Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

INASARI ANDAYANI ATMODJO, Gaya Hidup Pengaruhi Kondisi Keuangan

Sabtu, 15 Februari 2014 | 01:28 WIB
Anis Rifatul Ummah

GAYA hidup dinilai menjadi faktor yang ikut menentukan kondisi keuangan seseorang. Apabila seseorang memperturutkan gaya hidupnya, tentu kondisi keuangannya akan bermasalah. Demikian pandangan pemilik nama lengkap Inasari Andayani Atmodjo.

Oleh karena itu, kata Ina—begitu ia kerap disapa—, pengaturan dan perencanaan keuangan menjadi hal penting untuk dilakukan oleh setiap individu. “Sebagai manusia, saya juga tidak luput dari pengalaman dimana mengharuskan saya untuk mengatur kondisi keuangan,”ujar dia di Jakarta, Jumat (14/2).

Dengan mengandalkan pengalamannya yang lama berkecimpung di industri keuangan, Ina mengatur investasi ini dengan sebaik-baiknya. Head of Credit Life and Bancassurance Team Leader PT Panin Dai-ichi Life ini memakai prinsip “don’t put all eggs in one basket”.

Artinya, jenis investasi itu harus dibedakan untuk bisa meminimalisir tingkat risikonya. Ina membagi investasinya sesuai dengan karakter kebutuhan keuangannya, misalnya jangka pendek, menengah maupun jangka panjang. Untuk investasi jangka panjang, dia memilih produk-produk asuransi jiwa dengan produk investasi di dalamnya atapun asuransi jiwa tradisional yang memberikan manfaat seumur hidup.

Sedangkan untuk jangka menengah, Ina memilih instrumen yang memiliki unsur likuiditas yang lebih fleksibel seperti asuransi jiwa tradisional yang memiliki periode pemberian manfaat yang telah ditentukan. Sementara untuk investasi jangka pendek, Ina memilih menggunakan tabungan dan deposito jangka pendek, ataupun asuransi yang memberikan benefit bagi kondisi kesehatan dan keluarga. “Jenis instrumen ini bisa digunakan sebagai dana cadangan untuk kebutuhan-kebutuhan tak terduga,”ujar dia.

Hasil dari investasi ini akan  digunakan untuk membiayai kebutuhan dia dan keluarga di masa yang akan datang.

Menurut Ina, keluarga memang menjadi alasan dirinya untuk bekerja dan berinvestasi. Pentingnya keluarga bagi Ina ditunjukkannya dengan pilihan dia yang selalu memprioritaskan waktu luang bersama keluarga, terutama anak-anaknya. Bersama keluarganya, ia sering menghabiskan waktu untuk berwisata, renang, dan membaca buku bersama. (gtr)

Editor : Juang N Hutagalung (juang.natigor@investor.co.id)

BAGIKAN