Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi para ibu yang tinggal di kawasan perkotaan atau urban moms dalam mengelola dana pengeluaran. ( Foto: Istimewa )

Ilustrasi para ibu yang tinggal di kawasan perkotaan atau urban moms dalam mengelola dana pengeluaran. ( Foto: Istimewa )

Strategi Urban Moms Kelola Dana Tanpa Harus Mengencangkan Ikat Pinggang

Jumat, 5 November 2021 | 09:20 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Bagi para ibu yang tinggal di kawasan perkotaan alias urban Moms, jelang akhir tahun biasanya diprediksi semakin banyak melakukan pengeluaran atau belanja yang menggoda dompet.

Mulai dari rencana liburan atau staycation sekeluarga di berbagai destinasi wisata, potongan-potongan harga dan tawaran-tawaran menggiurkan di berbagai e-commerce, hingga pengeluaran wajib tahunan lainnya. Alhasil, biasanya para urban Moms itu diharuskan memiliki strategi agar tetap cermat dalam mengelola dana.

Berikut 5 tips mengelola dana secara efisien dan cerdas a la Maybank Indonesia yang dapat diterapkan para urban Moms:

  1. Bedakan rekening untuk transaksi dengan rekening tabungan

Setiap ibu tentu memiliki pengeluaran harian, mingguan, hingga bulanan, yang harus dicatat dan dipantau dengan seksama. Oleh karena itu, memiliki berbagai ‘kantong’ untuk beragam fungsi adalah solusi dalam mendorong kedisiplinan mengelola dana. Kehadiran Maybank Tabungan U dan U iB yang memiliki fitur 2-in-1 rekening membantu moms lebih simple dalam melakukan pengelolaan.

  1. Jangan panic buying! Buat daftar belanja berdasarkan skala prioritas

Dengan membuat kategori pos keuangan serta daftar barang dan jasa yang dibutuhkan, dapat menjaga Moms agar tidak ‘kecolongandalam berbelanja. Pengalokasian dana untuk berbagai pos keuangan juga akan membantu dalam menyeimbangkan neraca rumah tangga.

Manfaat lainnya adalah agar Moms tidak panic buying karena impulsif atau peer pressure sehingga dapat memandang situasi dengan akal sehat. Panic buying sangat merugikan keuangan rumah tangga karena ada tendensi untuk membeli barang secara berlebihan.

  1. Cermati biaya administrasi yang dibebankan oleh bank

Coba hitung di benak Moms. Dalam satu bulan, berapa kali Moms harus melakukan transfer ke bank lain untuk berbagai kebutuhan? Berapa kali ada urgensi untuk menarik dana di ATM tanpa harus berhitung dulu biayanya bila menggunakan ATM bukan dengan logo Bank bersangkutan? Biaya-biaya tersebut seolah tidak terasa karena dianggap tidak banyak, tetapi jika diakumulasikan terus menerus, nilainya akan cukup fantastis.

  1. Jeli dalam memanfaatkan promo dari bank

Pintar menabung bukan berarti menunda-nunda kesenangan. Jalan-jalan akhir pekan bersama keluarga untuk melepas penat dan stres juga merupakan sebuah aktivitas bonding efektif bagi orang tua dan anak. Moms dapat menikmati potongan harga dan discounts di lebih dari 270 outlet merchant yang menjalin kerjasama dengan Maybank.

  1. Manfaatkan tiap kesempatan untuk mencoba peruntungan.

Bak durian runtuh, hoki atau peruntungan pada dasarnya menghampiri orang-orang yang beruntung dan terus giat mencoba peruntungan. Jika telah menjadi nasabah Maybank, Moms dapat mengikuti program “My Happy & Lucky Bank” dengan syarat bertransaksi aktif melalui M2U ID App.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat konsumsi pada kuartal I/2020 naik 2,83% secara tahunan. Kemudian, konsumsi pada kuartal II/2020 terkontraksi 5,52%, dan berlanjut di kuartal III minus 4,05%, serta kuartal IV minus 3,61%. Secara akumulatif, pada sepanjang 2020, konsumsi rumah tangga mengalami minus sebesar 2,63% Hal ini menandakan bahwa adanya pengencangan ikat pinggang dalam expenses kebutuhan pokok rumah tangga. Jika belanja kebutuhan pokok mengalami pengencangan, maka biaya hiburan atau leisure tentu menjadi pos pengeluaran pertama yang dihentikan.

“Kami mengeluarkan Maybank Tabungan U & U iB berdasarkan aspirasi dan pain point terkait pengelolaan keuangan yang dihadapi oleh keluarga-keluarga Indonesia pada umumnya. Misalnya mengatur dan memilah antara pengeluaran rumah tangga, rekreasi dan tabungan, di mana Moms harus membuat keputusan finansial agar dapat memenuhi kebutuhan pokok sekaligus menjaga kesejahteraan keluarga,” ujar Head of Consumer Maybank Indonesia, Sukiwan dalam siaran pers, Kamis (4/11)

Dia menambahkan bahwa kemampuan untuk mengoptimalkan dana rumah tangga merupakan seni dan tantangan tersendiri bagi para ibu. “Tidak terkecuali bagi Moms yang tinggal di perkotaan di mana biaya kebutuhan pokok relatif lebih tinggi. Di sinilah Maybank Tabungan U & U iB menjadi mitra pengatur keuangan bersama Moms,” katanya.

Maybank Tabungan U dan U iB yang memiliki fitur 2-in-1 rekening yang membantu para ibu lebih mudah untuk mengelolanya. U Transactional berfungsi sebagai rekening utama yang dapat digunakan untuk transaksi keuangan sehari-hari, seperti berbelanja, bayar tagihan bulanan, transfer antar bank hingga isi ulang berbagai aplikasi e-wallet. Sementara itu, U Goal Saver, bagian dari Maybank Tabungan U dan U iB, berfungsi sebagai rekening untuk menabung. Para ibu pun dapat menyisihkan dana untuk ditabung ke dalam U Goal Saver mulai dari Rp 100ribu/bulan dengan beragam pilihan durasi menabung.

Sukiwan menyampaikan, Maybank Tabungan U dan U iB memberikan solusi bebas biaya transaksi tarik tunai di ATM Bank mana saja hingga 30 kali per bulan dan bebas biaya transfer online ke bank lain hingga 10 kali per bulan, khusus melalui M2U ID App. Di samping itu, dengan menjaga rata-rasa saldo di bulan sebelumnya hanya Rp 500 ribu, Moms juga tidak perlu pusing dengan biaya administrasi di bawah saldo minimum bulanan.

Selain itu, apabila Moms baru akan membuka rekening maka pembukaan Maybank Tabungan U atau U iB melalui M2U ID App pun akan mendapatkan 5 (lima) poin, menjaga saldo rata-rata Rp 2 juta per bulan mendapatkan 1 (satu) poin, dan tersedia juga tambahan poin 10% dari total poin nasabah baru yang direferensikan. Adapun pengumpulan poin program “My Happy & Lucky Bank” berlangsung hingga 31 Maret 2022.

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN