Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi menabung. (st)

Ilustrasi menabung. (st)

Ini Beda Gaya Hidup Hemat dan Pelit

Rabu, 24 November 2021 | 18:10 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - Seseorang yang baru memulai gaya hidup menabung pasti akan langsung membatasi pengeluaran yang dilakukannya. Hal ini dilakukan agar uang yang dapat ditabung dapat lebih besar jumlahnya.

Namun seringkali karena terlalu fokus kepada nominal, seseorang menjadi takut untuk mengeluarkan uang untuk berbagai kepentingan yang memiliki nilai lebih.

Chief Operating Officer MotionBanking, aplikasi bank digital MNC Bank, Teddy Tee menjelaskan, biasanya saat mulai menabung, masyarakat menjadi takut atau enggan untuk mengeluarkan uang dengan nominal lebih dari bujet yang ditentukan agar uang yang disimpan bisa lebih banyak.

Padahal, tambah Teddy, bukan berarti mengeluarkan uang lebih itu artinya boros. Oleh karena itu, penting mengetahui jenis-jenis pengeluaran agar masyarakat dapat bijak dalam mengeluarkan uang.

Menurut dia, ada empat cara cerdas membedakan gaya hidup hemat dan pelit dari MotionBanking. Pertama, prinsip price vs value. Seseorang yang pelit biasanya melihat kebutuhan berdasarkan harga, sedangkan orang yang hemat melihat kebutuhan dari segi nilai yang bisa didapatkan.

Kedua, dia melanjutkan, prinsip kebutuhan dan keinginan. Orang perlu membedakan mana yang menjadi kebutuhan dan keinginan dapat membuat seseorang menjadi lebih bijak dalam mengeluarkan uang.

Ketiga, kata dia, cari berbagai macam opsi. Orang yang hemat akan selalu memiliki banyak opsi untuk bisa mencapai tujuannya, sedangkan orang yang pelit biasanya mengorbankan tujuannya untuk sepenuhnya menabung.

Keempat, dia menegaskan, sistem rewarding. Memberikan hadiah kepada diri sendiri juga penting dalam menabung. Hal ini dilakukan untuk memberikan dorongan mental agar gaya hidup menabung yang dijalani terasa menyenangkan.

“Seseorang yang enggan memberikan reward ke diri sendiri bisa merasa kalau gaya hidup menabung itu sangatlah sulit,” kata dia, Rabu (24/11/2021).

Dia menuturkan, MotionBanking yang berada di bawah naungan MNC Group memberikan fasilitas bagi masyarakat yang ingin memulai gaya hidup menabung. Dengan MotionBanking, masyarakat bisa mendapatkan bunga tabungan dengan suku bunga hingga 3,5% per tahun.

Untuk menjadi nasabah, caranya pun mudah. Unduh aplikasi MotionBanking di Google PlayStore dan Apple AppStore melalui tautan berikut bit.ly/downloadMotionBanking kemudian isi data diri, lalu swafoto dengan kartu tanda penduduk (KTP).

 

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN