Menu
Sign in
@ Contact
Search
Antisipasi PHK dengan menyiapkan lima hal

Antisipasi PHK dengan menyiapkan lima hal

Antisipasi PHK, Siapkan Lima Hal Ini

Sabtu, 26 Nov 2022 | 18:51 WIB
Windarto (redaksi@investor.id)

Jakarta, Investor.id – Putus Hubungan Kerja (PHK) menjadi kabar yang tidak menyedapkan bagi siapapun, apalagi di tengah kondisi ekonomi yang sedang muram seperti saat ini. Kabar PHK massal dari beberapa perusahaan belakangan ini seiring kondisi perekonomian membuat perusahaan harus melakukan efisiensi agar tetap beroperasi.

Kendati demikian, laporan Badan Pusat Statistik (BPS) pada kuartal III/2022 yang mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia 5,72% year on year memberi harapan ekonomi Indonesia membaik dan tetap tumbuh positif di saat negara-negara lain tengah kesulitan. Pertumbuhan positif ini diharpakan terus berlanjut di tahun 2023 sehingga PHK pun akan berkurang.

Co Founder Lifepal.coid Benny Fajarai berbagi kiat dalam mengantisipasi risiko PHK di tengah kondisi ekonomi yang masih penuh ketidakpastian seperti saat ini.

  1. Memiliki Pendapatan Sampingan. Selain penghasilan utama dari pekerjaan yang dimiliki saat ini, ada baiknya memiliki penghasilan tambahan atau sampingan. Meski nilai yang dihasilkan tidak sebesar pendapatan utama, dengan memiliki penghasilan tambahan ada rasa aman manakala terjadi PHK. Karena itu, jangan menunda untuk mencari peluang dan mengambil kesempatan untuk memiliki penghasilan tambahan (sampingan). Karena tidak menutup kemungkinan, penghasilan tambahan ini dapat menjadi penyelamat dana darurat, bahkan meningkatkan tabungan.

    Advertisement
  2. Siapkan Dana Darurat yang Cukup. Dana darurat salah satunya berperan untuk menopang kebutuhan hidup saat terkena PHK. Setidaknya dana darurat yang dimiliki 3-6 kali pengeluaran bulanan, sementara untuk yang sudah berkeluarga sebaiknya 6-12 bulan pengeluaran bulanan. Jika belum mempunyai dana darurat, sangat disarankan untuk segera menyisihkan dari penghasilan bulanan, karena dana ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan mendesak.

  3. Punya Asuransi Kesehatan dan Kendaraan. Memiliki asuransi keseheatan dan kendaraan merupakan hal wajib di masa sulit seperti ini. Antisipasi ini untuk mencegah pengeluaran apabila terjadi risiko pada diri atau kendaraan. Jangan sampai menyesal di kemudian hari saat terjadi risiko, dan dana yang harus dikeluarkan ternyata besar. Padahal dengan berasuransi, dapat melindungi keuangan Anda.

  4. Memiliki Catatan Anggaran dan Pemasukan yang Jelas dan Detail. Membiasakan mencatat pengeluaran secara rutin dan detail bermanfaat untuk mengelola neraca keuangan keluarga. Dari hal-hal yang terlihat sepele seperti pengeluaran parkir, bayar tol dll, dapat untuk mengevaluasi dengan tepat anggaran bulanan apakah sesuai dan surplus atau sebaliknya. Dengan memiliki catatan anggaran dan pemasukan yang tertata rapi, kita bisa dengan bijak mengalokasikan dan menggunakan anggaran dengan lebih bijak. Cara ini sangat cocok dan dianjurkan buat kamu yang ingin mencoba efisiensi dan pengaturan keuangan yang lebih baik.

  5. Meminimalisir Utang dan Ccilan yang Bersifat Konsumtif. Sesuai dengan namanya, utang konsumtif merupakan jenis utang yang digunakan untuk pemenuhan kebutuhan pribadi tanpa hasil yang produktif. Mayoritas dari utang konsumtif digunakan untuk membeli aset atau barang yang akan mengalami depresiasi (penurunan nilai). Meski utang yang bersifat konsumtif tidak selalu memberikan dampak buruk, ada baiknya untuk kamu semakin mengurangi jumlah utang dan cicilan konsumtif. Priortaskan utang dan cicilan untuk memenuhi kebutuhan (needs) dan bukan memenuhi keinginan (wants).

Benny berharap tips tersebut dapat menjadi pertimbangan guna mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan terburuk di masa depan, salah satunya dari ancaman PHK.

Benny menambahkan bahwa ratusan pilihan polis asuransi terbaik, mulai dari pilihan asuransi kendaraan, kesehatan dan jiwa dapat diakses dengan mudah melalui website Lifepal.co.id, atau dengan mengunjungi tautan berikut https://lifepal.co.id/asuransi/ . Masyarakat dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki.

Editor : Maswin (maswin@investor.co.id )

Sumber : Majalah Investor

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com