Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi kebebasan finansial. (ist)

Ilustrasi kebebasan finansial. (ist)

Tiga Tips Mudah Raih Kebebasan Finansial

Kamis, 23 September 2021 | 13:01 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - Istilah bebas finansial sudah tidak asing lagi bagi anak muda, bahkan telah menjadi tujuan dan impian semua orang. Bebas finansial merupakan kondisi di mana seseorang tidak perlu memusingkan masalah dana untuk membeli keperluannya karena memiliki pendapatan pasif dari investasi dan bisnis.

Untuk dapat meraih kebebasan finansial bisa melalui banyak cara. Tetapi ada tiga hal utama yang dapat dilakukan, yaitu mengelola keuangan, membuat perencanaan pengeluaran dan menabung.

Pengelolaan keuangan didasarkan pada tingkat penghasilan, tanggungan, dan tujuan keuangan. Dengan begitu, tingkat pemahaman keuangan tiap orang akan berbeda.

Salah satu cara mengelola keuangan adalah dengan menerapkan pola 4-3-2-1 yang berarti 40% disiapkan untuk kebutuhan dasar seperti makan, ongkos transportasi dan membeli kuota internet, 20% dapat disisihkan di tabungan atau investasi untuk kebutuhan di masa depan, 30% bisa masuk ke dalam perencanaan bisnis, dan 10% tentunya masih cukup untuk minum kopi bersama teman-teman.

Sementara itu, dalam perencanaan keuangan, perlu diatur agar pengeluaran seimbang. Jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang alias pengeluaran lebih besar daripada pemasukan. Kondisi ini  bisa Anda hindari dengan mengenali mana yang benar-benar diutuhkan dan mencatat setiap pengeluarannya sebagai bahan evaluasi.

Jangan lupa untuk membuat dana cadangan atau darurat saat mengelola keuangan pribadi. Jangan mencampur dana ini dengan dana lainnya agar dapat menghindari penggunaan secara tidak sengaja. Sebab, dana ini sangat penting untuk kebutuhan mendesak atau darurat seperti saat sakit.

Ketiga, mulai menabung sejak muda. Seiring dengan itu, MNC Bank menawarkan menabung bersama MotionBanking. Selain cara untuk membuka tabungan di MotionBanking sangat mudah, Anda juga bisa mendapatkan saldo sebesar Rp 25 ribu.

"Untuk menjadi nasabah, caranya mudah. Unduh aplikasi MotionBanking di Google PlayStore dan Apple AppStore melalui tautan berikut bit.ly downloadMotionBanking kemudian isi data diri lalu swafoto dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP)," tulis manajemen MNC Bank, Kamis (23/9/2021).

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN