimpan nomor telepon pemilik atau admin jasa layanan penyewaan kendaraan. Hal ini sebagai antisipasi ketika ada kejadian yang tidak diinginkan. Dengan demikian bisa menghubungi pihak jasa layanan penyewaan.

11. Ketahui Durasi Penyewaan

Biaya sewa kendaraan bergantung pada kebutuhan. Untuk yang hendak pulang kampung, bisa menyewa selama 2 hingga 3 hari. Apabila hanya butuh untuk keperluan dalam kota, ada paket berbeda mulai dari 6 jam, 8 jam, 12 jam, atau hingga satu hari penuh.

Setiap daerah, umumnya memiliki kebijakan penyewaan kendaraan yang berbeda. Sebagai gambaran, di Bali, penyedia jasa akan menyewakan kendaraan selama 10 jam. Sementara, untuk wilayah Yogyakarta, adalah selama 12 jam.

Setiap orang harus mengembalikan kendaraan sebelum durasi sewa habis. Hal ini juga berlaku untuk penyewaan kendaraan lebih besar, seperti sewa bus pariwisata.

12. Periksa Sistem Pembayaran Penyewaan Kendaraan

Beberapa penyedia layanan sewa kendaraan umumnya memiliki sistem pembayaran di depan. Bisa membayar biaya sewa saat melakukan pemesanan. Tidak tertutup kemungkinan akan mendapatkan potongan harga jika mengambil penawaran ini. Walaupun kebijakan tersebut tidak berlaku sama pada seluruh penyedia layanan. Kemudian, pastikan juga bahwa pihak penyedia jasa akan mengembalikan uang jika terjadi pembatalan.

13. Ketahui Jenis Bahan Bakar Kendaraan

Umumnya, setiap penyedia jasa layanan sewa kendaraan akan menyerahkan kendaraannya, lengkap dengan bahan bakarnya. Anda harus memastikan apakah juga harus membayar untuk bahan bakar atau ini sudah termasuk tarif sewa. Tidak ada salahnya untuk menyimpan bukti pembelian bahan bakar jika memang dibutuhkan.

14. Opsi Lepas kunci

Tidak jarang orang akan memilih layanan sewa kendaraan dengan sistem lepas kunci. Selain karena biaya sewanya lebih terjangkau, juga akan membuat Anda dan rombongan merasa lebih nyaman tanpa ada orang asing dalam kendaraan.

Keuntungan metode sewa ini, Anda bisa berkendara secara fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan. Bisa bebas menentukan tujuan ke mana saja, tanpa banyak memberikan arahan. Anda juga tidak akan mengeluarkan biaya tambahan karena tidak perlu lagi menyediakan makanan dan kebutuhan pengemudi lainnya.

Sementara, jika menyewa lengkap dengan pengemudi, maka biayanya akan sedikit lebih mahal. Namun, jika mengambil opsi ini pastikan yang bersangkutan paham kondisi jalan, dalam kondisi sehat dan tentunya mahir berkendara dalam berbagai kondisi medan jalan.

Tips Menemukan Jasa Rental Mobil Terpercaya

Photo by TRAC
Photo by TRAC

Yang pertama, harus memastikan keberadaan layanan penyedia jasa sewa tersebut, apakah cukup kredibel dan dapat dipercaya. Carilah informasi mengenai layanan tersebut, atau keberadaan jasa lainnya sebagai bahan pertimbangan. Bandingkan satu per satu terkait layanan, fasilitas, dan tarifnya.

Pastikan memilih jasa layanan sewa kendaraan yang memiliki kontak jelas dan dapat dihubungi kapan saja. Setelah itu, Anda juga harus mengunjungi lokasi layanan tersebut. Meski kini sudah tersedia sistem online, namun tetap perlu memastikan lokasi perusahaan dan keberadaan kendaraan sewa.

Berikutnya adalah memilih layanan jasa sewa kendaraan yang terbaik dengan pelayanan prima untuk konsumennya. Ini meliputi layanan pelanggan yang baik dan ramah, hingga pemberian informasi yang jelas dan transparan mengenai layanan penyewaan. Pastikan memilih penyedia jasa yang profesional.

Terakhir, perusahaan jasa sewa kendaraan yang terpercaya memiliki pengemudi yang profesional. Indikatornya adalah dapat memberikan pelayanan optimal, menyertakan identitas jelas sebagai pengemudi, dan sudah melewati masa pelatihan. Dengan begitu pengemudi akan berkendara dengan hati-hati karena keselamatan Anda sebagai klien adalah prioritas utama.

Penyedia Jasa Penyewaan Kendaraan Terbaik

Photo by TRAC
Photo by TRAC

Bagi yang hendak mencari perusahaan jasa rental mobil Jakarta, TRAC adalah pilihan terbaik. TRAC adalah anak perusahaan PT Serasi Autoraya dan menjadi bagian dari keluarga Astra. TRAC siap memberikan layanan untuk kebutuhan transportasi Anda secara menyeluruh dan maksimal.

Berdiri sejak tahun 1986, TRAC terus berupaya untuk mengembangkan berbagai produk dan layanan. Bermula dari penyewaan lima unit mobil saja, kini penyedia layanan sewa mobil Jakarta ini sudah berkembang menjadi salah satu yang terdepan di bidang solusi transportasi. Sampai saat ini TRAC telah mengelola ribuan kendaraan, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus.

TRAC memahami bahwa kebutuhan masyarakat yang terus berkembang. Mobilitas yang terus meningkat tentunya menuntut efisiensi waktu terutama berkaitan dengan transportasi.

TRAC menjadi solusi praktis untuk perusahaan atau individu. Tidak hanya menyediakan rental kendaraan, TRAC juga menawarkan layanan sesuai dengan keperluan Anda. Kepuasan pelanggan adalah tujuan utama TRAC.

Saat ini, TRAC memiliki beberapa produk layanan seperti Rental Mobil Korporat, Rental Mobil Harian, Sewa Bus, dan TRAC Fleet Management Solution yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

Promo Spesial Tahun 2022

Photo by TRAC
Photo by TRAC

Sebagai wujud memberikan yang terbaik bagi pelanggan, TRAC tidak hanya menghadirkan inovasi dalam pelayanannya saja, namun juga dibarengi dengan ide-ide cemerlang yang mampu memikat pelanggan, salah satunya adalah dengan menghadirkan promo menarik di setiap bulannya.

Biasanya, informasi lengkap mengenai promo bulanan dari TRAC akan tersedia secara jelas melalui laman Instagram resmi @TRAC_astra maupun website www.trac.astra.co.id.

Berikut ini beberapa promo spesial dari TRAC, antara lain:

1. Cashback 50% Menggunakan Astrapay

Menjelang perayaan hari jadi Astra ke-65, TRAC memberikan promo spesial yakni cashback 50% untuk setiap transaksi dengan pembayaran menggunakan e-wallet AstraPay. Melalui promo ini, Anda bisa mendapatkan cashback maksimal senilai Rp150.000 untuk setiap transaksi. Promo ini berlaku hingga 31 Desember 2022 untuk setiap pemesanan di aplikasi TRACtoGo.

2. Sewa Mobil Listrik Seharga 50 ribuan

Mobil listrik tengah menjadi primadona di berbagai belahan dunia, tak terkecuali di Indonesia. Oleh karena itu, banyak orang mulai penasaran ingin mencoba sensasi mengendarai mobil listrik.

Melihat fenomena dan antusiasme tinggi dari masyarakat, TRAC menghadirkan sebuah promo menarik yaitu biaya sewa mobil sebesar Rp55.000. Anda bisa berkeliling di Nusa Dua, Bali dengan menggunakan Toyota C+ Pod dengan modal 50 ribuan aja. Menarik, bukan?

3. Promo Gas Gas Gas…

Terakhir, ada promo bertajuk Gas Gas Gas yang merupakan promo untuk layanan sewa mobil melalui aplikasi TRACtoGo. Dalam promo ini, Anda bisa melakukan sewa mobil dengan harga mulai Rp55.000 dan nikmati perjalanan dengan nyaman serta aman.

Memilih jasa layanan sewa kendaraan terkadang memang cukup membingungkan dan mengundang kekhawatiran tersendiri. Jadi pastikan Anda mendapatkan informasi sebanyak agar dapat memilih perusahaan jasa yang memberikan pelayanan terbaik.

Demikian informasi seputar tips sewa mobil agar perjalanan Anda semakin aman dan nyaman. Semoga bermanfaat.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN