Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pengunjung berada di kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Jakarta, beberapa waktu lalu (Foto: . Investor Daily/David Gita Roza)

Pengunjung berada di kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Jakarta, beberapa waktu lalu (Foto: . Investor Daily/David Gita Roza)

Dapat Tawaran Investasi? Waspada Surat Izin Palsu yang Mengatasnamakan OJK

Senin, 27 September 2021 | 18:30 WIB

JAKARTA, investor.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau masyarakat agar selalu waspada saat menerima tawaran produk dan investasi keuangan, mengingat saat ini sedang marak surat izin palsu yang mengatasnamakan OJK.

Dilansir dari akun resmi Instagram OJK, masyarakat diminta untuk mengecek terlebih dahulu keaslian surat izin.

Menurut OJK, surat izin palsu umumnya tidak tertulis dengan rapi karena jenis dan ukuran huruf tidak sama dalam satu surat.

"Jenis usaha yang dicantumkan tidak berada di bawah pengawasan OJK. Contoh, forexcrypto, koperasi simpan pinjam, investasi trading, emas," ujar OJK.

Surat izin palsu biasanya menduplikasikan nama perusahaan/entitas legal dengan menggunakan alamat palsu. Terdapat pula QR Code pada surat izin tersebut. Namun, QR Code ini tidak bisa dipindai. Jika dipindai, konsumen akan diarahkan ke hal yang berbeda.

Untuk memastikan keaslian surat, masyarakat juga bisa menghubungi Kontak OJK 157 @kontak157 melalui nomor telepon 157, WhatsApp 081 157 157 157, atau e-mail konsumen@ojk.go.id.

Pastikan pula legalitas dan identitas (website, akun media sosial, nomor telepon, alamat, dan e-mail) telah sesuai dengan perusahaan asli.

"Ingat perusahaan yang berizin OJK dilarang menawarkan melalui sarana komunikasi pribadi tanpa persetujuan konsumen," tutup OJK.

Editor : Jayanty Nada Shofa (JayantyNada.Shofa@beritasatumedia.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN