Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi MotionBanking. (ist)

Ilustrasi MotionBanking. (ist)

Tiga Kebiasaan yang Bikin Jebol Kantong Pekerja Muda

Jumat, 19 November 2021 | 14:01 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - Sebagai seorang fresh graduate yang sudah lulus dari status pelajar, mendapatkan pekerjaan merupakan langkah pertama untuk belajar mandiri secara finansial. Terlebih, momentum baru saja lulus juga menjadi penggalan yang istimewa bagi setiap milenial.

Namun, seorang fresh graduate pekerja muda seringkali kurang memiliki kontrol atas keinginan apalagi bila sudah mempunyai penghasilan tetap. Tiga pengeluaran ini seringkali menyebabkan fresh graduate merasa penghasilannya selalu kurang.

Pertama, menurut riset MNC Bank, membeli barang bermerek. Biasanya, mereka merasa bisa mencicil barang bermerek, walaupun harga barang tersebut mahal. Kedua, nongkrong di kafe setiap hari. Dengan harga kopi Rp 25 ribu per cangkir, para fresh graduate merasa itu adalah pengeluaran kecil. Apalagi kopi sudah menjadi sebuah kebutuhan untuk memacu mereka lebih produktif. Pengeluaran rutin ini bisa menguras penghasilan fresh graduate tanpa disadari.

Ketiga, budaya thanks god it’s friday (TGIF). Budaya TGIF yang telah diterapkan sejak kuliah membuat kebiasaan ini susah dihilangkan. Kebiasaan merayakan datangnya hari Jumat dengan bersenang-senang bersama teman pastinya menguras penghasilan.

Pengeluaran-pengeluaran ini mungkin sudah menjadi bagian hidup dari fresh graduate dan akan susah untuk dihilangkan. Karena itu, MNC Bank menyebut, cara untuk mengatasinya adalah dengan menambah penghasilan.

Salah satunya dengan membuka rekening di MotionBanking PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank, unit usaha dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group. Sebab, ada program referral yang bisa bikin saldo tabungan naik.

Melalui program referral, para fresh graduate berkesempatan mendapat bonus saldo sebesar Rp 10 ribu sebagai modal awal tabungan. Baik referrer (yang mengajak) maupun referee (yang diajak), akan mendapat hadiah yang sama. Untuk menjadi nasabah, caranya unduh aplikasi MotionBanking di Google PlayStore dan Apple AppStore, kemudian isi data diri, dan swafoto dengan kartu tanda penduduk (KTP).

 

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN