Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Mekanik Auto2000 tengah memperbaiki bodi mobil. (ist)

Mekanik Auto2000 tengah memperbaiki bodi mobil. (ist)

Mobil Tak Dipakai Tetap Harus Dirawat, Ini Caranya

Sabtu, 8 Mei 2021 | 23:05 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id – Pemerintah telah melarang mudik Lebaran untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19. Momen ini merupakan waktu yang tepat untuk mengistirahatkan mobil di rumah.

Meski begitu, Auto2000, jaringan dealer terbesar Toyota menegaskan, mobil perlu tetap dirawat, kendati tak dipakai. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, perhatikan lokasi parkir. Prinsipnya, mobil dapat terhindar dari paparan panas sinar matahari dan air hujan yang bisa membuat cat mobil cepat kotor, kusam, dan memudar, jika diparkir di dalam garasi.

Kedua, cuci mobil hingga bersih. Sebab, meski ditinggal di dalam rumah, mobil tetap bisa kotor oleh debu atau air hujan, sehingga harus dibersihkan. Bagian dalam juga harus dibersihkan mengingat sering dipakai beraktivitas dan mencegah masuknya binatang liar.

Ketiga, keluarkan barang pribadi dari dalam mobil. Keempat, tambah tekanan angin ban. Kelima, hindari penggunaan rem parkir dan isi penuh tangki bensin. Ada kasus di mana kampas rem menempel kuat ke bagian dalam teromol dan sulit lepas, karena mobil diparkir terlalu lama. Selain itu, bahan bakar di dalam mobil yang ditinggal dalam jangka waktu lama tidak bisa dibiarkan kosong, karena akan mengakibatkan oksidasi dan membuat karat timbul di dalam tangki bensin.

Keenam, panaskan dan jalankan mobil. Mesin mobil harus dipanaskan seminggu dua kali selama 10 menit untuk mengisi arus aki dan oli mesin bersirkulasi. Bawa mobil keliling lingkungan rumah agar ban berputar dan terhindar dari kerusakan akibat hanya bertumpu di satu titik.

Ketujuh, waspada kebocoran. Lakukan pemeriksaan secara berkala ke seluruh bagian mobil, seperti ruang mesin, kabin, hingga bagian kolong untuk memastikan tidak ada kebocoran.

Kedelapan, perbaiki bodi dan rawat kabin kendaraan. Selagi tidak ada kegiatan rutin, Anda dapat memanfaatkan momen libur Lebaran untuk memperbaiki bodi kendaraan yang rusak. Melalui program yang berlaku antara 3 Mei–30 Juni 2021, konsumen Toyotabisa memanfaatkan diskon biaya jasa perbaikan bodi sebesar Rp 300 ribu untuk perbaikan dan perawatan bodi kendaraan dengan transaksi minimal Rp 1,5 juta atau klaim asuransi minimal Rp 3,5 juta. Masih ditambah bonus diskon 5% untuk 104 parts yang diganti.

“Momen libur Lebaran merupakan waktu yang tepat untuk mengistirahatkan dan merawat mobil kesayangan agar kembali prima,” ujar Nur Imansyah Tara, aftersales division head Auto2000, Sabtu (8/5/2021).

 

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN