Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi fintech: beritasatu.com/IST

Ilustrasi fintech: beritasatu.com/IST

Cara Bijak Manfaatkan Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Senin, 16 November 2020 | 19:54 WIB
Imam Suhartadi (imam.suhartadi@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Layanan cicilan tanpa kartu kredit atau paylater akhir-akhir ini memang sedang trending di kalangan masyarakat Indonesia, terutama yang sering berbelanja online. Ada cukup banyak penyedia layanan ini di Indonesia, salah satunya adalah fitur paylater dari fintech Indodana yang telah bermitra dengan puluhan brand ternama.

Bahkan, tenor cicilan dari layanan Indodana Paylater juga bervariasi hingga 12 bulan. Tidak hanya itu, dengan menjadi pengguna Indodana Paylater, Anda bisa bebas berbelanja karena memiliki limit pinjaman yang besar dan suku bunga yang bersaing. Dengan begitu, tak peduli seberapa banyak Anda berbelanja, asal menggunakan layanan Indodana Paylater, kondisi keuangan akan tetap terjaga.

Keuntungan yang ditawarkan oleh layanan cicilan tanpa kartu kredit adalah kebebasan dan kepraktisan saat berbelanja. Pasalnya, Anda dapat bebas berbelanja produk ataupun jasa yang diinginkan, dan baru melunasi tagihannya di lain waktu.

Selain itu, untuk bisa menjadi pengguna layanan ini, Anda tidak harus memenuhi berbagai persyaratan yang banyak dan ribet selayaknya saat mengajukan kartu kredit. Hal inilah yang membuat para penggemar belanja online banyak yang tergiur untuk bisa menjadi salah satu pengguna layanan ini. 

Akan tetapi, di balik keuntungan tersebut, layanan cicilan tanpa kartu kredit berisiko meningkatkan pengeluaran dan membuat beban cicilan menjadi terlalu besar.

Jika berlangsung terlalu lama, bukan tidak mungkin penggunaan fitur paylater yang kurang tepat dapat menjadi pemicu kondisi keuangan yang buruk. Agar hal tersebut tidak terjadi, simak 4 cara bijak dalam berbelanja menggunakan cicilan tanpa kartu kredit berikut ini. 

1. Hanya Manfaatkan Layanan untuk Belanja Produk Prioritas dan Penting

Adanya layanan cicilan tanpa kartu kredit memang sebenarnya ditujukan untuk membuat transaksi konsumen lebih mudah dan praktis. Namun, karena tak merasa mengeluarkan uang, tak sedikit pengguna layanan tersebut yang mudah tergiur dan membeli barang apapun yang terlihat bagus, walaupun sebenarnya tidak dibutuhkan.

Meski untuk membeli barang dengan harga yang murah, jika dilakukan dengan sering, tidak butuh waktu lama Anda akan menyadari bahwa tagihan dari cicilan tanpa kartu kredit telah selangit.

Oleh karena itu, agar hal tersebut tidak terjadi pada Anda, usahakan untuk memanfaatkan layanan cicilan tanpa kartu kredit hanya untuk berbelanja produk yang penting dan diprioritaskan. 

2. Jangan Gunakan Paylater saat Rasio Utang Sudah Melebihi 30%

Salah satu indikasi bahwa kondisi keuangan Anda stabil dan terhindar dari risiko utang berkepanjangan adalah beban cicilan utang yang tidak sampai 30% dari total penghasilan bulanan.

Sebagai contoh, jika seluruh penghasilan bulanan Anda adalah 10 juta, maka batas maksimal cicilan utang Anda setiap bulannya adalah 3 juta saja. Jika melebihi itu, bisa dibilang ancaman untuk kesulitan memenuhi kebutuhan hidup sedang mengintai Anda.

Nah, cicilan dari pemakaian layanan paylater untuk berbelanja juga termasuk sebagai beban utang yang nilainya tidak boleh lebih dari 30% gaji Anda.

Selain dapat berimbas buruk pada kondisi keuangan, beban cicilan utang yang terlalu besar juga dapat membuat pengajuan layanan paylater lebih berpotensi untuk ditolak. 

Bahkan, jika terlanjur membuat skor kredit Anda memburuk, di masa yang akan datang Anda akan kesulitan dalam mengajukan kredit atau pinjaman jenis apapun. Untuk itu, tahan dulu keinginan berbelanja dengan cicilan online hingga tagihan utang Anda dalam rasio yang aman.

3. Lakukan Dulu Simulasi Cicilan dan Cek Benefit yang Didapatkan

Selayaknya layanan kartu kredit, cicilan tanpa kartu kredit juga menawarkan beragam benefit yang bisa didapatkan oleh setiap penggunanya. Beberapa penawaran seperti pemberian diskon khusus serta poin rewards menjadi keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat berbelanja dengan metode pembayaran ini. 

Sebagai contoh, di Indodana Paylater, Anda dapat menggunakan layanannya untuk berbelanja berbagai macam produk dari puluhan mitra ternama di Indonesia.

Dengan beban bunga yang kompetitif dan pilihan tenor yang variatif, cicilan yang harus Anda lunasi saat menggunakan Indodana Paylater tidak akan membuat arus keuangan berantakan.  

Bahkan, sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan Indodana Paylater, Anda bisa terlebih dahulu melakukan simulasi cicilan. Yang pasti, Indodana Paylater menjalankan layanannya dengan transparan dan tidak ada biaya tambahan dan tersembunyi yang tanpa disadari bisa membuat beban tagihan semakin berat.

4. Pastikan Merchant Online Mempunyai Kebijakan Return dan Refund

Banyak digunakan saat berbelanja online, kelemahan dari layanan paylater adalah Anda tidak bisa melihat kondisi barang dan kualitasnya secara langsung.

Bukan tidak mungkin saat sudah sampai di tangan Anda, barang yang dibeli ternyata memiliki kecacatan atau tidak sesuai dengan ekspektasi. Jika masalah tersebut terjadi, Anda tentu akan mengajukan komplain ke pemilik toko online dan meminta return barang atau refund. 

Hal inilah yang mengharuskan Anda untuk memahami betul kebijakan refund, pengembalian barang, atau pembatalan transaksi yang dimiliki oleh merchant online.

Selain itu, saat barang yang dibeli secara online sudah diterima, pastikan untuk memeriksa kecakapan dan kualitas produk. Dengan begitu, saat ditemukan hal yang tidak sesuai pada produk, Anda bisa langsung mengirimkan bukti foto dan mengajukan return atau refund.

Layanan cicilan tanpa kartu kredit memang dibuat dengan tujuan untuk memudahkan kegiatan berbelanja para konsumen.

Namun, di sisi lain, kemudahan dan kepraktisan dari layanan tersebut dapat menjadi pemicu kalap belanja dan membuat pengeluaran melonjak tajam. Agar hal tersebut tidak terjadi, pastikan untuk mengikuti cara bersikap bijak di atas saat berbelanja menggunakan cicilan tanpa kartu kredit.



 

Editor : Imam Suhartadi (imam_suhartadi@investor.co.id)

BAGIKAN