lustrasi: Jemaah haji mengelilingi Kakbah, bangunan berbentuk kubus di Masjid Al Haram, Mekah, sembari menerapkan jaga jarak.

lustrasi: Jemaah haji mengelilingi Kakbah, bangunan berbentuk kubus di Masjid Al Haram, Mekah, sembari menerapkan jaga jarak.

Tips Atur Keuangan agar Bisa Berangkat Haji dan Umrah

Senin, 28 Nov 2022 | 18:42 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - Bagi umat muslim, menunaikan ibadah umrah atau haji merupakan sebuah pencapaian spiritual tersendiri. Berkunjung ke Tanah Suci menjadi panggilan yang begitu dinanti untuk mendekatkan diri kembali pada Sang Pencipta.

Namun, menjalankan ibadah tersebut diperlukan persiapan mental dan fisik yang prima, serta perencanaan keuangan yang matang, mulai dari disiplin menyisihkan pendapatan hingga memilih jenis simpanan yang tepat. Berikut empat tips yang bisa membantu mewujudkan impian berangkat ke Tanah Suci.

Pertama, bulatkan niat. Sebelum merancang perjalanan ke Mekah, Arab Saudi, Anda bisa memantapkan niat dan memperdalam pengetahuan untuk memahami makna di balik ibadah umrah dan haji terlebih dahulu. Kemudian, yang juga tak kalah penting adalah mengukur kondisi keuangan agar dapat mengatur strategi finansial di tengah tingginya biaya umrah dan haji yang semakin meningkat setiap tahunnya.

Kedua, cari informasi biaya dan biro perjalanan. Sebagian besar, perjalanan ke Tanah Suci tidak dilakukan secara mandiri, melainkan menggunakan travel agent. Oleh karena itu, perbanyak mencari informasi dan referensi dari keluarga atau kolega terdekat yang pernah melakukan perjalanan untuk mendapatkan biaya kompetitif.

Advertisement

Ketiga, sisihkan pendapatan setiap bulan. Sebisa mungkin, coba kurangi pengeluaran yang bukan menjadi prioritas saat ini. Di saat yang sama, secara bertahap, mulai juga terapkan pola hidup hemat saat menggunakan uang untuk memenuhi berbagai kebutuhan, sehingga pengaturan keuangan dapat dilakukan secara tepat guna.

Keempat, pilih tabungan yang tepat.  Untuk membantu Anda merealisasikan impian beribadah ke Tanah Suci, mulailah dengan membuka tabungan dan sisihkan secara teratur dan rutin. Tabungan umrah dan haji merupakan sebuah produk tabungan khusus yang membantu menyimpan dana dan  mendaftarkan para nasabah sebagai calon jemaah haji.

Salah satu tabungan haji dan umrah adalah Maybank Tabungan MyArafah daru unit usaha syariah (UUS) Maybank Indonesia. Maybank Tabungan MyArafah menggunakan prinsip syariah dengan akad mudharabah yang membawa sejumlah manfaat, termasuk jumlah setoran awal yang ringan mulai dari Rp 100 ribu atau US$ 10 dengan bebas biaya administrasi per bulan.

Setiap pembukaan tabungan dengan setoran awal Rp 25 juta. Kelebihan lainnya nasabah langsung mendapatkan perlindungan asuransi syariah hingga Rp 2 miliar untuk jiwa dan kecelakaan tanpa harus membayar premi atau biaya kontribusi, bebas biaya tarik tunai di Arab Saudi menggunakan Maybank Kartu ATM/Debit MyArafah, serta kemudahan untuk mengakses melalui M2U ID App/M2U ID Web.  

“Maybank hadir dengan membawa berbagai solusi finansial syariah yang akan mengakomodasi beragam tujuan finansial, salah satunya membantu masyarakat menunaikan ibadah Haji dan Umrah. Kami percaya bahwa inisiatif shariah first dapat berperan penting dalam membuka cakrawala nasabah akan edukasi finansial syariah yang bermanfaat,” ujar Romy Buchari, head of shariah banking PT Bank Maybank Indonesia Tbk, Senin (28/11/2022).

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com