Menu
Sign in
@ Contact
Search

Selalu Siapkan Cadangan Uang Tunai

Senin, 23 September 2013 | 01:08 WIB
Antara (redaksi@investor.id)

KETERSEDIAAN cadangan uang tunai atau cash merupakan sesuatu yang tetap harus dimiliki, ketika seseorang memutuskan untuk menyebar investasinya. Pasalnya, jika terjadi situasi yang genting, uang tunai dalam jumlah yang cukup pasti dibutuhkan.

Demikian yang diyakini oleh Eric Sugandi, yang saat ini menjabat pengamat ekonomi di Standard Chartered Bank Indonesia. Eric mengaku selalu menjaga agar memiliki dana cash yang mencukupi dan cenderung konservatif dalam berinvestasi.

“Saya kebanyakan menaruh uang saya di reksa dana, juga di saham. Saya juga membeli properti. Tapi, setidaknya sepertiga dari uang saya harus dalam bentuk cash,” kata Eric kepada Investor Daily, baru-baru ini.

Menurut dia, bentuk investasi di aset keras atau riil seperti property membutuhkan waktu cukup lama untuk dapat dicairkan. Sebab itu, setidaknya seseorang perlu menyimpan uangnya di perbankan yang lebih mudah ditarik dalam keadaan darurat.

Sebagai investor yang profil risikonya konservatif, Eric menilai, dia cukup berhati-hati dalam melakukan assesment terhadap risiko. Dia mengatakan, setiap orang tentunya memiliki profil risiko yang berbeda- beda. Namun, bagi orang yang baru memulai berinvestasi atau para kalangan muda, dia menyarankan untuk menginvestasikan uang sedikit demi sedikit.

Baca selengkapnya di Investor Daily versi cetak di https://subscribe.investor.id

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com