Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi investasi. Foto: Tumisu (Pixabay)

Ilustrasi investasi. Foto: Tumisu (Pixabay)

Raih Kebebasan Finansial dengan Berinvestasi Sejak Dini

Selasa, 28 September 2021 | 10:04 WIB

JAKARTA, investor.id - Kebebasan finansial menjadi impian segenap generasi milenial. Memulai investasi sedini mungkin bisa menjadi cara menuju kebebasan finansial di usia muda. Dalam hal ini, investasi reksa dana bisa menjadi pilihan karena mudah dijangkau oleh investor pemula.

Untuk mulai berinvestasi, kita harus menentukan target atau tujuan investasi masing-masing. Kita juga harus memastikan profil risiko sebelum mulai berinvestasi dan jangka waktu berinvestasi. Kemudian, pilih produk investasi sesuai tujuan investasi dan profil risiko dan jangka waktu investasi. Perlu diingat imbal hasil investasi memang tidak instan, tetapi bisa berbuah manis. Untuk itu, disiplin dan niat menjadi kunci dalam berinvestasi.

Di saat yang sama, investor khususnya para pemula perlu waspada dengan investasi bodong.

Kita harus mengetahui perusahaan investasi yang mengelola dana investasi kita. Serta produk investasi yang ditawarkan dan apa saja aset yang mendasari. Jangan sampai tergiur dengan investasi yang menawarkan imbal hasil atau return yang tidak masuk akal.

Bagi investor awam, jangan sampai berinvestasi hanya karena ikut-ikutan teman atau takut ketinggalan. Investasi memiliki prinsip high risk-high return, artinya semakin tinggi tingkat risiko yang dapat kita ambil, maka potensi imbal hasilnya semakin tinggi, dan sebaliknya. Sehingga perlu dipikirkan baik-baik, sebelum menempatkan dana kita ke dalam produk investasi yang akan dipilih.

Lalu bagaimana kita bisa mengelola risiko tersebut? Kita harus diversifikasi aset dengan mengalokasikan portofolio di berbagai produk yang bisa memberikan imbal hasil berimbang. Kemudian, kita juga harus mengalokasikan dana sesuai profil risiko dan jangka waktu investasi. Investasi sebaiknya dilakukan dengan rutin untuk jangka waktu investasi yang lama misalnya 5 – 10 thn. Jangan lupa untuk selalu mereview portofolio dalam waktu tertentu (biasanya setiap 6 bulan atau setahun sekali) dan jika belum sesuai dengan ekspektasi, kita bisa menambah atau mengalihkan ke produk reksa dana yang lain.

PT Bank Permata Tbk (PermataBank) menyediakan layanan investasi reksa PermataME Wealth Management untuk membantu generasi muda bebas secara finansial.

PermataME Wealth Management menghadirkan beragam pilihan produk reksa dana yang bisa disesuaikan dengan tujuan investasi dan profil risiko, misalnya reksa dana pasar uang untuk investasi jangka pendek, dan reksa dana saham untuk investasi jangka panjang. Nilai minimal untuk berinvestasi bisa mulai dari Rp 100.000, sehingga cocok untuk anak muda dan investor pemula. Tak hanya itu, portofolio reksa dana di PermataME Wealth Management dikelola oleh para profesional dari perusahaan manajer investasi yang ahli dan berpengalaman di bidangnya

Nasabah juga tidak perlu khawatir untuk berinvestasi di tengah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). PermataBank sudah menghadirkan fitur pembuatan nomor identitas tunggal investor (SID) di aplikasi PermataMobile X dan internet banking PermataNet. Dengan PermataMobile X, membeli produk reksa dana bisa dilakukan dalam genggaman tanpa harus ke cabang. Praktis, bukan?

Investasi adalah salah satu cara menabung yang baik untuk masa depan dan harus dimulai sejak dini. Karena masa depan yang baik adalah masa depan yang sudah dipersiapkan. Jadi tunggu apa lagi? Ayo mulai berinvestasi reksa dana dengan PermataME Wealth Management.

Editor : Jayanty Nada Shofa (JayantyNada.Shofa@beritasatumedia.com)

Sumber : PR

BAGIKAN