Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi generasi sandwich. ( Foto: Istimewa )

Ilustrasi generasi sandwich. ( Foto: Istimewa )

Memutus Mata Rantai Generasi Sandwich, Ini Caranya

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 17:05 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Istilah generasi sandwich atau sandwich generation kerap muncul dan menjadi trending topic. Generasi sandwich sendiri merujuk pada seseorang yang memiliki peran ganda untuk bertanggung jawab atas kehidupan generasi di atasnya, yakni orangtua atau keluarga yang membesarkannya, dan generasi di bawahnya, yaitu anak-anak alias keluarga yang sedang ia besarkan.

Terkait hal itu, Bibit.id – sebagai aplikasi investasi reksa dana dan Surat Berharga Negara – mengajak masyarakat Indonesia untuk bersama-sama memutus mata rantai generasi sandwich. Alasannya? Karena menjadi generasi sandwich itu sulit.

Baca Juga: Perencanaan Hari Tua yang Matang Bagi Generasi Sandwich

Mungkin skenario kehidupan yang dialami seseorang berbeda-beda, namun intinya tetap sama, yakni menjadi generasi sandwich itu tidak mudah. Semisal bagi yang sudah berusia 26 tahun dan sedang ingin menikmati hasil kerjanya, tapi di saat bersamaan harus membantu orangtua membiayai biaya pendidikan adik yang masih kuliah dan masih SMP. Terlepas tinggal di jantung kota Jakarta atau di kaki Gunung Merbabu, sama-sama punya tanggungan hidup yang tidak ringan.

PR & Corporate Communication Lead Bibit William mengatakan bahwa Bibit memiliki fitur-fitur yang diklaim dapat memutus rantai generasi sandiwch. Terlepas Anda adalah anak pertama dari tiga bersaudara dan orangtua Anda membuka kios kecil di rumah atau bekerja sebagai penjaga kantin sekolah, dan di saat yang sama Anda harus berjuang menghidupi keluarga besar sambil mempersiapkan masa depan Anda sendiri. Mungkin juga Anda sedang berjuang seorang diri atau bersama pasangan. Walau setiap orang berada dalam keadaan yang berbeda.

Baca Juga: Bibit.id Jadi Midis Fintech dengan Penjualan SR017 Tertinggi

“Pertama-tama, kita perlu sama-sama menyadari bahwa konsistensi dalam berinvestasi merupakan cara yang paling ampuh agar bisa mempersiapkan diri dalam menjawab kebutuhan keuangan yang berbeda-beda,” ujar William dalam siaran pers, Sabtu (22/10).

Pada fitur Nabung Rutin di Bibit, pengguna dapat disiplin serta tidak lupa dalam berinvestasi. Anda bisa menggunakan metode pembayaran via GoPay atau Bank Jago untuk mengaktifkan fitur Nabung Rutin (autodebit). Bagi Anda yang menggunakan metode pembayaran lain, jangan khawatir, Bibit punya fitur reminder atau pengingat agar di tanggal yang sudah kamu tentukan, Bibit akan mengingatkan untuk berinvestasi,” kata William.

Baca Juga: Astra Life TingkatkanLiterasi Keuangan bagi Generasi Sandwich

Ada filosofi di balik fitur Nabung Rutin yakni Dollar Cost Averaging (DCA), sebuah metode sederhana untuk menginvestasikan jumlah uang yang sama setiap bulan atau pun setiap minggu. Dalam kaitannya dengan investasi reksa dana, metode DCA memungkinkan Anda membeli unit yang lebih banyak pada waktu harga turun dan lebih sedikit pada waktu harga naik. Tanpa harus peduli pada kondisi ekonomi. Tanpa peduli harga sedang naik atau turun. Metode ini juga yang dianjurkan oleh guru investasi seperti Warren Buffett.

Sedangkan cara kedua, berinvestasi di Bibit sesuai profil risiko dengan dibantu Robo Advisor Bibit yang teruji secara ilmiah, serta bisa dimanfaatkan secara gratis. Selanjutnya, ada juga fitur Goal Setting yang dapat digunakan untuk menjadikan investasimu lebih terarah dalam rangka mencapai tujuan keuangan.

Baca Juga: Bibit Jadi Solusi Investasi di Tengah Ketidakpastian Ekonomi 

“Misalnya, Anda berniat mengumpulkan dana pendidikan untuk lanjut S2 sebesar Rp 50 juta dalam waktu dua tahun ke depan atau ingin menyiapkan dana pensiun sebesar Rp 1 miliar dalam waktu 15 tahun ke depan, fitur Goal Setting Bibit dapat menghitungkan berapa jumlah uang yang perlu diinvestasikan setiap bulannya. Ini merupakan langkah awal dalam menyambut masa depan yang penuh persiapan sehingga Anda bisa memutus mata rantai generasi sandwich,” ungkap William.

Terakhir, lanjut William, Bibit adalah aplikasi investasi yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bibit pun telah diakui sebagai salah satu aplikasi investasi terbaik Tanah Air. Ini dibuktikan lewat raihan penghargaan “The Best Fintech Company” dalam CNBC Indonesia Awards 2021 serta penghargaan Indonesia WOW Brand 2022 dari MarkPlus, Inc. untuk kategori aplikasi investasi.

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : PR

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com